HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Akutansi: Pengaruh Kandungan Informasi Keuangan trhdp Abnormal Return Saham

Judul Tesis : Pengaruh Kandungan Informasi Keuangan terhadap Abnormal Return Saham pada Perusahaan yang Bergerak pada Bidang Real Estate dan Properti yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta periode 2002 – 2004

 

A. Latar Belakang

Salah satu informasi yang banyak digunakan adalah informasi keuangan. Analisis terhadap informasi keuangan difokuskan pada penilaian kemampuan perusahaan untuk menciptakan dan mempertahankan laba di masa datang (Munawir, 2002). Neraca menunjukkan aktiva yang digunakan untuk memperoleh laba di masa datang dan melaporkan utang dan kewajiban kepada kreditur serta pada para investor. Laporan aliran arus kas amat sangat penting untuk menilai perusahaan untuk melaksanakan kewajiban dan membiayai operasional perusahaan. Dari pendapat tersebut dapat diketahui bahwa laporan keuangan sangat penting untuk mendapat informasi sehubungan dengan posisi keuangan dan hasil operasi yang telah dicapai oleh perusahaan. Agar laporan posisi keuangan menyediakan informasi yang relevan untuk meramalkan arus kas pada waktu mendatang, maka laporan itu juga harus mencakup pengukuran sumber – sumber daya dan komitmen secara kuantitatif untuk dibandingkan dengan periode lainnya atau dengan perusahaan lainnya (Eldon S. Hendrikson , 1995).

Laporan keuangan sebagai hasil akhir dari proses akuntansi dirancang untuk menyediakan kebutuhan informasi bagi kalangan internal dan eksternal perusahaan. Laporan keuangan bermanfaat untuk mempengaruhi keputusan investor, dimana dalam jangka pendek laba bersih bermanfaat dalam memprediksi return investasi (Widhy Setyowati, 2002). Parawiyati (dalam Widhy Setyowati, 2002) meneliti mengenai variabel dalam laporan keuangan (laba bersih, piutang, hutang, persediaan, biaya operasional, dan net profit margin) yang digunakan untuk memprediksi return saham dan arus kas untuk periode satu tahun. Dari hasil penelitian tersebut diketahui bahwa informasi keuangan secara signifikan berhubungan dengan prediksi return saham dan arus kas.

 

B. Rumusan Masalah Tesis

  1. Apakah unsur unsur dalam laporan keuangan (asset, liability, net profit margin, return on equity) mempunyai pengaruh terhadap abnormal return saham pada kelompok perusahaan real estate dan properti di BEJ?
  2. Variabel keuangan manakah yang paling dominan mempengaruhi abnormal return saham pada sektor properti di BEJ?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Laporan Keuangan

Laporan keuangan berfungsi untuk melaporkan hasil kinerja dari suatu perusahaan dan memberikan dasar, bersama dengan analisis bisnis dan ekonomi, serta untuk membuat gambaran dan peramalan dimasa yang akan datang. Laporan tahunan merupakan dokumen yang memberikan informasi kepada pemegang saham dan diaudit sesuai dengan prinsip prinsip yang berlaku umum.

Pemakai Laporan Keuangan

Menurut PSAK No. 1 (09), ‘pemakai laporan keuangan meliputi investor sekarang dan investor potensial, karyawan, pemberi pinjaman, pemasok, dan kreditor usaha lainnya, pelanggan, pemerintah serta lembaga lembaga dan masyarakat .Masing masing mereka menggunakan informasi keuangan tersebut untuk kepentingan yang berbeda pula.

Kandungan dan Informasi Keuangan

Informasi yang lengkap, relevan dan akurat serta tepat waktu sangat diperlukan bagi investor, sebab hal ini sangat penting bagi calon investor dalam mempertimbangkan apakah dia akan menginvestasikan dananya atau tidak. Kandungan informasi dalam laporan keuangan pada hakekatnya menyajikan keterangan, catatan ataupun gambaran baik keadaan perusahaan dimasa lalu, saat ini ataupun prediksi yang akan datang bagi kehidupan perusahaan dan bagaimana pasaran sahamnya.

 

D. Metode Penelitian

Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan perusahaan yang bergerak pada bidang properti yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta periode 2002 – 2004.

Populasi yang telah didapat kemudian diambil sampel yang sesuai dengan kriteria yang ditentukan oleh penulis sesuai dengan apa yang akan diteliti.

Dalam usaha untuk mengumpulkan data yang diperlukan maka dalam penelitian ini penulis menggunakan survei kepustakaan.

Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data sekunder.

Dalam penelitian ini digunakan dua macam variable yakni variable terikat (Y) atau disebut juga Variabel Dependen dan Variabel tergantung (X) atau disebut juga variable independent.

Dilakukan setelah data yang didapat diperoleh, sehingga dengan analisis data ini diharapkan dapat diambil beberapa kesimpulan yang berhubungan dengan pengaruh variabel variabel independent terhadap variabel dependen.

 

E. Kesimpulan

  1. Berdasarkan pada analisis regresi linier berganda, seluruh variabel independen (Total Assets, Total liability, NPM, dan ROE) yang dimasukkan dalam penelitian ini mempunyai pengaruh signifikan secara simultan terhadap variabel dependen (abnormal return).
  2. Berdasarkan uji pada analisis regresi linier berganda secara parsial, Total asset berpengaruh signifikan terhadap abnormal return saham pada perusahaan yang bergerak pada bidang properti yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta periode 2002-2004. Ini berarti bahwa hipotesis pertama diterima.
  3. Berdasarkan uji pada analisis regresi linier berganda secara parsial, Total Liability tidak berpengaruh secara signifikan terhadap abnormal return saham pada perusahaan yang bergerak pada bidang properti yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta periode 2002-2004.

 

Contoh Tesis Akutansi

  1. Pengaruh Insider Ownership, Dispersion Of Ownership, Free Cash Flow, Collaterizable Assets
  2. Pengaruh Kandungan Informasi Keuangan terhadap Abnormal Return Saham
  3. Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi dengan Kepercayaan Diri
  4. Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Return Saham Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEJ
  5. Pengaruh Pengumuman Merger dan Akuisisi terhadap Return Saham Perusahaan Bidder di Bursa Efek Jakarta

 

Leave a Reply

×
Hallo ????

Ada yang bisa di bantu?