HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Teori Lengkap Faktor Keberhasilan Startup Digital menurut Teori dan Pendapat Ahli dan Contoh Tesis Faktor Keberhasilan Startup Digital

Gambaran tentang Faktor Keberhasilan Startup Digital

Definisi Faktor Keberhasilan Startup Digital

Start  up  adalah  sebuah  perusahaan  rintisan,  atau  perusahaan  yang  belum  lama  beroprasi.  Startup adalah   institusi   manusia   yang   dirancang   untuk   menciptakan   produk   atau   jasa   ditengah ketidakpastian  yang  ekstrem(Ries,  2011).  Start  up  dirancang  untuk  menemukan  sebuah  model bisnis yang dapat berulang dan berskala(Blank, 2014). Dari definisi tersebut dapat diartikan start up adalah sebuah perusahaan rintisan yang dirancang untuk menemukan model bisnis yang tepat untuk perusahaannya  agar  dapat  bertahan  ditengan  ketidakpastian  yang  ekstrem.  Bill  gross  melakukan riset  dengan  melakukan  analisis  200  startup  yang  sukses  dan  gagal  dari  startup  yang  berada didalam idealab dan beberapa startup di luar idealab seperti Uber, AirBnb, YouTube, dan lainnya, mengungkapkan ada 5 faktor yang menentukan kesuksesan sebuah startup. Kelima faktor tersebut adalah  timing,  team,  idea,  bisnis  model,  dan  funding (www.inc.com,  2017).  Dari  200  startup tersebut, 42 persen kesuksesan mereka dipengaruhi oleh faktor timing yang tepat. Kemudian diikuti oleh  faktor  team  sebanyak  32  persen,idea  28  persen,  bisnis  model  24  persen  dan  funding  14 persen.

 

 

 

Startup merupakan suatu organisasi yang dirancang untuk menemukan model bisnis yang tepat agar   dapat   menghasilkan pertumbuhan   yang   cepat (Afdi   &   Purwanggono,   2018). Sedangkan penambahan  kata  digital  dimaksudkan  kepada  perusahan start  upyang  mengintegrasikan  digitalisasi baik  pada  produknya  maupun  prosesnya. Peringkat  pertamanegara di  dunia dengan  jumlah start  updigital terbanyak diduduki oleh Amerika Serikat dengan 45.877 start up. Kemudian, disusuloleh India dengan 5.768 start up. Sementara Indonesia menempati peringkat ke-enam dengan 1.939start up. Hal ini  menujukkan  partisipasi  pengembangan  dan  penciptaan start-updi  Indonesia  cukup baik (Startup Rangking, 2019).

Istilah startup sering dikaitkan dengan bisnis yang baru dirintis atau baru berkembang, biasanya merujuk pada semua perusahaan yang belum lama beroperasi dan identik dengan bisnis yang berbau teknologi. Neil Blumenthal, cofounder dan co-CEO dari Warby Parker mengatakan bahwa startup adalah suatu perusahaan yang bekerja untuk memecahkan masalah di mana solusinya tidak jelas dan kesuksesan tidak dijamin. Adora Cheung cofounder dan CEO dari Homejoy, salah satu hottest U.S Startups di tahun 2013 mengatakan bahwa startup is a state of mind (startup adalah keadaan pikiran). Menurut kamus Merriam-Webster startup adalah perusahaan bisnis pemula, sementara The American Herritage Dictionary mengatakan bahwa startup adalah bisnis yang baru saja memulai operasinya (Robehmed, 2013).

 

Faktor-faktor Keberhasilan Startup

Faktor   faktor   yang   mempengaruhi   sebuah   start-up   dalam   mencapai keberhasilan  dalam  penelitian(PRASETIAWAN,  2016) menghasilkan  11  faktor utama.  Faktor  terebut  antara  lain

  1. Synergy,
  2. Product,
  3. Process,
  4. Managerial   innovation,
  5. Communication,
  6. Culture,
  7. Experience,
  8. Information  technology,
  9. Innovation  skills,
  10. Funcitional  skills, dan
  11. Implementation skills.

Dengan fokus pada faktor -faktor tersebut diharapkan start-up dapat dengan mudah mencapai jalan kesuksesan.

 

Contoh Tesis Faktor Keberhasilan Startup Digital

CONTOH TESIS NO.1 ANALISIS FAKTOR KEBERHASILAN STARTUP DIGITAL DI YOGYAKARTA

Di era serba digital saat ini banyak startup mulai bermunculan, tetapi dari sebagian banyak perusahaan atau organisasi yang mengembangkan startup di indonesia hanya sedikit yang mampu bertahan dan berhasil menghasilkan profit. Mengapa sebuah startup dapat benar-benar sukses membangun bisnisnya sementara startup-startup yang lain gagal dan menyerah? Beberapa alasan gagalnya sebuah startup antara lain, tidak adanya konsumen yang tepat, tidak dapat menemukan model bisnis yang cocok, tingkat persaingan yang tinggi, kebutuhan dana yang besar, tim yang kurang solid, ide dari bisnis itu sendiri, dan juga waktu yang kurang tepat, dan masih banyak yang lainnya. Oleh karena itu diperlukan suatu analisis untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi sebuah startup dapat bertahan dan berkembang khususnya di Indonesia. Penelitian ini berfokus pada SDM dari perusahaan startup. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat mengetahui faktor apa yang menjadi kesuksesan startup.

 

CONTOH TESIS NO.2 IdentifikasiFaktor-Faktor Kesuksesan Start UpDigitaldiKota Bandung

Menurut penelitian dari Center for Human Genetic Research (CHGR),jumlah start updigital di Indonesia pada tahun  2020 akan mencapai  13.000 start  up.Indonesia, dengan jumlah start  updigital saat  ini  mencapai 1.939perusahaantelah menduduki peringkat enam dunia sebagai negara dengan jumlah start upterbanyak.Akan tetapi, data memperlihatkan bahwa tingkat kegagalan start upcenderung sangat tinggi. Menurut penelitian dari Shikar Ghosh tingkat kegagalan start updigital mencapai angka 95%. Sementara menurut data dari salah satu inkubator start  updi  Bandung,  tingkat  kegagalan start  updigital  mencapai  62,2%.Sebuah start-updapat  belajar  pada kesuksesan start-upterdahulu  sebagai  acuan. Penelitian  ini  dimaksudkan  untuk  mencari  faktor-faktor  apa  saja yang menentukan kesuksesan suatu start updigital, khususnya di Kota Bandung.Penelitian ini adalah penelitian kualitatif  dengan  enam  orang  narasumber  yang  terdiri  dari  pengelola/pemilik start  updigital  yang  sukses, pengelola  inkubator  digital,  dan  pakar/coachpengembangan start  updigital  di  Kota  Bandung. Metode  yang digunakan adalah pengolahan literatur, observasi ke inkubator, dan wawancara mendalam terhadapnarasumber. Dalam penelitian ini terdapat11 faktor penentu kesuksesan start updigital yang diperoleh dari literatur yang akan dianalisis,   yaitu: synergy,   product,   process,   managerial   innovation,   communication,   culture,   experience, information technology, innovation skills, functional skills, implementation skills.Hasil penelitian menunjukkan,10  dari  11  variabel  yang  diteliti  merupakan  faktor-faktor  yang  berpengaruh  dalam  kesuksesan  sebuah start  updigital.  Faktor  yang  tidak  berpengaruh  adalah  faktor  information  technology.  Berdasarkan  hasil  penelitian menyarankan beberapa saran bagi pengusaha start up, lembaga incubator danpenelitian selanjutnya.  Hal ini di maksudkan agar pengelolaan start updigital dapat lebih sempurnaterutama di lembaga inkubator agar tingkat kesuksesan start updigital semakin meningkat.

 

CONTOH TESIS NO.3 PENGARUH FAKTOR INTERNAL TERHADAP KEBERHASILAN START-UPBISNIS di KOTA SURABAYA

Start-upbisnis  di  Kota  Surabaya  mengalami  perkembangan  yang  cukup  pesat.  Mayoritas perekonomian   kota   Surabaya   digerakkan   oleh   sektor   perindustrian   dan   sektor   bisnis. Keberhasilan start-upbisnis  kota  Surabaya  dipengaruhi  oleh  faktor  internal  dan  eksternal perusahaan.  Faktor  internal  dari  sudut  pandang  perusahaan  dapat  dibagi  menjadi  empat kelompok  yaitu: marketing,  human  resource,  finance, dan operational.  Objek  penelitian  ini adalah start-upbisnis yang berada/beroperasi di Kota Surabaya. Jumlah sampel penelitian sebesar   80   responden.   Penelitian   ini   menggunakan metode   kuantitatif   pada   proses pengolahan    data    serta    informasi.    Tujuan    penelitian    untuk    mengetahui    pengaruh pengelolaan   faktor   internal   dalam   menunjang   keberhasilan start-upbisnis   dilihat   dari persfektif perusahaan.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis multiple  regression.Hasil  penelitian  menunjukkan  pengelolaan  faktor  internal(marketing, human   resource,   finance, dan operational)   secara   bersamaan   berpengaruh   positip terhadap  keberhasilan start-up bisnis  Kota  Surabaya.  Penelitian  ini  memberikan  kontribusi kepada entrepreneuragar   dapat   mengoptimalkan   pengelolaan   faktor   internal   guna menunjang keberhasilan start-upbisnis.

 

CONTOH TESIS NO.4 FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN STARTUP DI YOGYAKARTA

Perkembangan startup di Indonesia cukup pesat, namun meningkatnya perkembangan jumlah startup tersebut juga sebanding dengan angka kegagalan yang menimpa startup. Tingginya angka kegagalan startup di Indonesia menjadi tantangan bagi pemerintah dalam mendorong tumbuh kembangnya bisnis online. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan startup dalam era ekonomi digital. Objek penelitian ini adalah startup-startup yang berusia kurang dari 4 tahun dan berlokasi di Provinsi D.I Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan membagikan kuesioner, yang selanjutnya diolah menggunakan Smart PLS 3.2.3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman kerja pengusaha menjadi faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan startup.

 

CONTOH TESIS NO.5 Analisis Peningkatan Industri Start Up Di Bidang Pendidikan Selama Masa Pandemi Covid-19

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan industri start up di bidang pendidikan selama masa pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi pustaka. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil kajian beberapa sumber literatur, di era moderinisasi ini pola kehidupan masyarakat hampir seluruhnya menuju ke arah digitalisasi begitu juga di sektor pendidikan. Adanya pandemi Covid-19 memaksa sektor pendidikan untuk mampu beradaptasi lebih cepat dengan adanya kebijakan-kebijakan pembatasan kegiatan aktivitas di luar rumah yang bertujuan untuk mencegah penyebaran virus corona. Adanya pembatasan ini menjadikan pembelajaran harus dilakukan secara online dari rumah masing-masing. Keadaan inilah yang menjadikan peluang bagi perusaah  start up untuk menghasilkan inovasi-inovasi yang menjadi solusi untuk menjembatani kesenjangan pelaksanaan pembelajaran jarak jauh. Apliksi belajar online merupakan solusi yang tepat untuk memaksimalkan sistem pembelajaran online yang dilakukan selama masa pandemi ini. Ada beberapa indikator yang menentukan keberhasilan sebuah start up, yaitu  timming, tim, ide, model bisnis, dan pendanaan (funding). Faktor-faktor tersebut adalah faktor kunci yang menentukan apakah sebuah perusahaan startup akan sukses atau gagal. Selain itu terkait dengan peningkatan jumlah perusaahn start up pendidikan di Indonesia, ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya hal tersebut. Faktor tersebut diantaranya adalah faktor situasi/kondisi, faktor kebutuhan pengguna dan faktor peluang usaha. Aplikasi digital sangat dibutuhkan sebagai solusi dalam pelaksanaan pembelajaran selama masa pandemi. Sehingga dengan kondisi ini hadirnya start up di bidang pendidikan menjadikan suatu peluang untuk mencari keuntungan. Hal inilah yang mengakibatkan perusahaan start up di bidang pendidikan mulai bermunculan.

 

CONTOH TESIS NO.6 PENGARUH EKSTERNAL PADA PERUSAHAAN START-UP BIDANG PENDIDIKAN: PENGGUNAAN TEKNIK ANALISIS PEST DI CV. BIG EDU INDONESIA

Perkembangan Startupdi  Indonesia  semakin  meluas  karena  banyak  kesempatan  dari  dalam  maupun luar  negeri  yang  mendukung  perkembangan Startup.Mulai  dari  kesempatan  investasi maupun inkubator.Melihat  perkembangan Startupdi  Indonesia,  rupanya  perkembangan Startupyang  cukup pesat   ialah Startupdibidang E-commerce.Startupbidang   pendidikan   pun   mulai   menyusul eksistensinya.Bisa dilihat dalam perkembangan StartupRuangGuru.Untuk meningkatkan eksistensi Startuppendidikan,    perlu    adanya    penelitian    mengenai    faktor-faktor yang    mempengaruhi perkembangan Startuppendidikan.Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengidentifikasi  faktor-faktor eksternal  yang  mempengaruhi Startuppendidikan  dengan  PEST  analisis,menggunakan  pendekatan kualitatif.Pelitian  ini  dilakukan  di  perusahaan  CV.  Big  Edu  Indonesia  sebagai  salah  satu Startup pendidikan yang bergerak dalam bidang riset.Adapun hasil dari penelitian ini ialah: 1. Faktor-faktor eksternal yang  mempengaruhi  perkembangan StartupBig  Edu  Indonesia(peraturan  perundang-undangan  dalam  riset);2.  Kondisi  perekonomian  Indonesia  dan  negara-negara  di  kawasan  Asia; 3.Kondisi demografi dan geografis masyarakat;dan4. perkembangan teknologi di dunia.

 

CONTOH TESIS NO.7 Peran Inkubator Bisnis dalam Mengembangkan Digital Startup Lokal di Indonesia

Perkembangan internet menyebabkan arus informasi berpindah dengan cepat tanpa mengenal batas geografis. Begitu pula dengan perkembangan industri digital  yang  selama  ini  didominasi  oleh  Amerika  Serikat.  Berbagai  kisah  sukses  perusahaan digital seperti Google, Facebook, Amazon, dll menginspirasi lahirnya startup-startup baru  di  berbagai  belahan  dunia,  tidak  terkecuali  di  Indonesia.  Meskipun  kondisi  industri  digital  di  Indonesia  masih  dalam  fase  awal,  di  mana  dukungan infrastruktur dan ekosistem masih sangat minim, namun optimisme dari pelaku industri digital di Indonesia sangat kuat, baik dari sisi startup maupun dari investor.Masalah  muncul  ketika  investor,  baik  lokal  maupun  asing,  berkeinginan  untuk  melakukan  investasi  kepada  digital  startup  lokal  di  Indonesia,  yakni  ketidaksiapan startup lokal untuk menerima pendanaan dalam jumlah yang relatif besar   untuk   pengembangan   bisnisnya.   Hal   ini   menimbulkan   keraguan   bagi   investor  apakah  startup dapat  mengelola  dana  yang  diperoleh  dan  menghasilkan  keuntungan  di  masa  mendatang  bagi  investor.  Selain  itu,  berbagai  risiko  dan  kendala  yang  harus  dihadapi  oleh  startup lokal  seperti  karakteristik  konsumen  di  Indonesia,  regulasi  yang  belum  mendukung,  dll  membuat  investor  menahan  diri  untuk  berinvestasi  dalam  jumlah  besar  di  Indonesia,  meskipun  investor  sudah  sangat siap. Oleh karena itu, lahirlah inisiatif dari investor dan stakeholders dalam industri teknologi digital untuk menggiatkan inkubator bisnis, dengan tujuan dapat mempersiapkan startup lokal  agar  mampu  berkembang  lebih  optimal.  Hasil  penelitian ini mengungkapkan berbagai manfaat nyata yang diterima oleh startup lokal untuk meningkatkan kapasitasnya. Seiring  dengan  keinginan  pemerintah  untuk  mendorong  perkembangan  industri kreatif, inkubator bisnis diharapkan memiliki peran yang signifikan dalam meningkatkan  kapasitas  pelaku  startup lokal  dan  menjalin  kolaborasi  dengan  stakeholders lain   dalam   membangun   ekosistem   industri   yang   mendukung   sehingga  industri  digital  Indonesia  memiliki  daya  saing  yang  kompetitif.  Dengan  demikian,  kontribusi  industri  digital  serta  industri  kreatif  pada  perekonomian  Indonesia  dapat  lebih  tinggi,  baik  dalam  hal  pendapatan  maupun  penyerapan  tenaga kerja.

 

CONTOH TESIS NO.8 FAKTOR PENDORONG KESUKSESAN BISNIS START-UP DI SURABAYA

Universitas  Ciputra  merupakan  salah  satu  perguruan  tinggi  yang  menerapkan ilmu   entrepreneurship   dalam   kegiatan   belajar   mengajarnya,   oleh   karena   itu   setiap mahasiswa  Universitas  Ciputra  diwajibkan  memiliki  sebuah  usaha  yang  menerapkan konsep –konsep entrepreneurship.Persentase bisnis mahasiswa yang sukses masih rendah, sedangkan  harapannya  adalah  bisnis-bisnis  lainnya  dapat  mencapai  kesuksesan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang merefleksikan kesuksesan bisnis start-up  di  Surabaya. Penelitian  ini  menggunakan  pendekatan  kuantitatif  dengan  metode confirmatory  factor  analysis  second  order  dengan  menggunakan  program  SmartPLS3. Sampel dalam penelitian ini adalah 90 individual yang tergabung di dalam bisnis sukses di Universitas  Ciputra.Hasil  penelitian  ini  menunjukkan  bahwa  faktor-faktor  yang  dapat merefleksikan  kesuksesan  bisnis  adalah  etos  kerja,  motivasi,  disiplin  kerja,  integritas, keterlibatan kerja, komunikasi, etika bisnis, dan adaptasi.

 

CONTOH TESIS NO.9 FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN STARTUP DIGITAL DI YOGYAKARTA

Tingginya jumlah pengguna internet di Indonesia telah menjadikan Indonesia sebagai lahan besar untuk mengembangkan e-commerce dan bisnis aplikasi digital. Potensi ini mengundang para calon wirausaha untuk berlomba-lomba mendirikan perusahaan pemula atau lebih dikenal dengan startup. Startup digital merujuk pada perusahaan yang bergerak dengan memanfaatkan teknologi informasi dan internet karena beroperasi melalui website. Perkembangan startup di Indonesia memang cukup pesat, namun meningkatnya jumlah startup di Indonesia juga sebanding dengan angka kegagalan yang menimpanya. Faktanya, angka kegagalan startup di seluruh dunia bisa mencapai 90%. Tingginya angka kegagalan startup dapat menjadi penghambat pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan startup digital di Yogyakarta. Metodologi yang digunakan adalah dengan melakukan survei kepada pendiri startup digital dengan menggunakan kuesioner yang disusun berdasarkan pada model penelitian yang diajukan. Sebanyak 32 pendiri startup menjadi responden dalam penelitian ini. Data hasil survei dianalisis dengan SEM dengan pendekatan PLS dengan bantuan software SmartPLS 3.2.3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman kerja pendiri startup digital menjadi faktor yang mempengaruhi pertumbuhan startup. Faktor lain seperti usia, latar belakang pendidikan, keterampilan non formal, ketersediaan broadband, kecepatan broadband, tarif broadband, kerahasiaan data pengguna, integritas sistem, dan ketersediaan data saat diakses ditemukan tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan startup.

 

CONTOH TESIS NO.10 DAMPAK PENGEMBANGAN PEMASARAN DIGITAL PADA STARTUP’S (STUDI KASUS PADA WIRAUSAHA BARU)

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dampak pengelolaan pemasaran digital pada start – up. Penelitian merupakan studi kasus dalam upaya menunjukkan bagaimana sebenarnya dampak pemasaran digital pada para start-up. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnometodologi. Penelitian dilakukan dengan cara pengamatan langsung dan wawancara mendalam pada komunitas wirausaha baru yang menjadi vendor dalam start-up e- commerce di Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri. Informan dipilih dengan kriteria 5 R. Pengamatan sendiri dilakukan pada saat terjadi transaksi penggunaan aplikasi digital marketing yang selanjutnya dilakukan wawancara terbuka untuk mengungkapkan dampak pengelolaan digital marketing. Hasil dari pengamatan dan wawancara mendalam pada penelitian ini menunjukkan bahwa dampak pengelolaan dari digital marketing pada start – up memang meningkatkan pendapatan start – up namun karena kurangnya kemampuan menyediakan konten dan merespon cepat atas konten – konten yang sudah disediakan menjadikan para wirausaha baru (start- up) belum mendapatkan hasil maksimal dari pengelolaan digital marketing tersebut.

 

Leave a Reply

Open chat
Hallo ????

Ada yang bisa di bantu?