HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Akuntansi: Pengaruh EPS, DPS & FL trhdp Harga Saham Perusahaan Manufaktur

Judul Tesis : Pengaruh Earning Per Share (EPS), Dividen Per Share (DPS) dan Financial Leverage (FL) terhadap Harga Saham Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Jakarta

 

A. Latar Belakang

Perusahaan yang memasuki pasar modal adalah merupakan perusahaan yang go public, di mana perusahaan tersebut menawarkan saham kepada masyarakat umum untuk pertama kalinya. Kegiatan dalam rangka penawaran umum penjualan saham perdana disebut dengan IPO (Initial Public Offering). Di dalam IPO ini ada salah satu media informasi yang digunakan untuk penyebaran informasi ke masyarakat yang disebut prospektus. Masyarakat yang memiliki dana berlebih dapat memilih alternatif investasi melalui pasar modal yaitu dengan membeli sejumlah saham perusahan go public, dan dari pemilihan alternatif tersebut diharapkan ada keuntungan dari selisih harga beli dengan harga jualnya di kemudian hari. Bursa efek di Indonesia sampai saat ini terdapat dua bursa efek, yaitu Bursa Efek Jakarta (BEJ) dan Bursa Efek Surabaya (BES). BEJ merupakan salah satu bursa efek yang cepat perkembangannya sehingga bursa efek yang berpusat di Jakarta ini menjadi alternatif yang disukai perusahaan go public yang mencari dana.

Perkembangan bursa efek disamping dilihat dengan semakin banyaknya anggota bursa juga dapat dilihat dari perubahan harga-harga saham yang diperdagangkan. Perubahan harga saham dapat memberi petunjuk tentang kegairahan dan kelesuan aktivitas pasar modal serta pemodal dalam melakukan transaksi jual beli saham. Sementara semakin banyak harga yang terbentuk di pasar modal ditentukan oleh faktor-faktor seperti laba per saham, rasio laba terhadap harga saham, tingkat bunga bebas resiko yang diukur dari tingkat bunga deposito pemerintah, penggunaan hutang dan faktor eksternal lainnya (Sartono, 1995).

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah ada pengaruh Earning Per Share (EPS) terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEJ periode 2000-2002 ?
  2. Apakah ada pengaruh Dividen Per share (DPS) terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEJ periode 2000-2002 ?
  3. Apakah ada pengaruh Financial Leverage (FL) terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEJ periode 2000-2002 ?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Saham

Saham dapat didefinisikan sebagai tanda penyertaan atau pemilikan seseorang atau badan terhadap suatu perusahaan atau perseroan terbatas. Wujud saham adalah selembar kertas yang menerangkan bahwa pemilik kertas adalah pemilik perusahaan yang menerbitkan surat tersebut. Porsi kepemilikan ditentukan oleh seberapa besar penyertaan yang ditanamkan di perusahaan (Tjiptono dan Hendy:2001). Kertonegoro (1995:99) mendefinisikan saham sebagai bentuk modal penyertaan (equity capital) atau bukti posisi kepemilikan dalam suatu perusahaan.

Harga Saham

Dalam teori manajemen dijelaskan bahwa tujuan dan sasaran yang digunakan sebagai standar dalam memberikan penilaian efisien atau tidaknya suatu keputusan keuangan dapat dilihat dari nilai perusahaan. Perusahaan yang menerbitkan saham, nilai perusahaan yaitu nilai saham ditambah dengan nilai pasar hutang. Husnan (2001) mengemukakan bahwa nilai saham adalah harga pasar dikalikan dengan jumlah saham yang beredar.

Pengertian Earning Per Share (EPS)

Menurut Tjiptono Darmadji dan Hendy M (2001) pengertian laba per lembar saham atau EPS yaitu merupakan rasio yang menunjukkan berapa besar keuntungan (laba) yang diperoleh investor atau pemegang saham per lembar sahamnya. Laba merupakan alat ukur utama kesuksesan suatu perusahaan, karena itu para pemodal seringkali memusatkan perhatian pada besarnya earning per share (EPS) dalam melakukan analisis saham. Semakin tinggi nilai EPS tentu saja menggembirakan pemegang saham karena semakin besar laba yang disediakan untuk pemegang saham.

 

D. Metode Penelitian

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan go public (emiten) sektor manufaktur yang sahamnya tercatat di BEJ periode Januari 2000 sampai Desember 2002.

Sampel penelitian diambil berdasarkan teknik purposive sampling.

Teknik ini memilih kelompok target tertentu untuk memperoleh informasi. Dalam penelitian ini yang menjadi sampel penelitian adalah sebanyak 33 perusahaan manufaktur.

Variabel dalam penelitian ini terdiri dari EPS, DPS dan FL sebagai variabel bebas dan harga saham sebagai variabel terikat.

Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi untuk mendapatkan data mengenai EPS, DPS, FL dan harga saham. Analisis data menggunakan analisis regresi ganda

 

E. Kesimpulan

  1. Secara simultan atau bersama-sama antara EPS, DPS dan FL berpengaruh secara signifikan terhadap harga saham perusahaan manufaktur di Bursa Efek Jakarta (BEJ).
  2. Secara parsial EPS berpengaruh secara signifikan terhadap harga saham perusahaan manufaktur di Busa Efek Jakarta (BEJ).
  3. Secara parsial DPS tidak berpengaruh secara signifikan terhadap harga saham perusahaan manufaktur di Busa Efek Jakarta (BEJ).

 

Contoh Tesis Akutansi

  1. Analisis Tingkat Kepuasan Siswa Dalam Mempelajari Akuntansi
  2. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasan Laporan Keuangan
  3. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi
  4. Kemadirian Belajar Akuntansi Dalam Implementasi Kurikulum 2004 Pada Siswa Kelas XI-IPS
  5. Komparasi Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Metode Konvensional Pokok Bahasan Jurnal

 

Incoming search terms:

Leave a Reply