HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Ekonomi: Kebijakan Dividen pd Perusahaan Manufaktur

Judul Skripsi : Hubungan Biaya Keagenan, Resiko Pasar dan Kesempatan Investasi dengan Kebijakan Dividen pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta

 

A. Latar Belakang

Keputusan pembagian dividen merupakan suatu masalah yang sering dihadapi oleh perusahaan. Manajemen sering mengalami kesulitan untuk memutuskan apakah akan membagi dividennya atau akan menahan laba untuk diinvestasikan kembali kepada proyek-proyek yang menguntungkan guna meningkatkan pertumbuhan perusahaan.

Pasar modal merupakan jembatan untuk mendistribusikan kesejahteraan kepada masyarakat khususnya kepada pemegang surat berharga perusahaan, misalnya pemegang surat berharga akan menerima dividen dan capital gains (Machfoedz & Na’im, 1996). Besarnya dividen tergantung besarnya laba yang diperoleh perusahaan dan kebijakan dividen atau keputusan mengenai besarnya bagian keuntungan yang akan dibagikan kepada pemegang saham dan bagian yang akan ditahan oleh perusahaan sebagai retained earnings (Levy & Sarnat, 1990). Perbandingan antara dividen dan keuntungan merupakan rasio pembayaran dividen (dividend payout ratio).

 

B. Rumusan Masalah

Apakah terdapat hubungan antara biaya keagenan, resiko pasar dan kesempatan investasi dengan kebijakan dividen?

C. Kajian Pustaka Skripsi

Kebijakan Dividen

Kebijakan dividen adalah keputusan mengenai apakah laba yang diperoleh perusahaan akan dibagikan kepada pemegang saham sebagai dividen atau akan ditahan dalam bentuk laba ditahan guna pembiayaan investasi di masa datang. Laba ditahan merupakan salah satu sumber dana yang paling penting untuk membiayai pertumbuhan perusahaan, sedangkan dividen merupakan pembagian keuntungan yang diberikan perusahaan penerbit saham atas keuntungan yang dihasilkan perusahaan (Husnan, 1994).

Teori Kebijakan Dividen

Kebijkan dividen sampai saat ini masih merupakan teka-teki (puzzle) yang masih diperdebatkan. Perdebatan itu berkisar tentang apakah dividen dapat dikatakan sebagai good news atau bad news bagi pemegang saham atau dengan kata lain bahwa dapatkah dividen itu dijadikan sebagai sinyal tentang nilai suatu perusahaan (value of the firm) dimasa sekarang dan masa yang akan datang.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kebijakan Dividen

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kebijakan dividen suatu perusahaan, antara lain yang dikemukakan oleh Bambang Riyanto (1995) bahwa kebijakan dividen dipengaruhi oleh:

  1. Posisi Likuiditas Perusahaan
  2. Tingkat Pertumbuhan Perusahaan
  3. Kebutuhan Dana untuk Membayar Hutang
  4. Pengawasan terhadap Perusahaan

 

D. Metode Penelitian

Sesuai permasalahan yang diteliti, maka variabel penelitian ini adalah Biaya Keagenan (BETA), Resiko Pasar (SALESG) dan Kesempatan Investasi (AGENCYC). Alat pengujian hipotesis yang digunakan adalah Metode Uji T.

 

E. Kesimpulan

Berdasarkan uji pengaruh bersama dari regresi berganda, diperoleh P-value nilai F yang cukup signifikan, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan regresi antara dividen payout ratio (DPR) dengan seperangkat variable biaya keagenan (AGENCYC), resiko pasar (BETA), dan kesempatan investasi (SALESG).

Hasil pengujian secara individual menunjukkan bahwa terdapat dua variable yang memiliki P-value nilai t signifikan, yaitu variabel resiko pasar (BETA) dan kesempatan investasi (SALESG), sedangkan variabel biaya keagenan (AGENCYC) tidak berpengaruh secara signifikan. Hal tersebut menunjukkan kebijakan dividen yang dibuat oleh manajemen belum mempertimbangkan biaya keagenan dan faktor yang perlu dipertimbangkan adalah resiko pasar dan kesempatan investasi.

 

Contoh Skripsi Ekonomi

  1. Faktor yang Mempengaruhi Kelengkapan Pengungkapan Laporan Keuangan pada Perusahaan
  2. Hubungan Biaya Keagenan, Resiko Pasar dan Kesempatan Investasi dengan Kebijakan Dividen
  3. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan
  4. Analisis Komparasi Sistem Hukum Pajak
  5. Analisis Perilaku Konsumen terhadap Produk

 

 

Incoming search terms:

Leave a Reply