HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Akutansi: Kinerja Keuangan Pendekatan Altman & Pengaruhnya trhdp Harga Saham

Judul Tesis : Analisis Kinerja Keuangan Pendekatan Altman dan Pengaruhnya terhadap Harga Saham pada Perusahaan Jasa Go Public di Bursa Efek Jakarta

 

A. Latar Belakang

Analisis rasio pada perkembangannya mempunyai kendala dan keterbatasan dimana setiap rasio dianalisis secara terpisah (Weston 1993:163). Pengaruh gabungan beberapa rasio hanya berdasarkan pertimbangan para analis keuangan. Untuk mengatasi masalah tersebut Altman mencoba menerapkan suatu model prediksi sebagai kombinasi berbagai rasio untuk mengatasi kekurangan dari analisis keuangan dengan teknik regresi dan analisis diskriminan. Altman (Adnan 2001:184), menguji manfaat rasio keuangan untuk mengetahui bagaimana kesehatan keuangan suatu perusahaan serta memprediksi kebangkrutan. Dalam penelitiannya diperoleh hasil bahwa rasio keuangan (profitabilitas, liquidity, dan solvancy) bermanfaat dalam memprediksi kebangkrutan serta menemukan lima rasio keuangan yang dapat digunakan untuk mendeteksi kebangkrutan perusahaan. Kelima rasio tersebut antara lain: Working Capital to Total Assets Ratio, Retained Earning to Total Assets Ratio, Earning Before Interest and Taxes to Total Assets Ratio, Market of Equity to Book Value of Total Debt Ratio, Sales to Total Assets Ratio. Kelima rasio inilah yang akan digunakan dalam menganalisis laporan keuangan sebuah perusahaan untuk kemudian mendeteksi kesehatan keuangan perusahaan tersebut. Dengan menggunakan kelima macam rasio tersebut kemudian dicoba diterapkan untuk menganalisis laporan keuangan dalam bentuk diskriminan. Dengan mengambil rata-rata dari perhitungannya ditentukan batasan klasifikasi minimum sebesar 2,675 untuk mengklasifikasikan perusahaan dalam keadaan sehat atau dalam keadaan tidak sehat. Hasil dari perhitungan Altman lebih dikenal dengan sebutan Altman Z – Score. Altman Z –

Score dapat digunakan untuk:

  1. Menguji karakteristik unik dari kegagalan usaha dengan menentukan sejumlah variabel yang merupakan indikator efektif untuk memprediksi kegagalan usaha.
  2. Menganalisis dan menilai kinerja perusahaan dengan analisis rasio keuangan.

Temuan Altman tersebut diperkuat oleh eksperimen Beaver. Beaver memberikan ekstensi dari temuan Altman dengan jumlah sampel dan mengkaitkan rasio-rasio keuangan tersebut dengan harga saham. Kesimpulan lainnya adalah para investor mengakui dan menyesuaikan posisi solvency yang baru dari perusahaan yang mengalami kebangkrutan dan selanjutnya membawa informasi rasio keuangan tersebut ke dalam harga saham (Supardi, 2003: 74).

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimana kinerja keuangan pendekatan Altman pada perusahaan jasa retoran, hotel dan pariwisata yang go public di Bursa Efek Jakarta ?
  2. Apakah terdapat perbedaan harga saham yang signifikan antara perusahaan yang masuk kategori sehat dan tidak sehat pada perusahaan jasa go public di Bursa Efek Jakarta khususnya perusahaan restoran, hotel dan Pariwisata ?

 

C. Landasan Teori Tesis

Pengertian Kinerja Keuangan

Kinerja keuangan perusahaan merupakan gambaran mengenai hasil operasi perusahaan yang terdapat dalam laporan keuangan perusahaan dalam periode tertentu, dan pada dasarnya merupakan cerminan dari kinerja manajemen pada periode tersebut. Menurut Erich A. Helfert kinerja keuangan adalah hasil dari banyak keputusan individu yang dibuat secara terus menerus oleh manajemen.

Analisis Laporan Keuangan

Informasi yang didasarkan pada analisis keuangan mencakup penilaian keadaan keuangan perusahaan baik yang telah lampau, saat sekarang dan ekspektasi masa depan. Analisa rasio seperti juga alat-alat analisa yang lain adalah “ future oriented “ oleh karena itu penganalisa harus mampu untuk menyesuaikan faktor-faktor yang ada pada periode atau waktu ini dengan faktor-faktor di masa yang akan datang yang mungkin mempengaruhi posisi keuangan atau hasil operasi perusahaan yang bersangkutan.

Pengertian Harga Saham

Saham merupakan salah satu efek yang diperdagangkan di pasar modal. Saham merupakan tanda penyertaan modal pada suatu perseroan terbatas (Anoraga 2003 :54). Menurut Kasmir (2002 :195) saham merupakan surat berharga yang bersifat kepemilikan.

 

D. Metode Penelitian

Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan restoran, hotel, dan pariwisata yang go public di Bursa Efek Jakarta.

Sampel diambil berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditentukan dan didapatkan enam perusahaan sebagai sampel.

Variabel dalam penelitian ini adalah kinerja keuangan pendekatan Altman sebagai variabel bebas dengan indikator perusahaan sehat dan tidak sehat dan harga saham sebagai variabel terikatnya.

Data yang digunakan adalah data sekunder yaitu laporan keuangan perusahaan yang telah dipublikasikan, sedangkan metode pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi.

Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik deskriptif dan uji independent samples t-tes.

 

E. Kesimpulan

  1. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan pendekatan Altman dapat diketahui pada tahun 2000-2001 terdapat satu perusahaan yang termasuk dalam kategori sehat dan lima perusahaan dalam kategori yang tidak sehat. Pada periode 2002-2004 terdapat dua perusahaan dalam kategori sehat dan empat perusahaan dalam kategori tidak sehat.
  2. Berdasarkan hasil penelitian diketahui tidak ada perbedaan harga saham secara signifikan antara perusahaan yang masuk kategori sehat dan tidak sehat pada perusahaan jasa go public di Bursa Efek Jakarta khususnya perusahaan restoran. Hotel dan pariwisata pada tahun 2000-2004.

 

Contoh Tesis Akutansi

  1. Pelaksanaan Ekstensifikasi dan Intensifikasi Pajak dengan Adanya Sunset Policy Serta Kontribusinya dalam Perpajakan di KPP PRATAMA Karanganyar
  2. Pengaruh faktor personality dan computer training terhadap keahlian dalam menggunakan komputer pada mahasiswa fakultas ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta
  3. Analisis Kinerja Keuangan Pada KPRI Bina Karya Kudus
  4. Analisis Kinerja Keuangan Pendekatan Altman dan Pengaruhnya terhadap Harga Saham
  5. Analisis Penerapan PSAK No 27 tentang Akuntansi Koperasi dan Pengaruhnya terhadap Perkembangan Usaha

 

 

Leave a Reply

Alamat IDTesis Surabaya

Jl Gayungan VIII No 3, Surabaya (Carefour A Yani maju 100 m, ambil kiri ke arah Polsek Gayungan/Telkom Injoko)