HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pengertian Bahaya Menurut Para Ahli

Bahaya Pengertian Bahaya Menurut Para Ahli

Bahaya

Pengertian Bahaya~ Bahaya merupakan suatu kondisi yang mengancam yang biasanya disebabkan oleh berbagai macam yang dilakukan oleh manusia.

Contohnya kita masih sering mendengar ungkapan ” Awass….! bahaya listrik tegangan tinggi, bahaya jurang, bahaya ombak ganas dan ungkapan sejenisnya. Ini tindakan reaktif belum dikatakan proaktif.

Yang terpenting dari segala upaya keselamatan kerja sebenarnya adalah bagaimana bahaya tersebut terkendali dan semua risiko dapat diterima sehingga pekerja nyaman dan aman dalam menyelesaikan tugasnya.

Dalam pekerjaan apapun kita selalu dihadang sebuah bahaya. Bisa bahaya yang berisiko tinggi sampai dengan bahaya yang hanya memiliki resiko rendah. Resiko tersebut pastilah akan dihadapi oleh semua orang.

Jadi aman itu bukan karena tidak ada kecelakaan, tapi bahaya yang sudah terkendali dan risiko sudah dikelola dan dapat diterima. Maka dari penjelasan diatas jelas sangat penting membedakan antara bahaya, risiko dan insiden dalam bersosialisasi dengan pekerja.

Bahaya merupakan segala sesuatu yang berupa kerugian yang akan kita dapat dari suatu kejadian.

OHSAS berpendapat bahwa bahaya merupakan:

Bahaya merupakan segala kondisi yang dapat merugikan baik cidera atau kerugian lainnya, atau bahaya adalah sumber, situasi atau tindakan yang berpotensi menciderai manusia atau sakit penyakit atau kombinasi dari semuanya.

Bahaya tidak dapat diukur bahkan tidak dapat bisa diperkirakan atau bahkan mungkin akan sulit sekali untuk dimanage. Akan tetapi hal yang perlu diingat ialah efek yang ditimbulkan dari bahaya tersebut sangat merugikan sehingga sudah sepatutnya kita berhati-hati dalam bertindak serta memperhatikan berbagai larangan yang sudah tertera.

Incoming search terms:

Leave a Reply