HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pengertian Pembelajaran Efektif Menurut Para Ahli

Pengertian Pembelajaran Efektif Menurut Para Ahli

Dalam melaksanakan kegiatan sudah semestinya harus bersifat efektif yang artinya kegiatan tersebut harus menghasilkan efek dan dampak yang positif.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia dikemukakan bahwa efektif berarti ada efeknya (akibatnya, pengaruhnya, kesannya), manjur atau mujarab, dapat membawa hasil.

Jadi efektif adalah adanya kesesuaian antara orang yang melaksanakan tugas dengan sasaran yang dituju. Efektif berkaitan dengan terlaksananya semua tugas pokok, tercapainya tujuan, ketepatan waktu, dan adanya partisipasi aktif dari anggota.

Pengertian Belajar

Belajar merupakan kegiatan yang komplek dan terjadi pada setiap manusia sejak lahir.proses belajar dapat terjadi karena adanya unsur kesengajaan ataupun tidak disengaja.

Menurut Oemar Hamalik Belajar adalah modifikasi atau memperteguh kelakuan melalui pengalaman. Belajar merupakan suatu proses atau aktivitas dan bukan suatu hasil atau tujuan.

Belajar adalah mengubah kelakuan anak, jadi mengenai pembentukan pribadi anak. Hasil yang diharapkan bukan hanya bersifat pengetahuan, akan tetapi juga sikap, pema-haman, perluasan minat, penghargaan norma-norma, kecakapan meliputi seluruh pribadi anak.

Pembelajaran efektif adalah suatu pembelajaran yang memungkinkan siswa atau peserta didik untuk belajar ketrampilan spesifik, ilmu pengetahuan, dan sikap juga membuat siswa senang. Pembelajaran yang efektif menumbuhkan murid belajar sesuatu yang bermanfaat, seperti fakta, ketrampilan, nilai konsep dan bagaimana hidup serasi dengan sesama atau sesuatu hasil belajar yang diinginkan.

Kebutuhan dan harapan masyarakat akan mutu pelayanan pendidikan yang baik menjadi faktor pemicu utama inovasi manajemen pendidikan. Efektivitas sekolah dan Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah sebagian ditentukan oleh kemampuan sekolah berkomunikasi dengan instansi diatasnya.

Sekolah Efektif

Menurut Sudarwan Danim sebagai ukuran dasar, berikut ini disajikan kriteria sekolah yang efektif:

  • Mempunyai standar kerja yang tinggi dan jelas mengenai untuk apa setiap siswa harus mengetahui dan dapat mengerjakan sesuatu.
  • Mendorong aktivitas, pemahaman multibudaya, kesetaraan gender, dan mengembangkan secara tepat pembelajaran menurut standar potensi yang dimiliki oleh para pelajar.
  • Mengharapkan para siswa untuk mengambil peran tanggung jawab dalam belajar dan perilaku dirinya.
  • Mempunyai instrument evaluasi dan penilaian prestasi belajar siswa yang terkait dengan standar pelajar (Learner standards), menentukan umpan balik yang bermakna untuk siswa, keluarga, staf, dan lingkungan tentang pembelajaran siswa.
  • Menggunakan metode pembelajaran yang berakar pada penelitian pendidikan dan suara praktik professional.
  • Mengorganisasikan sekolah dan kelas untuk mengkreasikan lingkungan yang bersifat memberi dukungan bagi kegiatan pembelajaran.
  • Pembuatan keputusan secara demokratis dan akuntanbilitas untuk kesuksesan siswa dan kepuasaan pengguna.
  • Menciptakan rasa aman, sifat saling menghargai, dan mengako-modasikan lingkungan secara efektif.
  • Mempunyai harapan yang tinggi kepada semua staf untuk menum-buhkan kemampuan professional dan meningkatkan keterampilan praktisnya.
  • Secara aktif melibatkan keluarga di dalam membantu siswa untuk mencapai sukses.
  • Bekerja sama atau berpartner dengan masyarakat dan pihak-pihak lain untuk mendukung siswa dan keluarganya.

Upaya Meningkatkan Efektivitas Mengajar

Banyak faktor yang menyebabkan pengajaran tidak efisien karena tiap pengajar mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Menurut Joan Midden-fort dalam Soekartawi memberikan saran tentang bagaimana cara meningkatkan efektivitas mengajar yaitu:

  1. Menyiapkan segala sesuatunya dengan baik
  2. Buat motivasi di kelas
  3. Tumbuhkan dinamika dan enthuism dalam diri pengajar
  4. Menciptakan kesempatan untuk berkomunikasi dengan siswa
  5. Perbaiki terus isi atau kualitas bahan ajar

Demikian artikel yang membahas mengenai pembelajaran efektif, kriteria sekolah efektif, cara meningkatkan efektifitas belajar.

Artikel ini dibuat dengan tujuan agar wawasan anda semakin bertambah, dan semoga artikel ini dapat bermanfaat sebagai bahan acuan refrensi anda.

Incoming search terms:

Leave a Reply