HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Komunikasi: Marketing Public Relations dlm Membina Hubungan dgn Travel Agents

Judul Tesis : Aktivitas Marketing Public Relations dalam Membina Hubungan dengan Travel Agents dalam Meningkatkan Occupancy Hotel Inna Garuda Jogjakarta

 

A. Latar Belakang

PR pada dasarnya merupakan proses komunikasi dua arah yang bertujuan untuk membangun dan menjaga reputasi dan citra perusahaan atau organisasi di mata publiknya. Praktisi public relations atau petugas humas dapat mengarahkan unsur-unsur potensial agar dapat membentuk opini publik sesuai dengan citra yang diinginkan oleh perusahaan. Bagaimanapun juga kita paham, bahwa opini publik dan citra perusahaan tentu saja merupakan faktor penting yang menentukan sukses atau gagalnya aktivitas dan pelaksanaan program perusahaan.

Hotel Inna Garuda sebagai salah satu hotel bintang empat di Jogjakarta dan merupakan hotel yang memiliki nilai sejarah yang harus dijaga dan dilestarikan keberadaanya. Hotel Inna Garuda dengan segala keunikan yang dimilikinya menjadikan nilai lebih untuk tetap menjaga dan mempertahankan di tengah persaingan industri hotel lain yang modern.

 

B. Tujuan Penelitian

  1. Untuk menambah wawasan pengetahuan dan membangun pengalaman serta memberi bekal praktek kepada penulis mengenai praktek Public Relations dalam sebuah lingkungan kerja di Inna Garuda Hotel.
  2. Untuk melaksanakan aktivitas Marketing dan Public Relations mengenai tugas dan fungsinya di Inna Garuda
  3. Sarana untuk melengkapi pengetahuan praktis penulis disamping pengetahuan yang bersifat teori yang telah didapat saat perkuliahan.

 

C. Tinjauan Pustaka

Public Relations

Public Relations merupakan salah satu cabang ilmu komunikasi yang sangat penting. Sebagai ilmu pengetahuan, PR masih relative baru bagi masyarakat bangsa kita. PR merupakan gabungan dari berbagai ilmu dan termasuk dalam jajaran ilmu-ilmu sosial seperti halnya ilmu politik, ekonomi, sejarah, psikologi, sosiologi, komunikasi dan lain-lain.

Marketing Public Relations

Memasuki era globalisasi, persaingan di berbagai bidang semakin nyata saja. Keberhasilan kinerja Public Relations sebagai item penting organisasi/perusahaan yang bertugas menciptakan dan mempertahankan nilai/image positif organisasi, semakin tinggi. Salah satu cara yang ditempuh adalah dengan berusaha memarketkan aktivitas public relations dengan maksimal dan efektif.

 

Peranan Marketing Public Relations

Dilihat dari segi pemasaran, Marketing Public Relations berperan sebagai salah satu cara mencapai tujuan pemasaran, yaitu :

  1. Mengadakan riset pasar, untuk mendapatkan informasi bisnis yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumennya.
  2. Menciptakan produk yang sesuai dari hasil riset pasar tersebut.
  3. Menentukan harga produk yang rasional dan kompetitif

 

D. Kesimpulan Tesis

Aktivitas Marketing Inna Garuda yakni, mengadakan penawaran penawaran kepada instansi atau agent travel, melaksanakan publikasi atau advertensi dalam rangka pemasaran perusahaan yang dibantu oleh divisi Public Relations, penyusunan marketing plan, mengadakan event yang mampu meningkatkan hunian di Inna Garuda, dan meningkatkan kualitas hotel Inna Garuda sebagai hotel bintang empat.

Sedangkan aktivitas Public Relations Inna Garuda yakni: bekerjasama dengan Marketing, dalam hal promosi, publikasi mengenai produk, kegiatan advertensi dengan membuat design untuk promosi, misal dalam hal Art Design dan Photografer, menjalin hubungan baik dengan mass media untuk pelaksanaan penyampaian informasi, selain itu mengadakan customer relations, community relations, governmental relations, press relations.

 

E. Saran

  1. INNA Garuda

Hotel Inna Garuda dalam menjalin hubungan dengan Travel Agents sebaiknya lebih ditingkatkan, walaupun selama ini sudah cukup baik. Sebagai hotel berbintang empat sebaiknya meningkatkan kecepatan dan keakuratan system komputer. Menambah fasilitas, misalnya Fitnes Center. Selain itu karayawan dan karyawati di Inna Garuda perlu regenerasi, Namun banyak nilai positif yang terdapat di Inna Garuda salah satunya adalah komunikasi yang terjalin dengan baik sehingga menumbuhkan rasa kekeluargaan dan kekerabatan yang baik sehingga menciptakan kerjasama yang cukup solid antar karyawan baik ke bawah maupun keatas.

  1. Bagi Universitas Sebelas Maret Khususnya Komunikasi Terapan:

Hendaknya lebih meningkatkan relasi dengan berbagai instansi sehingga mempermudah mahasiswa dalam menjalankan tugas KKM.

  1. Bagi panitia KKM :

Kinerja panitia KKM yang kurang terkoordinir sehingga peserta KKM merasa kurang terbantu.

 

Contoh Tesis Komunikasi

  1. Lesbianisme Dalam Novel (Studi Semiotika Tentang Makna Lesbianisme Dalam Novel Gerhana
  2. Aktivitas Marketing Public Relations Dalam Membina Hubungan Dengan Travel
  3. Kegiatan Pemberitaan Dalam Meningkatkan Kinerja Humas Pemerintahan Kabupaten Boyolali
  4. Peran Kameraman Dalam Proses Penyampaian Berita Pada Program Berita Di Global Tv
  5. Tugas Produser Dan Pelaksanaan Produksi Program Acara Televisi Di Stasiun Jogja Tv

 

Leave a Reply