HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pemasaran Paket Wisata dengan metode Personal Selling PT. Kesan Indah Abadi Tour and Travel

ABSTRAK

PT. Kesan Indah Abadi Tour and Travel (KIA TOUR) merupakan salah satu Biro Perjalanan Wisata yang beroperasi di Surakarta. Dalam menjalankan usahanya PT. Kesan Indah Abadi Tour and Travel (KIA TOUR) mampu menarik pelanggan dan mampu bersaing dengan Biro Perjalanan lain yang ada. Semakin bertambahnya jumlah Biro Perjalanan Wisata (BPW) yang beroperasi, semakin banyak pula persaingan yang terjadi antar Biro Perjalanan Wisata (BPW) yang ada. Maka, penting sekali untuk mengetahui lebih lanjut mengenai manajemen kerja suatu Biro Perjalanan Wisata (BPW) dalam menghadapi daya saing usaha yang ada. Salah satunya yaitu dengan memberikan pelayanan yang seramah mungkin kepada semua pelanggan. Karena pelanggan merupakan aset yang sangat berharga dalam mengembangkan suatu industri jasa.

Menurut Philip Kotler personal selling adalah sarana yang paling berhasil guna sampai pada tahap tertentu dari proses pembelian, khususnya dalam membangun preferensi. Ruang lingkup kerja pada PT. Kesan Indah Abadi Tour and Travel antara lain penjualan tiket pesawat, tiket kereta api, penjualan paket wisata, reservasi hotel.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui secara mendalam tentang konsep pelayanan yang diterapkan PT. Kesan Indah Abadi Tour and Travel (KIA TOUR). Didalam menjual jasa, strategi untuk meningkatkan pemasaran serta kendala yang dihadapi dan upaya penyelesaian Paket Wisata dengan metode personal selling.

Penulisan laporan ini disajikan secara deskriptip kualitatif dengan menggunakan metode penelitian yang dilakukan secara observasi langsung di PT.Kesan Indah Abadi Tour and Travel (KIA TOUR), wawancara dan studi pustaka.

Hasil penelitian menunjukan bahwa profesionalisme kinerja karyawan dalam memberikan pelayanan di PT. Kesan Indah Abadi Tour and Travel (KIA TOUR) Surakarta dapat dilihat dari konsep pelayanan yang diterapkan dalam melayani pelanggan.Meskipun demikian masih ditemukan beberpa kendala dan kekurangan didalam memberikan pelayanan jasa yang terbaik dan memuaskan.

Penjualan yang baik dalam melakukan personal selling harus memenuhi criteria antara lain penjual memiliki pengetahuan tentang produk dan menguasai seni menjual seperti mendekati pelanggan dan mengatasi penolakan pelanggan. Saran yang di sampaikan pada PT. Kesan Indah Abadi Tour and Travel harus meningkatkan personal selling.

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Dunia kepariwisataan di Indonesia semakin hari semakin menunjukkan perkembangan yang sangat menggembirakan. Hal ini tidak terlepas dari keberbasilan pembangunan di struktur bidang pariwisata, misalnya bisnis penerbangan yang semakin ramai jadwal penerbangannya, perhotelan, restauran dan tentu saja Biro Perjalanan Wisata (BPW). Mengingat produk industri pariwisata ini akan menjadi suatu produk andalan di masa yang akan datang, maka BPW berperan penting dalam pelayanan jasa wisata.

Akhir-akhir ini perjalanan wisata mulai tumbuh sebagai suatu gejala pelepasan dan berupa wisata bersenang-senang ataupun wisata rekreasi, sebagai cara untuk melepaskan diri dari kesibukan dunia kerja serta kejenuhan hidup. Seiring dengan perkembangan dunia pariwisata lambat laun menjadi suatu gengsi masyarakat dalam melakukan perjalanan wisata dengan cara mengunjungi tempattempat wisata dari berbagai daerah maupun wisata yang terkenal di dunia. Setiap orang beranggapan bahwa orang yang telah mengunjungi tempat-tempat wisata di luar negaranya dengan sendirinya melebihi orang yang belum mengunjungi tempat tersebut. Hal ini menyebabkan aktivitas berwisata ke luar negeri semakin pesat.

Pada saat ini kebutuhan untuk melakukan perjalanan pariwisata melalui biro perjalanan wisata atau tour and travel semakin meningkat. Oleh karena itu, dibuatlah suatu paket wisata untuk mempermudah wisatawan untuk berwisata. Seperti PT. Kesan Indah Abadi Tour and Travel. Biro perjalanan daerah selaku retailer paket wisata, dalam penjualan produk paket wisata ini PT. Kesan Indah Abadi Tour and Travel ini mendapatkan suatu keuntungan, besarnya komisi untuk setiap biro perjalanan pada prinsipnya adalah sama, tetapi untuk mengatasi persaingan antara biro perjalanan yang lain. Seringkali besarnya komisi itu dikurangi sendirii oleh biro perjalanan yang bersangkutan untuk diberikan kepada salah satu wisatawan berupa potongan harga, sebagai salah satu upaya mempromosikan produk paket wisata biasanya promosi berupa potongan harga.

Banyaknya BPW yang saat ini bermunculan seiring pesatnya pertumbuhan pariwisata dan persaingan pun tidak dapat dihindarkan antara BPW satu dan BPW yang lain. Untuk mendapatkan para pelanggan yang banyak dan pelanggan tetap. setiap BPW mempunyai cara-cara memberikan pelayanan sebaik mungkin. Setiap pembeli atau pelanggan akan merasa puas bila pelayanan yang diberikan BPW sangat baik. Dengan menggunakan BPW berbagai macam keuntungan akan diperoleh konsumen, antara lain banyak menghemat biaya perjalanan bila mengikuti tour dibanding bepergian sendiri, hal ini disebabkan tour memberikan banyak potongan harga serta fasilitas lainnya yang mungkin tidak diperoleh bila bepergian sendiri, kemudian menghemat waktu dan tenaga, mendapatkan informasi yang lebih lengkap dan konsumen merasa lebih aman.

Sebagai biro perjalanan wisata PT. Kesan Indah Abadi Tour and Travel menyediakan dan melayani berbagai tiket pesawat, tiket kereta api, paket wisata, serta jasa pengiriman barang. Dalam perkembanganya penjualan tiket baik pesawat maupun kereta lebih dominan dari pada penjualan paket wisata. Penjualan paket wisata kurang berkembang maka dari itu penulis ingin mengetahui lebih jauh bagaimana upaya dalam memasarkan suatu produk paket wisata agar bisa terjual kepada calon pembeli biasanya biro perjalanan wisata berusaha mempromosikan lewat berbagai cara antara lain melalui iklan atau media cetak, seperti majalah, surat kabar, maupun media elektronik yaitu radio maupun televisi. Semua itu dilakukan untuk kepuasan para konsumen. Untuk memasarkan paket wisata ini PT. Kesan Indah Abadi Tour and Travel menggunakan cara personal selling atau istilah lain penjualan tatap muka antara penjual dan pembeli. Penjualan tatap muka adalah alat yang paling efektif pada tahap-tahap tertentu dari proses pengambilan keputusan tentang pelanggan terutama ualam keyakinan dan tindakan pembeli, sehingga penjual tahu betul maksud pembeli apalagi dengan persaingan harga yang semakin ketat. Hal ini membuat para pelanggan semakin jeli dan lebih peka terhadap harga, mereka melihat tidak ada alasan sedikitpun untuk membayar lebih, terlebih-lebih bila perbedaan layanannya sangat kecil sehingga calon pembeli cenderung untuk membanding-bandingkan. Cara mengatasai persaingan harga dengan mengembangkan suatu tawaran.

Oleh karena itu dalam memasarkan atau menjual produk harus betul-betul memahami para pembeli. Sebagai penjual produk paket wisata harus pandai dalam menjual mengingat banyaknya persaingan antara biro perjalanan lainnya. Untuk meningkatkan personal selling dalam memasarkan paket wisata harus mempunyai pengetahuan dan pengalaman yang luas sehingga para pelanggan akan merasa puas dalam pelayanannya. Hal ini yang menjadi permasalahannya adalah sejauh mana metode personal selling di PT. Kesan Indah Abadi Tour and Travel. Dari permasalahan di atas penulis mengambil judul “ PEMASARAN PAKET WISATA DENGAN METODE PERSONAL SELLING PT. KESAN INDAH ABADI TOUR AND TRAVEL”

Incoming search terms:

Leave a Reply