HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Akutansi: Analisis Reaksi Investor trhdp Pengumuman Penurunan Pembayaran Dividen

Judul Skripsi : Analisis Reaksi Investor terhadap Pengumuman Penurunan Pembayaran Dividen

 

A. Latar Belakang

Salah satu informasi yang dipandang cukup penting bagi investor yaitu informasi tentang naik turunnya dividen yang dibagikan perusahaan karena informasi tersebut mengandung muatan informasi yang berkenaan dengan prospek keuntungan yang akan diperoleh para investor atau calon investor dalam melakukan penilaian perusahaan. Pengumuman perubahan dividen mempunyai pengaruh terhadap reaksi pasar yang ditunjukkan dengan perubahan harga saham dan volume perdagangan. Berkaitan dengan kebijakan dividen tersebut terlihat bahwa terdapat beberapa pihak yang saling berbeda kepentingan yaitu pihak investor dan perusahaan itu sendiri. Perusahaan lebih senang menahan keuntungan untuk diinvestasikan kembali, sedangkan pihak investor lebih memilih pembayaran dividen saat ini daripada menundanya untuk direalisir dalam bentuk capital gains. Perbedaan yang timbul antara pihak investor dengan perusahaan merupakan masalah yang harus dipecahkan. Apalagi jika masalah tersebut berkaitan dengan adanya pengumuman perubahan dividen yang dilakukan oleh suatu perusahaan terhadap investornya.

Perubahan pembayaran mencakup dua hal yaitu pengumuman dividen meningkat dan dividen menurun Biasanya kenaikan dividen disebabkan oleh meningkatnya laba yang diperoleh perusahaan atau juga karena perusahaan ingin mempertahankan kepercayaan kepada investor bahwa perusahaan memiliki ekspektasi yang baik di masa mendatang. Karena kenaikan dividen ini memberikan sinyal positif kepada investor mengenai prospek perusahaan maka investor akan tetap menginvestasikan dananya pada perusahaan tersebut. Sedangkan penurunan dividen biasanya disebabkan oleh dua hal yaitu karena perusahaan sedang mengalami masalah keuangan atau karena adanya pengalokasian investasi yang lebih menguntungkan. Walaupun pengumuman penurunan dividen bukanlah suatu pertanda mengenai memburuknya prospek perusahaan, namun biasanya investor cenderung memberikan reaksi negatif. Meskipun mungkin dalam kenyataannya perusahaan ingin melakukan investasi kembali bukan karena sedang mengalami masalah keuangan.

 

B. Rumusan Masalah

“Apakah terdapat perbedaan reaksi investor antara sebelum dan sesudah pengumuman penurunan pembayaran dividen yang dilakukan perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta pada periode 2001 sampai dengan 2004”.

 

C. Landasan Teori

Pengertian Dividen

Dividen merupakan proporsi laba atau keuntungan yang dibagikan kepada pemegang saham dalam jumlah yang sebanding dengan jumlah lembar saham yang dimilikinya dan disesuaikan dengan keuntungan yang diperoleh perusahaan. Nilai dan waktu pembayaran dividen ditentukan melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) dan nilai yang dibagikan berkisar antara nol hingga berkisar sebesar laba bersih tahun berjalan atau tahun lalu.

Dampak Penurunan Dividen

Menurut Woolright dan Ghosh (1994) dalam Tri Harsini Wahyuningsih (2000), dampak yang ditimbulkan dari penurunan pembayaran dividen dalam kondisi tertentu dapat dinyatakan bahwa sinyal yang disampaikan suatu pertanda baik. Secara khusus, jika perusahaan memiliki berbagai peluang investasi yang menguntungkan, namun dana yang ada tidak mencukupi, dan jika biaya pendanaan eksternalnya cukup besar, maka nilai saham mungkin akan naik. Pada saat yang sama, jika perusahaan hanya memiliki sedikit peluang investasi yang menguntungkan, maka para investor akan lebih senang jika kelebihan dana tersebut dibayarkan dalam bentuk dividen yang lebih tinggi.

Studi Peristiwa

Studi peristiwa (even study) merupakan studi yang mempelajari reaksi pasar terhadap suatu peristiwa (event) yang informasinya dipublikasikan sebagai suatu pengumuman. Event study dapat digunakan untuk menguji kandungan informasi (information content) dari suatu pengumuman dan dapat juga digunakan untuk menguji efisiensi pasar bentuk setengah kuat.

 

D. Metode Peneltian Skripsi

Dalam penelitian yang berjudul “Analisis Reaksi Investor Terhadap Pengumuman Penurunan Pembayaran Dividen” ini pokok permasalahannya adalah apakah terdapat perbedaan reaksi investor antara sebelum dan sesudah pengumuman penurunan pembayaran dividen yang dilakukan oleh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta tahun 2001-2004.

Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah reaksi investor. Sedangkan untuk variable independent, penulis menggunakan return tidak normal (abnormal return).

Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan yang mengumumkan pembayaran dividen paling tidak dua tahun berturut-turut untuk mengetahui apakah terjadi penurunan pembayaran dividen.

Dari seluruh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta tahun 2001-2004, terdapat 56 perusahaan yang terpilih sebagai sample yang mengumumkan pembayaran dividen turun. Model pengujian hipotesis dalam penelitian ini dengan menggunakan uji-t.

 

E. Kesimpulan

  1. Tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada reaksi investor antara sebelum dan sesudah pengumuman penurunan pembayaran dividen menggunakan ketiga model perhitungan return tidak normal yaitu market model beta koreksi, market adjusted, dan mean adjusted model.
  2. Hasil ini menunjukkan bahwa peristiwa pengumuman penurunan pembayaran dividen tidak berpengaruh secara signifikan terhadap reaksi investor saat sebelum dan sesudah pengumuman. Dalam hal ini investor tidak memberikan reaksi terhadap pengumuman penurunan pembayaran dividen, saat sebelum pengumuman maupun sesudah pengumuman karena nilai return tidak normal sama-sama menunjukkan nilai negatif yang tidak signifikan saat sebelum pengumuman dan sesudah pengumuman.

 

Contoh Skripsi Akuntansi

  1. Analisis Net Initial Return Studi Kasus Pada Penawaran Perdana Saham di Bursa Efek Jakarta
  2. Analisis Pengaruh Pengumuman Dividen Terhadap Return Saham
  3. Analisis Pengaruh Right Issue Terhadap Dividen Dan Capital Gain Pada Perusahaan Yang Go Publik Di Bej 1995-2005
  4. Analisis Reaksi Investor Terhadap Pengumuman Penurunan Pembayaran Dividen
  5. Analisis Reaksi Pasar terhadap Perusahaan yang Tergabung dalam Kelompok Jakarta Islamic Index di Bursa Efek Jakarta Periode 2004-2005

 

Incoming search terms:

Leave a Reply