HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Manajemen: Prosedur Pelayanan Hak Peserta Program THT pd PT. Taspen

Judul Skripsi : Prosedur Pelayanan Hak Peserta Program Tabungan Hari Tua (THT) pada PT. Taspen (Persero) Cabang Surakarta

 

A. Latar Belakang

Usaha peningkatan kesejahteraan Pegawai Negeri dan keluarganya dilakukan melalui penyelenggaraan program Asuransi Sosial. Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 25 tahun 1981 tentang Asuransi Sosial Pegawai Negeri Sipil termasuk Dana Pensiun dan Tabungan Hari Tua . Program tersebut ditujukan untuk kesejahteraan hari tua Pegawai Negeri, yakni memberikan jaminan keuangan bagi PNS/peserta TASPEN bila mendapat resiko yang mengakibatkan peserta tersebut tidak mampu lagi bekerja.

Dalam menjalankan tugasnya, PT. TASPEN (PERSERO) mempunyai 3 (tiga) tugas pokok, yaitu: menjamin kesejahteraan pasca kerja Pegawai Negeri Sipil dengan mengelola iuran premi yang mereka bayarkan setiap bulannya, memberikan pelayanan prima kepada para peserta TASPEN, serta mengelola dana titipan Pegawai Negeri Sipil tersebut dengan penuh tanggung jawab.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimana prosedur pelayanan hak peserta Program Tabungan Hari Tua (THT) pada PT. TASPEN (PERSERO) Cabang Surakarta?
  2. Apakah hambatan yang dihadapi PT. TASPEN (PERSERO) Cabang Surakarta dalam pelaksanaan pelayanan hak peserta Program Tabungan Hari Tua (THT)?
  3. Apakah usaha yang dilakukan PT. TASPEN (PERSERO) Cabang Surakarta dalam menghadapi hambatan tersebut?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Prosedur

Kata prosedur berasal dari bahasa inggris yaitu procedure. Menurut Kamus Bahasa Inggris procedure mempunyai “arti cara, jalan, tata cara, aturan yang dipakai”. Akan tetapi kata procedure tersebut lazim digunakan dalam kosa kata Bahasa Indonesia yang dikenal dengan prosedur.

Pengertian Pelayanan

Pengertian pelayanan secara umum adalah tindakan untuk menyediakan apa yang diharapkan dan dibutuhkan orang lain dalam hal organisasi pelayanan, sedangkan yang dimaksud orang lain dalam hal ini adalah pengguna jasa/peserta TASPEN.

Pengertian Prosedur Pelayanan

Pengertian secara umum merupakan serangkaian cara kerja atau proses yang saling berkaitan antara satu dengan yang lain, sehingga menunjukkan adanya tahapan secara jelas dan pasti serta cara-cara yang harus ditempuh dalam rangka penyelesaian suatu pelayanan.

 

D. Metode Penelitian Skripsi

Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi langsung yaitu dengan mengamati langsung pelayanan di kantor PT. TASPEN (PERSERO)Cabang Surakarta, dokumentasi yaitu dengan mendokumentasikan arsip-arsip bidang kearsipan, surat-surat, buku, laporan kegiatan serta dokumen lainnya yang sesuai, wawancara terhadap pimpinan, karyawan, maupun peserta TASPEN, serta studi pustaka baik buku yang penulis dapatkan dari perpustakaan PT. TASPEN (PERSERO) Cabang Surakarta maupun Universitas Sebelas Maret Surakarta.

 

E. Kesimpulan

  1. Prosedur pelayanan hak peserta program Tabungan Hari Tua (THT) pada PT. TASPEN (PERSERO) Cabang Surakarta adalah tata cara/tahap-tahap yang digunakan oleh PT. TASPEN (PERSERO) Cabang Surakarta dalam memberikan pelayanan pembayaran hak peserta Program Tabungan Hari Tua (THT) kepada peserta TASPEN (Pegawai Negeri Sipil dan keluarganya).
  2. Penyelesaian klim permohonan pembayaran Tabungan Hari Tua (THT) pada PT. TASPEN (PERSERO) Cabang Surakarta, ada 2 (dua) sistem yaitu sebagai berikut :
  • Secara prioritas (langsung)

Pada penyelesaian klim permohonan pembayaran dengan sistem ini, peserta datang langsung ke kantor PT. TASPEN (PERSERO) Cabang Surakarta untuk mengisi formulir permohonan pembayaran hak yang sesuai dengan jenis kejadian serta melengkapi dokumen persyaratan yang diperlukan. Penyelesaian klim permohonan pembayaran Tabungan Hari Tua (THT) secara prioritas dibutuhkan waktu selama 1 (satu) jam.

  • Secara non prioritas (tidak langsung)

Pada tahap non prioritas (tidak langsung) ini peserta tidak perlu datang langsung ke kantor PT. TASPEN (PERSERO) Cabang Surakarta untuk mengisi formulir dan melengkapi dokumen persyaratan tetapi cukup dikirim melalui Kantor Pos. Dalam hal ini diperlukan tambahan persyaratan yaitu peserta harus mengisi formulir SP3R (Surat Permohonan Pembayaran Pensiun melalui Rekening Bank) serta fotocopy buku rekening bank. Penyelesaian klim permohonan pembayaran Tabungan Hari Tua (THT) secara prioritas dibutuhkan waktu selama 2 (dua) jam.

  1. Prosedur pelayanan hak peserta Program Tabungan Hari Tua yang telah ditetapkan oleh PT. TASPEN (PERSERO) Cabang Surakarta sangat sederhana dan tidak berbelit-belit, adapun tahapan dalam pelayanan adalah sebagai berikut :
    1. Mengajukan surat permohonan pembayaran klim beserta persyaratan yang telah ditentukan berdasarkan jenis kejadiannya.
    2. Mengolah Klim yang diterima melalui beberapa tahap :
  • Penelitian

Petugas loket meneliti kelengkapan dan keabsahan dokumen persyaratan.

  • Data Peserta

Petugas bagian pelayanan mencocokkan dokumen dalam klim permohonan dengan data kepesertaan yang tercatat pada PT. TASPEN (PERSERO) Cabang Surakarta.

 

Contoh Skripsi Manajemen

  1. Sistem Penggajian Karyawan pada PT. PERSADA (Kopindosat) Yogyakarta
  2. Pengukuran Kesadaran Merek (Brand Awareness) pada Simcard GSM Pascabayar Matrix
  3. Prosedur Pelayanan Hak Peserta Program Tabungan Hari Tua (THT) pada PT. TASPEN
  4. Program Pengembangan Kualitas Sumber Daya Manusia pada AJB Bumiputera 1912 Kantor
  5. Disiplin Kerja Pegawai di Kantor Balai Alat Mesin dan Pengujian Mutu Hasil Perkebunan

 

Incoming search terms:

Leave a Reply