HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Ekonomi: Kualitas Pelayanan dan Semangat Kerja Pegawai trhdp Kepuasan Masyarakat

Judul Tesis: Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Semangat Kerja Pegawai terhadap Kepuasan Masyarakat yang Dilayani pada Kantor Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang

 

A. Latar Belakang Tesis

Kantor Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang merupakan salah satu contoh instansi yang harus memberikan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan kelengkapan administrasi, surat-surat dan sebagainya. Kantor Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang sebagai instansi pemerintah yang bertugas memberikan pelayanan umum senantiasa dituntut untuk bekerja secara optimal melayani masyarakat.

Pada kenyataannya tidak semua pegawai Kantor Kecamatan Rembang mampu memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat, demikian pula halnya dengan semangat kerja pegawai, tidak setiap pegawai memiliki semangat kerja yang tinggi. Hal tersebut tentunya akan mempengaruhi kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan Kantor Kecamatan Rembang. Hasil pra survey menunjukkan bahwa ada beberapa masalah yang dihadapi pegawai Kantor Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, yaitu:

  1. Kurang tersedianya formulir/blanko KTP, KK, sehingga menghambat pelayanan kepada masyarakat.
  2. Minimnya dana operasional, sehingga pegawai kurang proaktif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.
  3. Kurangnya alat transportasi, sehingga menyulitkan pegawai kecamatan dalam menjalankan tugas lapangan.

Beberapa masalah tersebut, tentunya akan mempengaruhi semangat kerja pegawai Kantor Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang dan pelayanan yang diberikan, sehingga akan menimbulkan rasa ketidakpuasan di kalangan masyarakat yang dilayani.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Adakah pengaruh kualitas pelayanan dan semangat kerja pegawai terhadap kepuasan masyarakat yang dilayani pada Kantor Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang?
  2. Adakah pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat yang dilayani pada Kantor Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang?
  3. Adakah pengaruh semangat kerja pegawai terhadap kepuasan masyarakat yang dilayani pada Kantor Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Kualitas Pelayanan

Dikemukakan oleh Logothetis (Y. Warella, 1997 : 17) “Kualitas adalah pemenuhan terhadap kebutuhan dan harapan pelanggan atau klien serta kemudahan memperbaikinya secara berkesinambungan”. William E Doming (Tjiptono, 1995 : 48) menjelaskan “Kualitas merupakan suatu tingkat yang dapat diprediksi dari keseragaman dan ketergantungan pada biaya yang rendah dan sesuai dengan pasar”.

Pengertian Semangat Kerja Pegawai

Alexander Leigton yang dikutip Moekijat (1989 : 130) menambahkan bahwa: “Semangat kerja atau moril kerja adalah kemampuan sekelompok orang untuk bekerja sama dengan giat dan konsekuen dalam mengejar tujuan bersama”.

 

Pengertian Kepuasan Masyarakat

Engel (dalam Tjiptono, 2004 : 146) mendefinisikan kepuasan pelanggan sebagai evaluasi purna beli terhadap alternatif yang dipilih yang memberikan hasil sama atau melampaui harapan pelanggan.

 

D. Metode Penelitian

Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan masyarakat yang datang ke Kantor Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang untuk mendapatkan pelayanan umum selama satu bulan yang berjumlah 500 orang. Besarnya sampel yang diambil adalah 10% dari jumlah populasi, yaitu 50 orang. Ada tiga variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu (1) kualitas pelayanan (2) semangat kerja pegawai (3) kepuasan masyarakat. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Metode analisis yang dipergunakan yaitu analisis linier berganda dengan menggunakan SPSS for windows release 11.

 

E.  Kesimpulan

  1. Variabel kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat yang dilayani pada Kantor Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang.
  2. Variabel semangat kerja pegawai memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat yang dilayani pada Kantor Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang.
  3. Variabel kualitas pelayanan dan semangat kerja pegawai secara bersama-sama memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat yang dilayani pada Kantor Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang.

 

Contoh Tesis Ekonomi

  1. Pengaruh Kredit Bagi Hasil BTM Surya Mentari terhadap Peningkatan Pendapatan Pedagang Kecil
  2. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Semangat Kerja Pegawai terhadap Kepuasan Masyarakat yang dilayani
  3. Pengaruh Modal Kerja dan Perputaran Modal Kerja terhadap Return On Equity pada Perusahaan
  4. Pengaruh Modal Kerja dan Satuan Jam Kerja terhadap Pendapatan pada Industri Kecil Pengrajin Genting
  5. Pengaruh Modal Terhadap Peningkatan Perolehan SHU Anggota pada KPRI ‘Al Ikhlas’ Man 1 Semarang
  6. Pengaruh Motivasi Mengajar terhadap Persepsi Guru Mengenai Implementasi Muatan Lokal Ekonomi
  7. Pengaruh Motivasi, Dukungan Orang Tua dan Asal Sekolah terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran
  8. Pengaruh Partisipasi Anggota Koperasi terhadap Sisa Hasil Usaha di Koperasi
  9. Pengaruh Pemberian Kredit Produksi terhadap Pendapatan Anggota Koperasi
  10. Pengaruh Persepsi Nasabah tentang Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Nasabah pada BMT
Incoming search terms:

Leave a Reply

Alamat IDTesis Surabaya

Jl Gayungan VIII No 3, Surabaya (Carefour A Yani maju 100 m, ambil kiri ke arah Polsek Gayungan/Telkom Injoko)