HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp), 0857.0.1111.632(IM3), email:IDTesis@gmail.com BBM:2B7D0DB6

Potensi dan Pengembangan Obyek Wisata Alam Gua Tembus Di Kabupaten Wonogiri

ABSTRAK

Penulisan laporan ini mempunyai beberapa rumusan masalah antara lain, Apa latar belakang dan syarat dijadikannya Gua Tembus sebagai Obyek Wisata Kota Wonogiri? Potensi apa yang dapat memungkinkan untuk dikembangkan di Gua Tembus? dan kendala apa yang dihadapi dalam pengembangan Gua Tembus dan bagaimana usaha pengembangannya, sedangkan tujuan dari penulis Laporan Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui sejarah Obyek Wisata Alam Gua Tembus, mengetahui potensi yang dapat memungkinkan untuk dikembangkan di Obyek Wisata Alam Gua Tembus, serta untuk mengetahui Pengembangan yang dilakukan dalam rangka menarik minat wisatawan untuk datang mengunjungi Obyek Wisata Alam Gua Tembus.

Adapun beberapa manfaat penulisan Tugas Akhir ini adalah secara teoretis atau untuk meningkatkan pengetahuan pembaca pada umumnya tentang Gua Tembus dan secara praktis sebagai upaya pengenalan Obyek Wisata Alam Gua Tembus kepada pembaca dan usaha dalam menarik minat wisatawan baik domestik maupun mancanegara, menambah pengalaman penulis lewat penelitian yang dilakukan dan penulis mempelajari teori umum tentang Gua, Laporan Tugas Akhir ini menggunakan Metodologi Penelitian dengan Teknik Pengumpulan Data dengan cara observasi ke obyek wisata Gua Tembus, dilanjutkan wawancara dengan beberapa informan serta mencari dokumen berupa arsip-arsip atau laporan tertulis mengenai obyek wisata tersebut.

Hasil penelitian ini diketahui bahwa obyek dan daya tarik wisata Gua Tembus mempunyai potensi dan daya tarik tersendiri, oleh karena itu pengelola telah membuat beberapa program-program untuk mengembangkan Obyek Wisata Gua Tembus yakni berupa program jangka pendek dan program jangka panjang, sehingga dapat disimpulkan bahwa obyek dan daya tarik wisata Gua Tembus memiliki potensi yang sangat besar, yang dalam pengembangannya diperlukan peran serta dari masyarakat dan ketersediaan sumber daya manusia yang berkualitas.

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Kekayaan alam Indonesia dan keanekaragaman budaya menjadi daya tarik bagi wisatawan manca negara, maka pemerintah dengan segala upaya berusaha untuk menggali potensi tersebut menjadi sumber daya bagi kepariwisataan Indonesia.

Indonesia memiliki banyak potensi dan sumber daya alam untuk dikembangkan menjadi obyek wisata yang menarik. Sebagian sumber daya alam tersebut telah dimanfaatkan dan dikembangkan menjadi beberapa obyek wisata yang menarik. Daya tarik utama wisatawan yang berkunjung ke Indonesia adalah keindahan alam dan kekayaan seni budayanya, maka dari itu potensi yang menarik itu perlu dikembangkan seoptimal mungkin. Alam Indonesia sesungguhnya yang menyediakan obyek pariwisata luas dan menarik bagi wisatawan yang ingin menikmatinya.

Pracimantoro Kabupaten Wonogiri adalah salah satu kabupaten yang mempunyai letak yang strategis. Di Kabupaten Wonogiri beranekaragam obyek wisata yang menarik yang dapat dikunjungi. Obyek wisata alam yang terletak di kabupaten ini antara lain : pantai, gua, mata air, serta peninggalanpeninggalan atau petilasan.

Waduk Gajah Mungkur merupakan salah satu obyek wisata alam yang diunggulkan oleh Pemerintah daerah setempat dalam rangka menarik minat wisatawan untuk datang berkunjung ke obyek wisata yang ada di Pracimantoro Kabupaten Wonogiri, Pemerintah daerah setempat bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Wonogiri dalam pengembangan dan pengelolaan obyek-obyek wisata yang ada.

Aneka obyek yang memiliki daya tarik wisata mencakup berbagai jenis fenomena alam dan budaya yang dihasilkan oleh manusia. Dalam rangka pengembangan obyek wisata, Kabupaten Wonogiri telah menciptakan obyek-obyek Geowisata yang menarik dan mempesona. Secara umum, Geowisata adalah suatu jenis wisata yang menitikberatkan pada tujuan wisata alam bagi wisatawan yang dikemas secara khusus.

Gua Tembus terletak di desa Mudal Kelurahan Gebangharjo Kabupaten Wonogiri, yang pertama kali dikembangkan oleh Presiden Soeharto sekitar tahun 1970. Bupati Wonogiri mempunyai rencana untuk mengembangkan dan meresmikan obyek wisata Gua tembus di Kabupaten Wonogiri karena Bupati Wonogiri mempunyai keyakinan bahwa Gua Tembus dapat berkembang. Gua Tembus mempunyai daya tarik tersendiri yang membedakan dengan gua-gua lainnya.

Gua Tembus ini oleh Bupati Wonogiri direncanakan pengembangan tahun 2007 tetapi belum ada keputusan atau ijin dari Bupati untuk mengelola obyek wisata Gua Tembus, sehingga tahun 2008 ini baru memulai proses pengembangan lebih lanjut yaitu dengan di renovasi kembali Gua Tembus, agar wisatawan lebih tertarik dan dapat dinikmati Gua Tembus tersebut dengan sepuasnya.

Berdasarkan pemahaman, permasalahan tersebut, maka tertarik untuk mengambil judul “Obyek Wisata Alam Gua Tembus” yang merupakan salah satu potensi yang perlu dikembangkan di Kabupaten Wonogiri.

Tags:
Leave a Reply

Current ye@r *

Alamat :

Jl Veteran Gang Satria UH II / 1060 Muja-Muju Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta (Belakang Pegadaian Syariah Jln Veteran)

HP AS : 0852.2588.7747 

HP IM3 : 0857.0.1111.632

Stat