HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Portofolio: Alternatif Investasi dan Pembentukan Portofolio Optimal pd PT. BRI

Judul Tesis: Alternatif Investasi dan Pembentukan Portofolio Optimal pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk

 

A. Latar Belakang

Perkembangan dunia bisnis yang semakin ketat dewasa ini menciptakan suatu persaingan yang semakin tajam antar perusahaan. Persaingan bagi kelangsungan hidup dan perkembangan menjadi perusahaan besar dalam dunia usaha menjadi tantangan perusahaan dalam operasinya. Menghadapi persaingan tersebut, perusahaan dihadapkan pada tuntutan agar mempunyai keunggulan bersaing baik dalam teknologi, produk yang dihasilkan, maupun sumber daya manusianya. Namun, untuk memiliki keunggulan itu, perusahaan memerlukan investasi besar dengan kebutuhan dana yang besar pula.

Keterbatasan dana yang dimiliki perusahaan seringkali menjadi salah satu faktor penghambat pertumbuhan perusahaan menjadi perusahaan besar dan memiliki keunggulan bersaing atas produk-produk yang dihasilkannya. Untuk mengatasi keterbatasan dana itu, perusahaan harus mencari sumber-sumber pendanaan yang dapat menyediakan dana dalam jumlah besar untuk membiayai investasi baru yang dilakukan perusahaan yang juga semakin besar.

 

B. Perumusan Masalah

  1. Bagaimana membentuk portofolio aset yang optimal bagi PT Bank Rakyat Indonesia?
  2. Apakah terdapat perbedaan antara rata-rata hasil portofolio aset yang ada dengan rata-rata hasil portofolio yang akan dibentuk?

 

C. Tinjauan Literatur

Investasi

Investasi adalah kegiatan menanamkan modal, dengan harapan pada waktunya nanti pemilik modal mendapatkan sejumlah keuntungan dari hasil penanaman modal tersebut. Menurut Sunariyah (2003;4), terdapat dua jenis investasi, yaitu:

  1. Investasi dalam bentuk aktiva riil (riil assets) : Aktiva riil adalah aktiva berwujud seperti bangunan, mesin, peralatan, dan barang tak bergerak lainnya.
  2. Investasi dalam bentuk surat-surat berharga atau sekuritas (marketable securities atau financial assets): Investasi surat-surat berharga yang pada dasarnya merupakan klaim atas aktiva riil yang dikuasai oleh suatu entitas.

 

Definisi Portofolio

Menurut Suad Husnan (1994;10) portofolio adalah sekelompok bentuk investasi. Investasi adalah penukaran uang dengan bentuk-bentuk kekayaan yang lain, seperti saham atau harta tak bergerak, yang diharapkan dapat ditahan selama periode waktu tertentu supaya dapat menghasilkan pendapatan. Dalam teori ekonomi umumnya, investasi berarti pembelian alat-alat produksi (termasuk barang-barang untuk dijual) dengan modal berupa uang atau yang lainnya.

 

D. Metode Penelitian

Dalam penelitian ini digunakan jenis penelitian deskriptif analitis yaitu penelitian yang dilakukan untuk memperlihatkan dan menguraikan keadaan objek penelitian.

Objek dalam penelitian ini adalah PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk dalam hubungannya dengan mengukur tingkat portofolio yamg efisien, bagaimana membentuk suatu portofolio.

Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder.

 

E. Kesimpulan

  1. Komposisi portofolio aktiva produktif BRI selama periode penelitian terdiri dari enam jenis aktiva produktif yaitu kredit yang diberikan (Rp), efek-efek (Rp), penempatan pada bank lain (Rp), kredit yang diberikan (valas), efek-efek (valas) dan penempatan pada bank lain (valas). Berdasarkan data rata-rata outstanding posisi triwulan 2004 hingga 2006 terlihat bahwa kredit yang diberikan dalam rupiah mendominasi aktiva produktif di BRI, dimana komposisinya mencapai 62,85% atau sebesar Rp. 65.721.052,- kemudian diikuti efek-efek (Rp) sebesar 19,8% atau Rp. 20.712.994,- dan kredit yang diberikan (Rp) sebesar 10,15% atau Rp. 10.613.831,-.
  2. Kombinasi yang dihasilkan pada aset portofolio semua aktiva produktif sebanyak 65 kombinasi dan setelah dihitung reward to variability ratio terdapat satu kombinasi yang optimal yaitu 46,8% kredit yang diberikan (Rp), 27,34% efek-efek (Rp) 7,61% kredit yang diberikan 7,36% efekefek (valas) dan 10,9% penempatan bank lain(valas) sedangkan untuk penempatan pada bank lain (valas) adalah 0% dengan rata-rata return 26,50% dan deviasi standar 10,80%.
  3. Hasil statistik menunjukan nilai t = 0,196 lebih kecil dari nilai CV = 1,657 yang berarti rata-rata return hasil portofolio yang sudah ada (existing) dengan rata-rata return portofolio optimal yang disusun adalah sama. Sehingga disimpulkan bahwa rata-rata return dari portofolio yang sudah ada (existing) dengan rata-rata return portofolio optimal yang dibentuk tidak terdapat perbedaan yang cukup signifikan , dengan tingkat kesalahan pada (? = 5%).

Contoh Tesis Portofolio Optimal

  1. Alternatif Investasi dan Pembentukan Portofolio Optimal pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero)
  2. Analisis Pengaruh Pasto 1988 terhadap Pola Penanaman Dana Masyarakat dan Portofolio Optimalnya pada Bank Umum di Indonesia
Incoming search terms:

Leave a Reply