HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Pendidikan: Desain Web E-Learning sbg Alternatif Pembelajaran

Judul Skripsi : Desain Web E-Learning sebagai Alternatif Pembelajaran di Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Semarang

 

A. Latar Belakang

Pembelajaran merupakan unsur yang sangat penting dalam pendidikan di Indonesia. Dalam pembelajaran terdapat berbagai macam strategi dan metode yang dapat digunakan sesuai dengan kondisi yang ada. Terlaksananya strategi pembelajaran yang meliputi pengajaran, diskusi, membaca, penugasan, presentasi dan evaluasi tergantung satu atau lebih tiga mode dasar dialog/komunikasi sebagai berikut (Boettcher, 1999):

    1. Dialog/komunikasi antara guru dengan siswa.
    2. Dialog/komunikasi antara siswa dengan sumber belajar.
    3. Dialog/komunikasi diantara siswa.

Sejak diperkenalkan pertama kalinya pada khalayak umum, internet telah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Jaringan komunikasi ini telah merambah ke berbagai pelosok dunia dengan kecepatan yang luar biasa. Pada tahun 1999, tercatat lebih dari 100 juta orang di dunia yang memakai internet. Pemakaian internet ini akan mengalami peningkatan sejalan dengan kesadaran masyarakat dunia dalam menyikapi berbagai informasi dan berbagai kelebihan yang disediakan oleh internet. Bahkan IDC memperkirakan adanya penambahan kegiatan berinternet dua kali lipat setiap 100 hari. Lembaga ini juga memperkirakan bahwa pada tahun 2005, masyarakat pengguna internet akan bertambah menjadi 1 miliar orang.

 

B. Fokus Masalah

Berdasarkan identifikasi masalah yang telah dikemukakan, maka masalah yang akan diangkat adalah bagaimana mendesain sebuah web e-learning yang dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran tatap muka (dalam kelas) di Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan.

 

C. Penegasan Istilah

Web

Web adalah sebuah layanan yang didapat oleh pemakai komputer apabila komputernya tersambung dengan internet. Dengan web pengguna komputer di seluruh penjuru dunia dapat saling berinteraksi dengan pengguna internet lainnya tanpa harus beranjak dari tempat dimana internet tersebut diakses.

 

Internet

Internet merupakan kependekan dari International Networking yang berarti jaringan komputer berskala internasional/global yang dapat membuat masing-masing komputer saling berinteraksi. Dalam hal ini komputer yang dahulunya stand alone dapat berhubungan langsung dengan host-host atau komputer-komputer yang lainnya.

Pembelajaran

Pembelajaran adalah suatu usaha yang disengaja, bertujuan dan terkendali agar orang lain belajar atau terjadi perubahan yang relatif menetap pada diri orang lain. Usaha ini dapat dilakukan oleh seseorang atau suatu tim yang memiliki kemampuan dan kompetensi dalam merancang dan mengembangkan sumber belajar yang diperlukan (Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, 2004).

 

D. Metode Penelitian

Metode pengembangan memakai SDLC (System Development Life Cycle) dengan berfokus pada pengembangan program.

Uji coba terhadap program dilakukan dengan terhadap 30 orang mahasiswa dengan menggunakan pendekatan Mixed Approach Design (MAD).

Pendekatan ini merupakan pendekatan yang menggabungkan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, tetapi dalam penelitian ini pendekatan kualitatif lebih dominan daripada pendekatan kuantitatif. Penelitian terhadap user dilakukan dengan menggunakan angket terbuka yang didukung dengan dokumentasi dan observasi.

 

E. Kesimpulan

  1. Script yang digunakan dalam desain web e-learning ini adalah HTML sebagai script untuk membuat tampilan, PHP yang digunakan sebagai server side script dan SQL yang digunakan dalam mengolah data dalam database.
  2. Web e-learning yang telah dibuat mempunyai tingkat kesulitan yangcukup rendah dalam cara pengoperasiannya, selain itu web ini juga dinilai cukup interaktif (meskipun secara asychronous).
  3. Fasilitas pembelajaran yang terdapat dalam web e-learning ini cukup lengkap. Hal ini ditandai dengan adanya form materi, form soal dan form jawaban yang dapat digunakan untuk pembelajaran online.

Contoh Skripsi Pendidikan

  1. Bimbingan Belajar Pada Siswa SD Kelas III yang Mengalami Kesulitan Belajar Berhitung dalam Operasi Penjumlahan Matematika di SD Negeri Kembang Arum 04 Kecamatan Semarang Barat Kota Semarang
  2. Desain Web E-Learning Sebagai Alternatif Pembelajaran di Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
  3. Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Pemberian Pujian dan Peraga
  4. Penerapan Metode Quantum Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA
  5. Pemahaman Guru IPS terhadap Penilaian Kelas berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan

 

Incoming search terms:

Leave a Reply