HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp), 0857.0.1111.632(IM3), email:IDTesis@gmail.com BBM:2B7D0DB6

Strategi Pengembangan Obyek Wisata Goa Kreo Sebagai Daerah Tujuan Wisata di Kota Semarang

ABSTRAK

Penulisan laporan ini mempunyai beberapa rumusan masalah antara lain, apa latar belakang dan sejarah dijadikannya Goa Kreo sebagai obyek wisata di Kota Semarang? Potensi dan daya tarik apa saja yang dimiliki yang dimiliki oleh Goa Kreo? Dan strategi apa saja yang dilakukan oleh puhak pengelola obyek wisata Goa Kreo sehingga menjadi daerah tujuan wisata yang lebih menarik dan bertaraf internasional. Sedangkan tujuan dari penulisan laporan ini adalah untuk mengetahui latar belakang dan sejarah dijadikannya Goa Kreo sebagai obyek wisata di Kota Semarang, mengetahui potensi dan daya tarik yang dimiliki Goa Kreo sebagai obyek wisata di Kota Semarang, serta untuk mengetahui strategi pengembangan yang dilakukan oleh pihak pengelola Goa Kreo sehingga menjadi daerah tujuan wisata yang lebih menarik dan bertaraf internasional.

Adapun beberapa manfaat penulisan Tugas Akhir ini adalah untuk memperoleh pengetahuan tentang potensi – potensi apa saja yang dimiliki, mengetahui strategi – strategi dalam mengembangkan obyek wisata Goa Kreo, menambah pengalaman penulis lewat penelitian yang telah dilakukan, masyarakat memperoleh pengetahuan tentang potensi – potensi yang ada di Goa Kreo serta memberikan motivasi pada masyarakat untuk melakukan kegiatan wisata di Goa Kreo. Penulisan Laporan Tugas Akhir ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data dengan cara observasi ke obyek wisata Goa Kreo, dilanjutkan wawancara dengan beberapa informan serta mencari dokumen berupa arsip – arsip atau laporan tertulis mengenai obyek wisata tersebut.

Hasil penelitian ini diketahui bahwa obyek dan daya tarik wisata Goa Kreo mempunyai potensi dan daya tarik tersendiri, oleh karena itu pengelola telah membuat beberapa program – program untuk mengembangkan obyek wisata Goa Kreo yakni berupa program jangka pendek maupunu program jangka panjang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa obyek dan daya tarik wisata Goa Kreo memiliki potensi yang sangat besar, yang dalam pengembangannya diperlukan peran serta dari masyarakat dan ketersediaan sumber daya manusia yang berkualitas.

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Di era globalisasi sekarang ini, kemajuan di bidang pariwisata sangatlah pesat. Pariwisata sudah diakui sebagai industri terbesar abad ini, dilihat dari berbagai indikator perkembangan dunia dan penyerapan tenaga kerja. Berdasarkan berbagai indikator perkembangan dunia, di tahun-tahun mendatang peranan pariwisata di perdiksi akan semakin meningkat. Oleh karena itu, banyak yang harus dilakukan untuk mengembangkan potensi-potensi wisata khususnya di Indonesia. Hal ini juga di karenakan sektor pariwisata sangatlah penting mengingat sektor pariwisata ikut mendorong pengembangan suatu daerah khususnya daerah tang memiliki potensi wisata sangat besar serta mendatangkan devisa yang cukup besar bagi daerah yang di kunjungi wisatawan juga bagi negara.

Indonesia sebagai negara berkembang juga mempunyai perhatian khusus terhadap perkembangan industri pariwisata dan pengembangannya di harapkan dapat memacu pertumbuhan perekonomian Indonesia. Selain bermanfaat untuk meningkatkan lapangan kerja perkembangan pariwisata juga bertujuan untuk memperkenalkan dan membudidayakan keindahan alam dan kebudayaan Indonesai serta bisa lebih mempererat persaudaran serta persahabatan nasional dan internasional ( Oka A. Yoeti, 1982 ). Penyelenggaraan kepariwisataan merupakan perangkat yang sangat penting di dalam pembangunan daerah dalam otonomi daerah sekarang ini, untuk dapat menciptakan lapangan pekerjaan, meningkatkan dan meratakan pendapatan masyarakat serta memperkenalkan seni budaya daerah dan hasil – hasil kerajinan daerah untuk dapat di pasarkan kepada wisatawan, baik wisatawan mancanegara maupun nusantara.

Banyak faktor yang mendorong seseorang untuk melakukan perjalanan wisata, diantaranya karena ingin melihat tempat – tempat baru yang belum pernah di kunjungi dan ingin belajar sesuatu, menghindari udara atau musim yang tidak mengenakkan, keinginan untuk melakukan sesuatu yang tidak bisa dilakukan di rumah, untuk sekedar rekreasi atau rilaks, dan lain – lain. Dalam hal ini faktor alam juga sangat berpengaruh seperti iklim, pemandangan alam, flora dan fauna, sumber air mineral, dan lain – lain. Selain itu, ada pula faktor yang merupakan hasil ciptaan manusia seperti kebudayaan, tradisi dan adat istiadat dari penduduk setempat, benda – benda bersejarah, tarian dan upacara tradisional masyarakat setempat.

Salah satu pulau di Indonesia yang mempunyai banyak keanekaragaman budaya dan potensi wisata yang sangat menarik adalah pulau Jawa. Pulau Jawa dikenal banyak orang selain karena kekayaan alamnya, tanahnya yang subur di mana rangkaian gunung berapi melintasinya juga karena kekayan budaya yang dipunyai. Jawa Tengah yang terletak tepat di tengah pulau Jawa merupakan tempat strategis untuk di kunjungi wisatawan. Sejarah munculnya manusia purba jawa, keelokan variasi alam serta keagungan budaya dan juga adat masyarakat jawa semuanya terekam di Jawa Tengah. Budaya dan adat masyarakat jawa yang selalu “ trimo ing pandum ” menjadikan Jawa Tengah sebagai tempat yang aman dan damai.

Semarang sebagai ibu kota propinsi Jawa Tengah cukup kaya akan bahan yang dapat di olah sebagai produk wisata dengan daya tariknya yang khusus yang bisa dikembangkan menjadi sajian wisata yang mampu menarik wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri. Kota Semarang sendiri mempunyai potensi obyek wisata yang perlu di kaji secara mendalam untuk dikembangkan di masa yang akan datang, diantaranya adalah obyek wisata Goa Kreo yang terletak di dukuh Talun Kacang, kelurahan Kandri, kecamatan Gunungpati kurang lebih 13 km dari Tugu Muda ke arah selatan, berada di lereng bukit dengan ketinggian 350 meter di atas permukaan laut. Obyek wisata Goa Kreo ini merupakan suatu produk pariwisata unggulan di kota Semarang dengan tingkat kunjungan tertinggi pada setiap tahunnya di banding dengan tingkat kunjungan obyek – obyek wisata lain yang ada di Semarang.

Goa Kreo memiliki potensi dan daya tarik yang sangat memikat karena di sekitar Goa Kreo ini terdapat hamparan sawah yang luas, tebing – tebing yang curam yang penuh dengan pepohonan, diantaranya pohon langka dan sungai yang jernih berbatu sehingga tercipta panorama yang indah. Pengembangan potensi wisata yang tepat dapat menjadikan Goa Kreo menjadi suatu daerah tujuan wisata yang menarik untuk dikunjungi. Dewasa ini pengembangan sumber daya alam sebagai obyek wisata lebih diprioritaskan, karena melihat kecenderungan para wisatawan yang umumnya tinggal didaerah perkotaan sehingga mereka lebih tertarik dengan nuansa alam yang natural dan jauh dari kebisingan. Berbagai keunikan dimiliki setiap wilayah dan bila kita cermati lebih lanjut tentu ada banyak makna yang bisa kita dapat dan kita manfaatkan dalam menggali berbagai potensi yang ada, untuk dijadikan suatu daerah tujuan wisata yang menarik dan berkualitas. Untuk itu penambangan potensi dan pelestarian alam yang ada sangatlah penting untuk dilakukan.

Potensi yang dimiliki obyek wisata Goa Kreo masih perlu untuk dikembangkan lagi agar dapat menjadi daerah tujuan wisata utama yang paling diminati di kota Semarang. Oleh karena itu, diperlukan strategi pengembangan obyek wisata yang benar – benar disusun secara matang disertai dengan penanganan yang baik oleh pihak pengelola obyek wisata Goa Kreo itu sendiri maupun pemerintah. Selain itu, peran serta masyarakat juga sangat diperlukan agar pengembangan obyek wisata Goa Kreo tersebut dapat terealisasi dengan baik. Dari latar belakang yang telah dikemukakan diatas, maka penelitian tentang Goa Kreo ini penulis mengambil judul “STRATEGI PENGEMBANGAN OBYEK WISATA GOA KREO SEBAGAI DAERAH TUJUAN WISATA DI KOTA SEMARANG”.

Tags: ,
3 Comments
  1. Saya sangat tertarik membaca tulisan anda, Apakah bisa saya dapatkan tulisan Saudara bagaimana caranya?

    • Silahkan reques via email no kontak yang tersedia.

    • saya sangat ingin membaca tesis anda untuk menambah referensi tesis saya yang berjudul hampir sama dengan tesis yang anda tulis, bagaiman caranya saya mendapatkan file tesis anda, terima kasih

Leave a Reply

Current day month ye@r *

Alamat :

Jl Veteran Gang Satria UH II / 1060 Muja-Muju Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta (Belakang Pegadaian Syariah Jln Veteran)

HP AS : 0852.2588.7747 

HP IM3 : 0857.0.1111.632