HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Manajemen: Pelayanan Kesehatan Bagi Peserta PKMS di Rumah Sakit Jiwa Daerah

Judul Tesis : Pelayanan Kesehatan Bagi Peserta Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Surakarta (PKMS) di Rumah Sakit Jiwa Daerah Surakarta

 

A. Latar Belakang

Menyelenggarakan pelayanan kesehatan kepada warga masyarakat merupakan tanggung jawab yang harus diemban bersama oleh pemerintah, ataupun kita sendiri sebagai warga masyarakat yang dapat dilakukan dengan turut serta menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Ketika tanggung jawab ini dilaksanakan bersama maka kesehatan bukan lagi hanya menjadi impian bagi masyarakat tetapi mimpi yang menjadi nyata.

Tetapi dewasa ini terdapat banyak sekali keluhan yang terdengar dari bibir masyarakat terhadap pelayanan kesehatan di negara kita, baik keluhan yang ditujukan kepada Rumah Sakit Swasta maupun Rumah Sakit milik pemerintah. Mulai dari keluhan mengenai mahalnya biaya berobat yang dirasakan oleh masyarakat miskin, perlakuan diskriminatif yang dilakukan oleh dokter atau petugas medis kepada pasien gakin sampai kepada mal praktek dan bahkan penahanan terhadap diri pasien yang tidak mampu melunasi biaya perawatannya. Masyarakat sebagai pengguna jasa pelayanan dalam hal ini pelayanan kesehatan tentu mendambakan suatu bentuk pelayanan yang terbaik dari organisasi atau instansi kesehatan tersebut.

 

B. Rumusan Masalah Tesis

Bagaimana pelayanan kesehatan bagi peserta Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Surakarta (PKMS) di Rumah Sakit Jiwa Daerah Surakarta?

 

C. Landasan Teori

Definisi Pelayanan

Menurut Kotler dalam Sampara Lukman, “Pelayanan adalah setiap kegiatan yang menguntungkan dalam suatu kumpulan atau kesatuan, dan menawarkan kepuasan meskipun hasilnya tidak terikat pada suatu produk secara fisik.”

Asas Pelayanan

”Asas Pelayanan adalah halhal penting yang harus diperhatikan oleh Pemerintah pada saat mendesain atau mengevaluasi tatacara dan tataaliran pelayanan pemerintah dan perizinan. Asasasas ini akan dapat memberikan pedoman tentang efektifitas, efisiensi dan akuntabilitas pelayanan.” ( Ratminto & Atik Septi Winarsih, 2006 : 243)

 

Kualitas Pelayanan dan Peningkatan Kualitas Pelayanan

Goetsch Davis, 1994 membuat definisi kualitas yang lebih luas cakupannya, yaitu ”kualitas merupakan suatu kondisi dinamis yang berhubungan dengan produk jasa, manusia, proses, dan lingkungan yang memenuhi atau melebihi harapan”.

 

D. Metode Penelitian

Pengamatan ini memakai metode deskriptif.

Sumber data dalam pengamatan dengan menggunakan data primer dan data sekunder.

Tehnik pengumpulan Data dalam penelitian adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.

Adapun tehnik analisa data yang digunakan dalam penulisan ini adalah analisa secara kualitatif.

 

E. Kesimpulan

Pada bagian akhir dari pengamatan ini, berdasar dari hasil pengamatan selama melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Rumah Sakit Jiwa Daerah Surakarta dan penyajian data pada bab sebelumnya dapat penulis tarik kesimpulan bahwa Rumah Sakit Jiwa Daerah Surakarta telah memberikan pelayanan kesehatan jiwanya kepada peserta PKMS, sehingga kepada para pemegang Kartu Berobat Berlangganan PKMS tidak perlu ragu lagi menggunakan jasa pelayanan di Rumah Sakit ini.

Ruang lingkup pelayanan oleh Rumah Sakit Jiwa Daerah Surakarta meliputi pelayanan kesehatan Rawat Jalan, Rawat Inap dan Pelayanan Gawat Darurat, dan untuk pelayanan kesehatan yang dibatasi dan tidak dijamin dalam PKMS di RSJD Surakarta tidak ada. Kepada pemegang Kartu PKMS jenis gold seluruh biaya kesehatan di Rumah sakit jiwa Daerah Surakarta ditanggung sepenuhnya oleh Pemerintah Kota Surakarta, sedangkan untuk pemegang Kartu jenis silver ditanggung maksimal sebesar Rp. 2.000.000,00 (dua juta rupiah).

 

Contoh Tesis Manajemen

  1. Pelayanan Kesehatan Bagi Peserta Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Surakarta
  2. Analisis Pengendalian Kualitas dengan Menggunakan Metode C-Chart Pada PT.TOMOKO
  3. Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen terhadap Produk Koran Solopos
  4. Penerapan Service Excellent Terhadap Pelayanan digaleri Indosat Cabang Solo
  5. Penerapan Bauran Pemasaran pada PT. Batik Danar Hadi Surakarta
Incoming search terms:

Leave a Reply