HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Ekonomi: Faktor Pengaruh trhdp Rasio Pembayaran Deviden pd Perusahaan Manufaktur

Judul Skripsi : Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Rasio Pembayaran Deviden pada Perusahaan Manufaktur yang Membagikan Deviden dan Terdaftar di BEJ Tahun 2003-2005

 

A. Latar Belakang

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi rasio pembayaran deviden, antara lain yang dikemukakan oleh Riyanto (2001:267), bahwa kebijakan deviden itu dipengaruhi oleh likuiditas, kebutuhan dana untuk membayar hutang, tingkat pertumbuhan, dan pengawasan terhadap perusahaan. Sedangkan yang dikemukakan oleh Hanafi (2004:378), bahwa rasio pembayaran deviden itu dipengaruhi oleh kesempatan investasi, profitabilitas, likuiditas, akses ke pasar uang, stabilitas pendapatan dan pembatasan-pembatasan.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Sri Sudarsi (2002), tentang “analisis faktor-faktor yang mempengaruhi devidend payout ratio pada industri perbankan yang listed di BEJ” di peroleh hasil bahwa cash position, profitabilitas, potensi pertumbuhan, ukuran perusahaan, dan debt to eqity ratio tidak mempunyai pengaruh terhadap devidend payout ratio. Hasil penelitian ini berbeda dengan teori yang dikemukakan oleh Riyanto dan Hanafi.

 

B. Rumusan Penelitian Skripsi

  1. Bagaimana cash position, profitability, firm size, debt to equity ratio dan devidend payout ratio pada perusahaan manufaktur yang membagikan deviden dan terdaftar di BEJ tahun 2003-2005?
  2. Apakah cash position, profitability, firm size dan debt to equity ratio berpengaruh secara simultan terhadap devidend payout ratio pada perusahaan manufaktur yang membagikan deviden dan terdaftar di BEJ tahun 2003-2005?

 

C. Tinjauan Pustaka

Pengertian deviden

Deviden merupakan nilai pendapatan bersih perusahaan setelah pajak dikurangi dengan laba ditahan (retained earnings) yang ditahan sebagai cadangan perusahaan (Ang 1997:6.8). Menurut Hanafi (2004:361), deviden merupakan kompensasi yang diterima oleh pemegang saham, disamping capital gain. Deviden ini untuk dibagikan kepada para pemegang saham sebagai keuntungan dari laba perusahaan. Deviden ditentukan berdasarkan dalam rapat umum anggota pemegang saham dan jenis pembayarannya tergantung kepada kebijakan pimpinan.

 

Pengertian kebijakan deviden

Kebijakan deviden merupakan bagian yang menyatu dengan keputusan pendanaan perusahaan. Rasio pembayaran deviden menentukan jumlah laba yang ditahan sebagai sumber pendanaan. Semakin besar laba ditahan semakin sedikit jumlah laba yang dialokasikan untuk pembayaran deviden. Alokasi penentuan laba sebagai laba ditahan dan pembayaran deviden merupakan aspek utama dalam kebijakan deviden (Wachowicz 1997:496).

 

Pendekatan dalam membahas kebijakan deviden

Menurut Gitosudarmo ( 2001: 227-228 ), terdapat dua pendekatan dalam membahas masalah deviden. Adapun dua pendekatan tersebut dijelaskan sebagai berikut:

  1. Sebagai kebijakan pembelanjaan jangka panjang
  2. Sebagai kebijaksanaan untuk memaksimumkan nilai perusahaan

 

D. Metodelogi Penelitian

Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang membagikan deviden dan terdaftar di BEJ tahun 2003-2005.

Adapun yang menjadi variabel dalam penelitian ini dapat dibedakan menjadi dua, yaitu variable terikat (Y) dan Variabel Bebas (X).

Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi yaitu cara pengumpulan data dengan menggunakan dokumen-dokumen yang berhubungan dengan penelitian ini.

Metode analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan bantuan

program komputer yaitu program SPSS.

 

E. Kesimpulan

  1. Nilai rata-rata cash position tahun 2003-2005 selalu mengalami penurunan dari tahun sebelumnya. Nilai rata-rata profitability tahun 2003-2005 adalah fluktuatif mengalami kenaikan dan penurunan dari tahun sebelumnya. Nilai rata-rata variabel  fim size  tahun 2003-2005 adalah selalu mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya. Nilai rata-rata variabel  debt to equity ratio tahun 2003-2005 adalah selalu mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya. Nilai rata-rata variabel  devidend payout  ratio tahun 2003-2005 adalah selalu mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya.
  2. Variabel cash posisition, profitability, firm size dan debt to equity ratio secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel devidend payout ratio pada perusahaan manufaktur yang membagikan deviden dan terdaftar di BEJ tahun 2003-2005. Nilai R2 atau nilai koefisien determinasi adalah sebesar 21,8%. Hal ini berarti 21,8% variasi devidend payout ratio bisa dijelaskan oleh variasi dari keempat variabel bebas sedangkan sisanya sebesar 78,2% dijelaskan oleh faktor-faktor lain diluar model.

 

Contoh Skripsi Ekonomi

  1. Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Rasio Pembayaran Deviden
  2. Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal pada Perusahaan
  3. Faktor yang Mempengaruhi Mahasiswa Jurusan Ekonomi
  4. Fungsi Internal Hubungan Masyarakat pada Perusahaan Umum Bulog Divisi Regional
  5. Pengaruh Kompetensi dan Independensi Auditor terhadap Kualitas Audit

Leave a Reply