HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pengertian Belanja Modal dan Ciri-Ciri Belanja Modal

Belanja Modal Pengertian Belanja Modal dan Ciri-Ciri Belanja Modal

Belanja Modal

Belanja Modal ~ Belanja modal  merupakan suatu pengeluaran yang dapat dikatakan sebagai pengeluaran rutin dalam rangka pembentukkan modal yang ada. Dalam hal ini pembelanjaan modal yang dimaksud dapat berupa tanah, peralatan dan mesin, gedung dan bangunan, jaringan , maupun dalam bentuk fisik lainnya, seperti buku,binatang dan lain sebagainya.

Belanja modal adalah suatu pengeluaran yang dilakukan untuk menambah aset tetap atau investasi yang ada sehingga kan memberikan manfaatnya tersendiri pada periode tertentu. Dalam hal tersebut masuk ke dalam pembukuan akuntansi dengan kata lain belanja modal akan mempengaruhi posisi keuangan.

Dalam hal ini aset yang tetap akan memiliki berbagai macam ciri-ciri yang dapat berwujud dengan kata lain ciri-ciri yang ada dalam belanja modal sifatnya dapat terlihat. Adapun ciri-ciri dari belanja modal meliputi:

  1. Berwujud
  2. Sifatnya menambah
  3. Memiliki manfaat yang lebih dari satu periode
  4. Nilainya relatif material

Selain itu dalam melakukan belanja modal ada juga aset-aset dari hasil belanja modal yang tidak berwujud, akan tetapi masih memilki ciri yang sama dengan hasil dari belanja modal lainnya.

Dalam hal ini tentu saja benlanja modal memiliki kriteria tertentu agar dapat dikatakan sebagai belanja modal. Adapun kriteria tersebut meliputi:

  1. Pengeluara bersifat tetap, menambah aset, menambah masa umur, dan masih dalam kapasitas yang relatif tinggi
  2. Pengeluaran tersebut melebihi baas minimum kapitalis atas aset tetap suatu pemerintahan
  3. Niat dari pembelanjaan tersebut tidak untuk dibagikan.

Demikian artikel yang berjudul Pengertian Belanja Modal dan Ciri-Ciri Belanja Modal. Semoga artikel yang Kami sajikan mampu memberikan wawasan untuk Anda.

Artikel yang Terkait:

Incoming search terms:

Leave a Reply