HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Manajemen: Pelayanan Kesehatan Bagi Peserta PKMS

Judul Tesis : Pelayanan Kesehatan Bagi Peserta Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Surakarta (PKMS) di Rumah Sakit Jiwa Daerah Surakarta

 

A. Latar Belakang

Menyelenggarakan pelayanan kesehatan kepada warga masyarakat merupakan tanggung jawab yang harus diemban bersama oleh pemerintah, ataupun kita sendiri sebagai warga masyarakat yang dapat dilakukan dengan turut serta menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Ketika tanggung jawab ini dilaksanakan bersama maka kesehatan bukan lagi hanya menjadi impian bagi masyarakat tetapi mimpi yang menjadi nyata.

Tetapi dewasa ini terdapat banyak sekali keluhan yang terdengar dari bibir masyarakat terhadap pelayanan kesehatan di negara kita, baik keluhan yang ditujukan kepada Rumah Sakit Swasta maupun Rumah Sakit milik pemerintah. Mulai dari keluhan mengenai mahalnya biaya berobat yang dirasakan oleh masyarakat miskin, perlakuan diskriminatif yang dilakukan oleh dokter atau petugas medis kepada pasien gakin sampai kepada mal praktek dan bahkan penahanan terhadap diri pasien yang tidak mampu melunasi biaya perawatannya. Masyarakat sebagai pengguna jasa pelayanan dalam hal ini pelayanan kesehatan tentu mendambakan suatu bentuk pelayanan yang terbaik dari organisasi atau instansi kesehatan tersebut.

 

B. Rumusan Masalah

Bagaimana pelayanan kesehatan bagi peserta Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Surakarta (PKMS) di Rumah Sakit Jiwa Daerah Surakarta?

 

C. Landasan Teori

Definisi Pelayanan

Pelayanan adalah setiap kegiatan yang menguntungkan dalam suatu kumpulan atau kesatuan, dan menawarkan kepuasan meskipun hasilnya tidak terikat pada suatu produk secara fisik.

Asas Pelayanan

Asas Pelayanan adalah halhal penting yang harus diperhatikan oleh Pemerintah pada saat mendesain atau mengevaluasi tatacara dan tataaliran pelayanan pemerintah dan perizinan. Asasasas ini akan dapat memberikan pedoman tentang efektifitas, efisiensi dan akuntabilitas pelayanan.

Kepuasan Pelanggan

Engel, et al. (1990) mengungkapkan bahwa ”kepuasan pelanggan merupakan evaluasi pembeli dimana alternatif yang dipilih sekurangkurangnya memberikan hasil (outcome) sama atau melampaui harapan pelanggan, sedangkan ketidakpuasan timbul apabila hasil yang diperoleh tidak memenuhi harapan pelanggan.” (Ratminto & Atik Septi Winarsih, 2006 : 243)

 

D. Kesimpulan

Ruang lingkup pelayanan oleh Rumah Sakit Jiwa Daerah Surakarta meliputi pelayanan kesehatan Rawat Jalan, Rawat Inap dan Pelayanan Gawat Darurat, dan untuk pelayanan kesehatan yang dibatasi dan tidak dijamin dalam PKMS di RSJD Surakarta tidak ada. Kepada pemegang Kartu PKMS jenis gold seluruh biaya kesehatan di Rumah sakit jiwa Daerah Surakarta ditanggung sepenuhnya oleh Pemerintah Kota Surakarta, sedangkan untuk pemegang Kartu jenis silver ditanggung maksimal sebesar Rp. 2.000.000,00 (dua juta rupiah).

Pemerintah Kota Surakarta selaku penanggung biaya pelayanan kesehatan yang diberikan oleh RSJD kepada pasien PKMS juga tidak mengabaikan kewajibannya, sehingga kerjasama antara Pemerintah Kota Surakarta dengan Rumah Sakit Jiwa Daerah Surakarta dalam memberikan Pelayanan Kesehatan Bagi Peserta Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Surakarta (PKMS) terus berjalan baik sampai pada saat ini.

 

E. Saran Tesis

  1. Program PKMS merupakan kebijakan yang sangat baik untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat, tetapi masyarakat Surakarta masih banyak yang tidak paham akan mekanisme pelayanan PKMS bahkan tidak mengetahui keberadaan PKMS itu sendiri sehingga program kesehatan milik Pemerintah Kota Surakarta ini belum dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh seluruh warga masyarakat Surakarta. Kiranya PKMS dapat diperkenalkan lebih luas lagi kepada masyarakat Surakarta dengan cara mengadakan sosialisasi hingga kekampungkampung atau kelurahan yang ada di Surakarta, memasang iklan di koran ataupun TV Lokal di Surakarta.
  2. Memberi gambaran kepada Pasien pemegang kartu PKMS tentang prosedur dan tata cara pelayanan peserta PKMS di Rumah Sakit Jiwa Daerah Surakarta yang tentu saja berbeda dengan pasien umum. Dengan memasang bagan prosedur pelayanan pasien PKMS beserta keterangannya di tempat strategis yang ada di Rumah Sakit Jiwa Daerah Surakarta.

 

Contoh Tesis Manajemen

  1. Analisis Peramalan Penjualan Rokok SKT (Sigaret Kretek Tangan) Pada PT. Djitoe Indonesian
  2. Pengaruh Relationship Marketing terhadap Komitmen, Pembelian Ulang dan Word of Mouth dengan Relationship Quality sebagai variabel pemediasi (Studi kasus pada Hotel Sahid Kusuma Raya Surakarta)
  3. Evaluasi Penerapan Promosi pada PT. Suara Merdeka Press Perwakilan Surakarta
  4. Peran Planning Product Control dalam Proses Produksi di PT Intan Pariwara Klaten Tanggapan Konsumen terhadap Bauran Pemasaran Surat Kabar Solopos
  5. Peran Planning Product Control dalam Proses Produksi di PT Intan Pariwara Klaten

Leave a Reply