HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Peran Humas Setda Kabupaten Klaten Dalam Pembentukan Citra Positif

BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

Kemajuan zaman mendorong manusia untuk berfikir lebih modern ditunjang lagi dengan perkembangan ilmu dan teknologi yang semakin pesat menyebabkan kebutuhan manusia akan informasi juga meningkat, dan seiring dengan perkembangan teknologi tersebut informasi yang dibutuhkan manusia semakin mudah untuk diakses,misalnya dengan menggunakan internet yang sekarang ini bisa di akses dengan mudah lewat telepon genggam. Kegiatan yang berhubungan dengan komunikasi dan informasi ini peran Public relations(PR) atau hubungan masyarakat (Humas) sangat penting, mengingat Public relation (PR) atau yang lebih dikenal masyarakat dengan humas (Hubungan Masyarakat) mampu menjembatani antara public dengan organisasi atau lembaga tertentu, sehingga akan tercipta saling pengertian dan akan menimbulkan hubungan yang baik dan kepercayaan dari public terhadap organisasi atau lembaga tersebut.

Selain itu mengingat ruang lingkup Public relations atau hubungan masyarakat sangat luas dan berhubungan dengan beragam karakter maupun sifat, sehingga diera globalisasi ini Public relations sangat dibutuhkan dan mempunyai peran yang sangat penting oleh perusahaan, organisasi maupun instansi. Peran Public relations di perusahaan, organisasi maupun instansi tidak jauh berbeda yaitu sama- sama berhubungan dengan public entah itu public internal maupun public eksternal yang berkaitan erat dengan masalah informasi. Tetapi Public relations dalam suatu perusahaan atau organisasi lebih terlihat atau menonjol di bandingkan Public relations instansi. Hal itu disebabkan Public relations di perusahaan ataupun organiasasi keberadaannya sangat penting karena Public relations disini mempunyai wewenang untuk ikut campur tangan dalam pengambilan keputusan atau kebijakan sehingga selalu dituntut untuk berfikir kreatif dan kinerja yang dilakukan bersifat mencari laba atau keuntungan. sedangkan Public relations di instansi hanya berperan untuk publikasi atau promosi kebijakan-kebijakan pemerintah tanpa ikut andil dalam pembuatan kebijakan tersebut serta keberadaanya terkesan bersifat seperti pelengkap saja.

Kegiatan – kegiatan yang dilakukan seorang Public relations atau hubungan masyarakat bertujuan untuk menyelaraskan sebuah perusahaan, organisasi maupun instansi dengan kebutuhan dan keinginan public baik public eksternal maupun public internal selain itu juga untuk memberikan pengertian yang menimbulkan citra atau kesan yang positif dimata masyarakat. Hal itu dikarenakan fungsi dan tugas pokok Public relations atau hubungan masyarakat adalah sebagai image builder (pembangun citra) dari sebuah organisasi atau lembaga tertentu.

Organisasi atau lembaga yang baik adalah organisasi atau lembaga yang mempunyai citra positif yang selalu menempati hati atau tertanam dalam benak (mindset) para pelanggannya, setiap citra positif yang ditampilkan oleh organisasi atau lembaga terhadap publicnya membuat public (pelanggan) akan meletakkan keyakinannya pada organisasi atau lembaga tersebut, Kantor Informasi dan Kehumasan yang mengalami perubahan struktural menjadi bagian Humas Setda Pemerintah Kabupaten Klaten adalah instansi yang mengurusi segala informasi yang berhubungan dengan Pemerintah Kabupaten Klaten, dan Humas Setda ini merupakan badan atau instansi yang menjembatani komunikasi antara public internal maupun public eksternal dengan Pemerintah Kabupaten Klaten, dan mengingat adanya perubahan sturktural tersebut Humas Setda Klaten berupaya semakin meningkatkan kinerjanya, dengan selalu berusaha memberikan pelayanan yang terbaik, sehingga dalam berbagai kegiatan yang dilakukan Humas Setda Klaten berupaya menciptakan kepercayaan public dan membentuk image atau citra positif terhadap Pemerintah Kabupaten Klaten.

Humas Setda Klaten merupakan instansi yang bertugas melaksanakan kebijakan dan kepemimpinan yang akan membina kepercayaan public dan menambah pengertian mereka serta membentuk citra positif Pemerintah Kabupaten Klaten dan mengurusi segala informasi yang berhubungan dengan Pemerintah Kabupaten Klaten, sehingga Humas Setda Klaten merupakan instansi yang selalu melakukan dan membina hubungan baik dengan public.

Sehubungan dengan diadakannya Program Kuliah Kerja Media (KKM) DIII Public Relations yang merupakan kegiatan perkuliahan dalam bentuk observasi dan penerapan praktik-praktik kerja secara nyata dan langsung dalam perusahaan, lembaga atau institusi khususnya dalam bidang humas. Penulis menjatuhkan pilihan Kuliah Kerja Media di Sub Bagian Informasi, Publikasi dan Dokumentasi Humas Setda Pemerintah Kabupaten Klaten dikarenakan penulis ingin mengetahui bagaimana peran Humas Setda Klaten dalam pembentukan citra positif pemerintah kabupaten di mata publicnya. Dalam kesempatan ini pula penulis dapat mempraktekkan semua teori yang telah didapatkan dibangku kuliah serta sebagai tempat untuk mengembangkan kemampuan penulis di bidang komunikasi khususnya Public relations supaya menjadi terampil dan memiliki wawasan yang luas tentang dunia kerja, selain itu jarak tempat kuliah kerja media lebih mudah dijangkau penulis yang tinggal di Kabupaten Klaten.

Berikut adalah link Contoh Skripsi Hubungan Masyarakat (Humas)

Leave a Reply