HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Ekonomi: Faktor Pengaruh Struktur Modal pd Perusahaan Manufaktur Go Public di BEJ

Judul Skripsi : Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal pada Perusahaan Manufaktur Go Public di Bursa Efek Jakarta (BEJ) Tahun 2003-2005

 

A. Latar Belakang Skripsi

Perusahaan yang menginginkan agar dapat hidup dan terus berkembang selalu membutuhkan modal untuk dapat membiayai kegiatan operasional perusahaan. Modal yang digunakan perusahaan berasal dari modal internal perusahaan yaitu modal sendiri (equity) dan external yaitu berasal dari hutang (debt), Arti pentingnya modal bagi perusahaan tidak hanya mempertahankan likuiditas tetapi unsur penting adalah aspek efisiensi. Efisiensi baru dapat diketahui dengan laba yang diperoleh itu dengan kekayaan atau modal yang menghasilkan laba tersebut atau dengan kata lain adalah menghitung rentabilitas. Dengan demikian maka yang harus diperhatikan perusahaan adalah bagaimana usaha untuk memperbesar laba, tetapi yang penting adalah usaha untuk mempertinggi rentabilitas. Berhubungan dengan itu, maka bagi perusa aan akan lebih diarahkan untuk mendapat titik rentabilitas maxsimal dari pada laba maximal (Riyanto,1992:29).

Dalam melakukan kegiatan sehari-hari perusahaan melakukan usahanya agar dapat berkembang dari tahun ke tahun membutuhkan modal. Setiap perkembangan usaha juga diikuti dengan meningkatnya kebutuhan akan modal semakin besar, kenaikan modal tidak selalu diikuti kenaikan rentabilitas karena kenaikan modal belum dapat menentukan keuntungan atau kerugian penggunaan modal tersebut, ini bisa dilihat dalam rasio yang dihasilkan dari periode ke periode berikutnya, dengan mengetahui perkembangan modal maka apabila terjadi penurunan. Pihak management perusahaan dapat bertindak mengambil kebijaksanaan untuk mengetahui permasalahan yang terjadi pada perusahaan.

 

B. Perumusan Masalah

  1. Seberapa besar pengaruh ukuran perusahaan, risiko bisnis, pertumbuhan aktiva, profitabilitas, struktur kepemilikan secara parsial terhadap struktur modal pada perusahaan manufaktur yang go public di Bursa Efek Jakarta tahun 2003-2005?
  2. Seberapa besar pengaruh ukuran perusahaan, risiko bisnis, pertumbuhan aktiva, profitabilitas, struktur kepemilikan secara simultan terhadap struktur modal pada perusahaan manufaktur yang go public di Bursa Efek Jakarta tahun 2003-2005?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Struktur Modal

Struktur Modal ditentukan perbandingan antara hutang jangka panjang dan modal sendiri yang digunakan perusahaan (Riyanto, 2001; 296) Struktur modal merupakan kombinasi antara bauran segenap pos yang masuk ke dalam sisi kanan neraca sumber modal perusahaan. Pengertian struktur modal dibedakan dengan struktur keuangan, dimana struktur modal merupakan pembelanjaan permanen yang mencerminkan antara hutang jangka panjang dengan modal sendiri, sedangkan struktur keuangan mencerminkan perimbangan seluruh hutang (baik jangka panjang maupun jangka pendek) dengan modal sendiri (Weston dan Brigham, 1994: 97).

Ukuran Perusahaan

Ukuran Perusahaan menggambarkan besar kecilnya suatu perusahaan yang ditujukan pada total aktiva, jumlah penjualan, rata – rata penjualan dan rata rata total aktiva (Sujianto, 2001:129) Ukuran aktiva yaitu rata – rata penjualan bersih untuk tahun yang bersangkutan sampai beberapa tahun (Brigham dan Houston, 2001; 117-119) Dalam hal ini penjualan lebih besar dari pada biaya variabel dan biaya tetap, maka akan diperoleh pendapatan sebelum pajak sebaliknya, jika penjualan lebih kecil dari variabel dan biaya tetap maka perusahaan akan menderita kerugian.

Pengertian Profitabilitas

Profitabilitas adalah kemampuan perusahaan untuk memperoleh laba dalam periade tertentu (Riyanto, 1990: 28). Dimana masing-masing pengukuran profitabilitas dihubungkan dengan penjualan, total aktiva, dan modal sendiri. Secara keseluruhan ketiga pengukuran itu memungkinkan seorang penganalisa untuk mengevaluasi tingkat earning dalam hubungan dengan volume penjualan, jumlah aktiva dan investasi tertentu dari pemilik perusahaan, didalam akuntansi digunakan prosedur penentuan laba atau rugi periodic dengan didasarkan pada pengaruh transaksi-transaksi yang sesungguhnya terjadi mengakibatkan timbulnya pendapatan dan biaya – biaya sebagai elemen yang membentuk laba atau rugi dalam suatu periode.

 

D. Metodelogi Penelitian

Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di BEJ (Bursa Efek Jakarta) atau Listed Tahun 2003-2005.

Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah dengan metode Cluster propotional random sampling atau sampel kelompok.

Variabel penelitian dapat dibedakan menjadi dua yaitu variabel pengaruh (variabel bebas) dan variable terpengaruh (variabel terikat).

Seluruh data dalam penelitian ini adalah data sekunder, dengan demikian metode pengumpulan data adalah dengan mengumpulkan data yang dikumpulkan dari bebagai sumber antara lain data emiten yang tercatat di Bursa Efek Jakarta periode 2003-2005, dari literatur, jurnal-jurnal dan sumber lain yang terkait dengan permasalahan dalam penelitian.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif yang mempunyai tujuan untuk menyusun teori sebagai hasil induksi dan pengantar terhadap fakta (pengumpulan informasi).

 

E. Kesimpulan

  1. Dilihat dari uji parsial ternyata Ukuran Perusahaan, pertumbuhan aktiva, dan profitabilitas perusahaan yang mempunyai pengaruh nyata, dalam variabel yang mempunyai pengaruh terbesar adalah ukuran perusahaan sebesar 28,4% pertumbuhan aktiva sebesar 25,3% dan profitabilitas sebesar 17,14% yang berarti para menejer lebih memperhatikan ketiga faktor tersebut dalam pengambilan keputusan berkaitan dengan struktur modal.
  2. Secara simultan ukuran perusahaan, risiko bisnis, pertumbuhan asset, profitabilitas dan stuktur modal. Hal ini menunjukan bahwa dalam pengambilan keputusan mengenai struktur modal yang akan digunakan atau diterapkan, para manajer perusahaan manufaktur di BEJ mempertimbangkan ukuran perusahaan, risiko bisnis, pertumbuhan asset, profitabilitas dan struktur kepemilikan perusahaan yang ada saat itu.
  3. Dilihat dari koefisien determinasi ternyata diperoleh angka 35%, artinya ukuran perusahaan, risiko bisnis, pertumbuhan aset, profitabilitas dan struktur kepemilikan perusahaan secara bersama-sama berpengaruh terhadap struktur modal sedangkan sisanya sebesar 65% dipengaruhi oleh faktor lain.

 

Contoh Skripsi Ekonomi

  1. Analisis Faktor-Faktor yang berpengaruh terhadap Rasio Pembayaran Deviden
  2. Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal pada Perusahaan
  3. Faktor yang Mempengaruhi Mahasiswa Jurusan Ekonomi
  4. Fungsi Internal Hubungan Masyarakat pada Perusahaan Umum Bulog Divisi Regional
  5. Pengaruh Kompetensi dan Independensi Auditor terhadap Kualitas Audit

 

 

Leave a Reply