HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Potensi Dan Pengembangan Paket Wisata Karimunjawa

ABSTRAK

Permasalahan yang dibahas adalah potensi wisata Karimunjawa dan metode pengembangan alternatif paket wisatanya. Tujuan penulisan tugas akhir ini adalah untuk mengembangkan jenis paket wisata Karimunjawa dengan variasi harga yang realistis untuk umum sehingga dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Karimunjawa.

Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah dengan cara melakukan observasi secara langsung di Obyek wisata Karimunjawa dan melakukan wawancara dengan beberapa informan yang dapat memberikan data dan fakta yang akurat serta menggunakan studi pustaka dan dokumen untuk mendapatkan data-data pendukung yang mempunyai keterkaitan dengan topik Tugas Akhir ini. Setelah data yang diperoleh terkumpul, baru kemudian dilakukan analisa data dengan menggunakan analisis diskriptif kualitatif.

Taman nasional laut Karimunjawa merupakan salah satu kawasan wisata unggulan di tingkat Regional maupun Internasional. Kawasan wisata ini memiliki keindahan alam bawah laut yang alami dan sangat menakjubkan dengan aneka jenis terumbu karang, biota laut, ikan dan hamparan pasir putih di setiap pulau dari 27 pulau yang ada. Wisatawan dapat menikmati keindahan Kepulauan Karimunjawa ini dengan memilih salah satu dari rencana kunjungan wisata yang ditawarkan.. Jenis paket wisata Karimunjawa yang ditawarkan tersebut antara lain: paket wisata Dewandaru Tour, paket wisata Baracuda Tour, paket wisata Kura-Kura Resort Tour, paket wisata Kalimasada Tour, paket wisata Menjangan Besar Tour, paket wisata Outbound Activity Tour dan paket wisata Ujung Gelam Beach Tour. Konsep yang digunakan dalam memasarkan paket wisata ini yaitu dengan menggunakan pendekatan 4 P ( Product, Price, Place and Promotion ).

Kesimpulan yang dapat diperoleh dari penelitian potensi dan pengembangan paket wisata di karimunjawa adalah bahwa perlu ada penyusunan alternatif paket wisata ke Karimunjawa dengan harga yang bervariasi sesuai dengan kemampuan calon pembeli. Dalam meningkatkan promosi wisatanya perlu menggunakan media yang lebih representatif dan juga dapat ditempuh dengan meningkatkan kerjasama dengan Biro Perjalanan Wisata di luar daerah, sehingga paket wisata yang di tawarkan dapat dikenal oleh wisatawan dari berbagai daerah dan negara.

BAB I
PENDAHULUAN

A.Latar belakang masalah

Perjalanan wisata sudah menjadi trend masyarakat modern pada saat ini. kebutuhan akan perjalanan wisata sudah tidak dapat dikesampingkan lagi. Seiring dengan perkembangan zaman, perjalanan wisata bahkan beralih fungsi tidak lagi sebagai sarana untuk rekreasi belaka melainkan sudah menjadi gaya hidup yang dianggap dapat meningkatkan status sosial seseorang dalam tatanan kehidupan masyarakatnya.

Pariwisata memiliki peran utama dalam perekonomian dan kepentingan sosial. Pentingnya pariwisata membuat banyak negara menggalakkan sektor ini untuk menggerakkan industri-industri kecil sebagaimana dampak multiplier effect dari pariwisata itu sendiri. Banyak pihak yang berharap bahwa sektor pariwisata akan mampu menjadi pengganti pemasok devisa utama setelah menurunnya peran migas. Dibalik harapan yang begitu besar, Indonesia memang memiliki potensi alam dan budaya luar biasa melimpah dan benar-benar layak untuk dibanggakan sebagai “tambang” industri jasa pariwisata yang masih luas dan belum banyak terjamah. Dengan keragaman kekayaan alam dan budaya inilah pariwisata diharapkan mampu melakukan pengemasan yang berkualitas. Pendayagunaan itu secara maksimal harus direkayasa sedemikian rupa agar tidak merusak penyangga kekayaan alam-budaya. Sebaliknya, harus mampu secara optimal memberi nilai tambah ekonomis bagi setiap daerah pemilik potensi wisata (Ronny Sugiantoro, 2000: vi).

Indonesia merupakan negara kepulauan yang kaya akan keindahan alamnya dengan iklim tropis yang hangat serta memiliki corak kebudayaan yang beragam dari masing-masing suku bangsanya. Corak kebudayaan yang dimiliki Indonesia merupakan yang paling beragam diseluruh dunia. Oleh sebab itulah banyak wisatawan asing yang berminat melakukan kunjungan ke Indonesia, hanya saja belum semua obyek wisata di Indonesia ter-expose ke luar negeri. Seperti yang kita ketahui, promosi ke luar negeri diperlukan untuk menginformasikan obyek-obyek dan atraksi wisata yang ada, hotel yang tersedia, restoran, angkutan wisata dan events yang diselenggarakan setiap tahunnya. Dengan disebarluaskannya alat-alat promosi ke luar negeri maka diharapkan wisatawan asing akan terangsang dan ingin melakukan perjalanan wisata ke Indonesia (Oka A. Yoeti, 2001: 187)

Dalam melakukan perjalanan wisata ke suatu daerah atau kawasan wisata di Indonersia, akan sangat sulit bagi seorang wisatawan jika harus mengurus segala sesuatunya sendiri. Selain membutuhkan banyak waktu, hal itu juga memerlukan penguasaan lapangan secara menyeluruh. Oleh sebab itu dalampembuatan rencana perjalanan dibutuhkan sebuah Biro Perjalanan Wisata untuk mengurus semua kebutuhan wisatawan dalam melakukan perjalanan wisata. Biro Perjalanan Wisata akan membuat rencana perjalanan mereka dalam bentuk produk-produk paket wisata. Produk-produk paket wisata inilah yang nantinya akan di pasarkan dan dijual kepada para konsumen sesuai dengan tujuan yang mereka inginkan. Dengan adanya produk-produk paket wisata yang di tawarkan ini, diharapkan akan membantu dan mempermudah wisatawan dalam memilih dan menentukan rencana perjalanan mereka.

Paket wisata merupakan bisnis yang sangat menjanjikan di masa yang akan datang mengingat di era globalisasi seperti sekarang ini di mana pengetahuan manusia semakin luas dan tanpa batas mendorong mereka untuk mengetahui setiap detail kehidupan diseluruh penjuru dunia. Keindahan alam dan keanekaragaman budaya merupakan unsur yang paling diminati oleh sebagian besar wisatawan dunia. Rasa keingintahuan terhadap tatanan kehidupan bangsa lain serta keunikan budaya yang dimiliki menjadi alasan mereka untuk melakukan perjalanan wisata.

Karimunjawa sebagai salah satu obyek wisata di Indonesia yang memiliki keindahan panorama bawah laut yang masih natural dan kaya akan hutan tropis dengan satwa aslinya serta keunikan suku bangsanya merupakan aset wisata yang besar bagi kunjungan wisatawan asing di masa yang akan datang. Dengan potensi yang dimiliki, Karimunjawa diprediksikan akan menjadi salah satu tujuan utama wisatawan diseluruh dunia. Untuk menjadikan Karimunjawa ini supaya lebih diminati dan lebih dikenal dikalangan masyarakat dunia, maka penulis akan memperkenalkan dan mengungkapkan secara detail tentang potensi-potensi yang dimiliki serta mencoba membuat paket-paket wisatanya sebagai media promosi bagi pengembangan obyek wisata ini.

Dalam menjual paket wisata Karimunjawa, penulis menyarankan agar dibuatkan rencana paket wisata yang dapat dijual dalam periode satu tahun atau kalau harga-harga sangat berfluktuasi dapat saja dibuatkan untuk jangka waktu enam bulan. Hal ini dimaksudkan agar ada kesinambungan dalam melakukan rencana perjalanan wisata ke Karimunjawa sehingga diharapkan dapat mempercepat tercapainya target yang ditetapkan yaitu menjadikan Karimunjawa sebagai daerah utama tujuan wisata.

Leave a Reply

×
Hallo ????

Ada yang bisa di bantu?