HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Ekonomi: Struktur Modal pd Perusahaan Manufaktur Go Public di BEJ

Judul Skripsi: Faktor – Faktor yang Mempengaruhi  Struktur Modal pada Perusahaan Manufaktur Go Public Di Bursa Efek Jakarta (BEJ) Tahun 2003-2005

 

A. Latar Belakang

Banyak faktor yang mempengaruhi keputusan manajer dalam menentukan struktur modal perusahaan. Menurut Brigham dan Hauston (2001:6) dalam Saidi (2004) Faktor-faktor: risiko, bisnis, posisi pajak, fleksibilitas, keuangan dan konservatisme atau agresivitas management merupakan faktor-faktor yang menentukan keputusan struktur modal. Khususnya pada struktur modal yang ditargetkan secara lebih umum, faktor – faktor yang berpengaruh terhadap keputusan struktur modal, stabilitas penjualan, struktur aktiva, leverage operasi, tingkat pertumbuhan, profitabilitas pajak, pengendalian, sikap manajemen, sikap pemberi pinjaman, kondisi pasar, kondisi internal perusahaan dan fleksibilitas keuangan (Brigham dan Houston,2001:39). Menurut McCue dan Ozoan, (1992:333) struktur modal dipengaruhi oleh struktur aktiva, pertumbuhan aktiva, kemampulabaan, risiko, ukuran perusahaan dan kondisi pasar sistem pembayaran.

Dari uraian di atas maka peneliti memilih untuk penulisan ini dengan judul: ”FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRUKTUR MODAL PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR GO PUBLIC  DI BURSA EFEK JAKARTA TAHUN 2003-2005”.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Seberapa besar pengaruh ukuran perusahaan, risiko bisnis, pertumbuhan aktiva, profitabilitas, struktur kepemilikan secara parsial terhadap struktur modal pada perusahaan manufaktur yang go public di Bursa Efek Jakarta tahun 2003-2005?
  2. Seberapa besar pengaruh ukuran perusahaan, risiko bisnis, pertumbuhan aktiva, profitabilitas, struktur kepemilikan secara simultan terhadap struktur modal pada perusahaan manufaktur yang go public di Bursa Efek Jakarta tahun 2003-2005?

 

C. Tinjauan Pustaka

Pengertian Struktur Modal

Struktur Modal ditentukan perbandingan antara  hutang jangka panjang dan modal sendiri yang digunakan perusahaan (Riyanto, 2001; 296) Struktur modal merupakan kombinasi antara bauran segenap pos yang masuk ke dalam sisi kanan neraca sumber modal perusahaan. Pengertian struktur modal dibedakan dengan struktur keuangan, dimana struktur modal merupakan pembelanjaan permanen yang mencerminkan antara hutang jangka panjang dengan modal sendiri, sedangkan struktur keuangan mencerminkan perimbangan seluruh hutang (baik jangka panjang maupun jangka pendek) dengan modal sendiri (Weston dan  Brigham, 1994: 97).

 

Arti Pentingnya Struktur Modal

Setiap perusahaan membutuhkan dana untuk membiayai operasi perusahan, yang bisa dipenuhi dari pemilik modal sendiri atau dari pihak lain berupa hutang,  dana tersebut mempunyai modal yang ditanggung perusahaan.  Struktur Modal akan menentukan biaya modal. Biaya Modal adalah balas jasa yang harus dibayar perusahaan kepada masing – masing pihak yang menanamkan modal dalam perusahaan.

 

Risiko Bisnis

Risiko Bisnis adalah ketidakpastian yang melekat dalam proyeksi pengembalian aktiva masa depan. Risiko bisnis menurut Hamada (dalam Moh’d Perry dan Rimbey,1998) merupakan risiko yang mencakup financial leverage risk, dan operating leverage risk.

 

D. Metodelogi Penelitian Skripsi

Penelitian ini merupakan  studi empirik karena struktur penelitian disusun dengan tujuan membuktikan atau menguji hipotesis secara  empiris.

Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah dengan metode Cluster propotional random sampling atau sampel kelompok.

Variabel penelitian dapat dibedakan menjadi dua yaitu variabel pengaruh (variabel bebas) dan variabel terpengaruh (variabel terikat).

Seluruh data dalam penelitian ini adalah data sekunder.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif yang mempunyai tujuan untuk menyusun teori sebagai hasil induksi dan pengantar terhadap fakta (pengumpulan informasi).

 

E. Kesimpulan

  1. Dilihat dari uji parsial ternyata Ukuran Perusahaan, pertumbuhan aktiva, dan profitabilitas perusahaan yang mempunyai pengaruh nyata, dalam variabel yang mempunyai pengaruh terbesar adalah ukuran perusahaan sebesar 28,4% pertumbuhan aktiva sebesar 25,3% dan profitabilitas sebesar 17,14% yang berarti para menejer lebih memperhatikan ketiga faktor tersebut dalam pengambilan keputusan berkaitan dengan struktur modal.
  2. Secara simultan ukuran perusahaan, risiko bisnis, pertumbuhan asset, profitabilitas dan stuktur modal. Hal ini menunjukan bahwa dalam pengambilan keputusan mengenai struktur modal yang akan digunakan atau diterapkan, para manajer perusahaan manufaktur di BEJ mempertimbangkan ukuran perusahaan, risiko bisnis, pertumbuhan asset, profitabilitas dan struktur kepemilikan perusahaan yang ada saat itu.

 

Contoh Skripsi Ekonomi

  1. Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal pada Perusahaan
  2. Faktor yang Mempengaruhi Mahasiswa Jurusan Ekonomi
  3. Fungsi Internal Hubungan Masyarakat pada Perusahaan Umum Bulog Divisi Regional
  4. Pengaruh Kompetensi dan Independensi Auditor terhadap Kualitas Audit
  5. Pengaruh Komunikasi Intern terhadap Semangat Kerja Pegawai
Incoming search terms:

Leave a Reply