HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Akutansi: Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Harga Saham trhdp Cash Dividend

Judul Tesis : Analisis Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Harga Saham terhadap Cash Dividend (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta Periode 2005-2007)

 

A. Latar Belakang

Keputusan pembagian dividen merupakan suatu masalah yang sering dihadapi oleh perusahaan. Manajemen sering mengalami kesulitan untuk memutuskan apakah akan membagi dividennya atau akan menahan laba untuk diinvestasikan kembali guna meningkatkan pertumbuhan perusahaan.

Masalah dalam kebijakan dan pembayaran dividen mempunyai dampak yang sangat penting bagi banyak pihak yang yang terlibat dalam masyarakat baik bagi para investor, kreditor maupun bagi pihak manajemen yang akan membayarkan dividennya.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah profitabilitas (ROE), leverage (DER), dan harga saham (closing price) secara parsial berpengaruh terhadap cash dividend perusahaan manufaktur di Bursa Efek Jakarta?
  2. Apakah profitabilitas (ROE), leverage (DER), dan harga saham (closing price) secara simultan berpengaruh terhadap cash dividend perusahaan manufaktur di Bursa Efek Jakarta ?

 

C. Landasan Teori

Definisi Dividen

Dividen (dividend) adalah pembagian aktiva perusahaan kepada para pemegang saham perusahaan. Dividen dapat dibayar dalam bentuk uang tunai (kas), saham perusahaan, ataupun aktiva lainnya. Semua dividen haruslah diumumkan oleh dewan direksi sebelum dividen tersebut menjadi kewajiban perusahaan. (Henry Simamora, 2000:423)

Kebijakan Dividen

Kebijakan dividen (Dividend Policy) merupakan keputusan mengenai laba yang akan dibagikan kepada pemegang saham atau yang akan ditahan untuk investasi masa depan dan jika dibagikan kepada pemegang saham berapa nilai yang akan dibagikan kepada pemegang saham.

Cash Dividend

Sawidji Widoadmodjo (1996) juga menyatakan bahwa dividen adalah bagian laba yang diberikan emiten kepada para pemegang saham, baik dalam bentuk dividen tunai (cash dividend) dan dividen saham (stock dividend). Dividen tunai (cash dividend) merupakan dividen yang dibayar oleh emiten kepada para pemegang saham secara tunai untuk setiap lembarnya (dividend per share). Sedangkan dividen saham (stock dividend) merupakan dividen yang dibayar atau dibagi dalam bentuk saham, yang diperhitungkan untuk setiap lembarnya.

 

D. Metode Penelitian

Penelitian ini bersifat explanatory testing. Penelitian ini dilakukan di pojok Bursa Efek Jakarta (BEJ) Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Data yang diperlukan adalah data sekunder yaitu data yang sudah diolah pihak perusahaan dan sudah diterbitkan dalam bentuk laporan.

 

E. Kesimpulan

  1. Hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh signifikan antara Ln_ROE dengan cash dividend (Ln_DPR). Sehingga ROE tidak dipertimbangkan oleh manajemen perusahaan dalam pembayaran besarnya dividen kas, sehingga para pemegang saham tidak terlalu penting untuk mempertimbangkan ROE ketika pemegang saham tersebut mengharapkan besarnya dividen kas yang akan dibayarkan oleh perusahaan.
  2. Hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh signifikan antara Ln_DER dengan cash dividend (Ln_DPR) . Sehingga Debt to Equity Ratio (DER) tidak dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam pembayaran dividen kas oleh manajeman perusahaan.

 

Contoh Tesis Akutansi

  1. Pengaruh Corporate Governance Mechanisms terhadap Cost Of Equity Capital
  2. Evaluasi Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan Kas dari Pembayaran Rekening Air Minum pada PDAM Kota Surakarta
  3. Penilaian Tingkat Kesehatan Pada Lima Badan Kredit Kecamatan (BKK) di Surakarta Tahun 2008 dengan Menggunakan Analisis Rasio Perbankan Dan Tingkat Non Performing Loan (NPL)
  4. Evaluasi Sistem Pengendalian Intern Penerimaan Kas pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM)
  5. Analisis Pengaruh Net Income, Roa, Roe dan Status Kepemilikan Bank terhadap Probabilitas

 

Incoming search terms:

Leave a Reply