HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Ekonomi: Reaksi Pasar trhdp Peristiwa Pengumuman Kabinet Indonesia Bersatu

Skripsi Ekonomi: Analisis Reaksi Pasar terhadap Peristiwa Pengumuman Kabinet Indonesia Bersatu

 

A. Latar Belakang

Pasar modal mempunyai peranan yang penting dalam kehidupan ekonomi, terutama dalam proses alokasi dana masyarakat. Pasar modal memberikan kepada pihak yang mempunyai surplus dana dalam masyarakat (penabung atau investor) tingkat likuiditas yang lebih tinggi, dan juga memindahkan pihak yang memerlukan dana (perusahaan) untuk memperoleh dana yang diperlukan dalam investasi (Ainun Na’im, 1997). Keputusan investasi oleh investor (pihak yang memiliki kelebihan dana) ditentukan oleh pengharapan mereka atas kesuksesan suatu usaha di masa yang akan datang. Mereka bersedia menanamkan dana jika mereka menganggap prospek suatu investasi menguntungkan.

Sebagai suatu instrumen ekonomi, pasar modal tidak lepas dari berbagai pengaruh lingkungan, baik lingkungan ekonomi maupun lingkungan non ekonomi. Pengaruh lingkungan ekonomi mikro seperti kinerja perusahaan, perubahan strategi perusahaan, pengumuman laporan keuangan atau dividen perusahaan selalu mendapat tanggapan dari pelaku pasar di pasar modal. Selain itu, perubahan lingkungan ekonomi makro yang terjadi seperti perubahan suku bunga tabungan dan deposito, kurs valuta asing, inflasi, serta berbagai regulasi dan deregulasi ekonomi yang dikeluarkan pemerintah, turut berpengaruh pada fluktuasi harga dan volume perdagangan di pasar modal.

 

B. Rumusan Masalah Skripsi

  1. Apakah ada abnormal return secara kumulatif yang diraih para investor di sekitar peristiwa pengumuman Kabinet Indonesia Bersatu?
  2. Apakah ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata abnormal return yang diperoleh para investor sebelum dan setelah pengumuman Kabinet Indonesia Bersatu?
  3. Apakah ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata aktivitas volume perdagangan saham sebelum dan setelah peristiwa Kabinet Indonesia Bersatu?

 

C. Tinjauan Pustaka

Peran Pasar Modal

Pasar modal merupakan pasar dari sejumlah instrumen keuangan jangka panjang yang dapat diperjualbelikan dalam bentuk utang maupun modal sendiri, baik yang diterbitkan oleh pemerintah maupun perusahaan swasta.

Hipotesis Pasar Modal yang Efisien

Hipotesis pasar modal yang efisien mengatakan bahwa harga sekuritas akan segera mencerminkan informasi yang relevan. Dengan kata lain, keputusan investasi yang dilakukan oleh para pemodal merupakan reaksi atas informasi yang mereka terima. Semakin cepat informasi baru tercermin pada harga sekuritas, semakin efisien pasar modal tersebut. Harga-harga sekuritas akan cepat menyesuaikan bila ada informasi baru yang muncul, dan setelah terjadi penyesuaian para pemodal tidak akan mampu untuk mendapatkan tingkat keuntungan diatas normal (abnormal return) dengan melakukan transaksi perdagangan di bursa efek. Efisiensi pasar modal yang dikaitkan dengan bagaimana pasar bereaksi terhadap informasi yang tersedia ini dibuat dengan efisiensi pasar secara informasi (Jogiyanto, 2000).

Informasi di Pasar Modal

Informasi atau fakta material adalah informasi atau fakta penting dan relevan mengenai peristiwa, kejadian atau fakta yang dapat mempengaruhi harga efek pada Bursa Efek atau keputusan pemodal, calon pemodal atau pihak lain yang berkepentingan atas informasi atau fakta tersebut (UU No. 8 Tahun 1995 Tentang Pasar Modal pasal 1 ayat 4). Berdasarkan pengertian diatas tampaklah bahwa investor akan mengasimilasikan informasi yang relevan ke dalam harga dalam membuat keputusan menjual atau membeli saham.

D. Metode Penelitian

Penelitian ini merupakan studi peristiwa (event study) yang bertujuan untuk melihat reaksi pasar modal terhadap peristiwa pengumuman Kabinet Indonesia Bersatu melalui pendekatan harga saham dan volume perdagangan saham ditinjau dari ukuran perusahaan.

Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder.

Penarikan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Purposive Sampling.

 

E. Kesimpulan

  1. Dari pengamatan terhadap Cumulative Abnormal Return didapatkan bahwa dari periode kejadian selama 21 hari, tidak terdapat abnormal return secara kumulatif yang diperoleh investor baik untuk perusahaan dengan market kapitalisasi besar maupun kecil. Sehingga bisa disimpulkan bahwa Bursa Efek Jakarta telah mencapai efisiensi pasar bentuk setengah kuat.
  2. Berdasarkan hasil pengamatan yang diperoleh dari pengujian beda rata-rata abnormal return sebelum dan setelah peristiwa, didapat hasil bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata abnormal return sebelum dan setelah peristiwa untuk perusahaan dengan market kapitalisasi besar. Sedangkan untuk untuk perusahaan dengan market kapitalisasi kecil dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata abnormal return sebelum dan setelah peristiwa.
  3. Hasil yang diperoleh dari uji beda rata-rata aktivitas volume perdagangan (Trading Volume Activity) sebelum dan setelah peristiwa untuk perusahaan dengan market kapitalisasi besar diperoleh hasil bahwa rata-rata TVA sebelum dan setelah peristiwa berbeda secara signifikan. Namun penulis cenderung untuk memilih hasil analisis TVA tersebut lebih ke arah bad news. Sedangkan untuk perusahaan dengan market kapitalisasi kecil tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata TVA sebelum dan setelah peristiwa.

 

Contoh Skripsi Ekonomi

  1.  Pengaruh Komunikasi Intern terhadap Semangat Kerja Pegawai
  2. Pengaruh Kondisi Keuangan Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, dan Opini Audit Tahun Sebelumnya
  3. Terhadap Opini Audit Going Concern Pengaruh Perputaran Kas dan Perputaran Piutang terhadap Rentabilitas Ekonomi Pada Kpri
  4. Pengaruh Tingkat Perputaran Piutang dan Tingkat Perputaran Persediaan
  5. Analisis Reaksi Pasar terhadap Peristiwa Pengumuman Kabinet Indonesia Bersatu

 

Leave a Reply