HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Kemampuan Rasio Leverage dan Informasi Arus Kas

Contoh Tesis – Analisis Kemampuan Rasio Leverage Dan Informasi Arus Kas Dalam Memprediksi Laba Perusahaan Yang Akan Datang

kemampuan rasio leverage Tesis Kemampuan Rasio Leverage dan Informasi Arus Kas

A. Latar Belakang Masalah

Penelitian tentang manfaat rasio keuangan dalam memprediksi laba perusahaan sangat dibutuhkan. Pentingnya penelitian tentang rasio keuangan dalam memprediksi laba dan pengujian kekuatan prediksi rasio keuangan terhadap laba antara berbagai periode untuk perusahaan didasarkan pada beberapa alasan.

Pertama, beberapa penelitian menguji kekuatan prediksi rasio keuangan terhadap pertumbuhan laba antara berbagai periode cenderung tidak konsisten.

Kedua, belum adanya keseragaman rasio keuangan yang harus dicantumkan pada perusahaan pada saat go public. Selain penggunaan rasio keuangan dari laporan keuangan perusahaan, informasi arus kas juga merupakan informasi yang dapat diandalkan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan ekonomi.

Laporan arus kas dapat memberikan informasi yang memungkinkan para pemakai untuk mengevaluasi perubahan dalam aktiva bersih perusahaan, struktur keuangan dan kemampuan untuk mempengaruhi jumlah serta arus kas dalam rangka adaptasi dengan peluang perubahan keadaan. Para pemodal ataupun pemakai laporan keuangan lebih membutuhkan informasi arus kas karena kas menggambarkan kemampuan perusahaan untuk selamat dan tidak terkontaminasi dengan masalah seperti pengukuran earnings.

Oleh karenanya, baik rasio keuangan maupun arus kas, keduanya merupakan informasi yang dapat diandalkan oleh para pemakai laporan keuangan dalam mengevaluasi kinerja perusahaan, dan berguna untuk mengambil keputusan ekonomi, seperti keputusan investasi dan pemberian kredit. Rasio keuangan dan arus kas merupakan keuntungan investasi modal (benefit of equity investment) dan menjadi informasi yang penting bagi investor untuk mengetahui perkembangannya.

B. Perumusan Masalah

Berdasarkan uraian tersebut di atas, maka pokok permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:

  1. Apakah rasio leverage (Long Term Debt to Total Assets / LTD-TA) mampu memprediksi laba perusahaan di masa yang akan datang?
  2. Apakah informasi arus kas (arus kas operasi, arus kas investasi, dan arus kas pendanaan) mampu memprediksi laba perusahaan di masa yang akan datang?

 C. Tujuan Penelitian

Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut:

  1. Menganalisis kemampuan leverage (Long Term Debt to Total Assets / LTD-TA) dalam memprediksi laba perusahaan di masa yang akan datang.
  2. Menganalisis kemampuan informasi arus kas (arus kas operasi, arus kas investasi, dan arus kas pendanaan) dalam memprediksi laba perusahaan di masa yang akan datang.

 D. Kesimpulan

Berdasarkan pada hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut:

  1. Berdasarkan hasil uji F, diketahui bahwa sig F hitung < 0,05. Hal ini berarti bahwa Long Term Debt to Total Assets (LTD-TA), arus kas operasi, arus kas investasi, dan arus kas pendanaan berpengaruh signifikan terhadap laba di masa yang akan datang secara bersama-sama. Hasil output pengujian SPSS juga menjelaskan bahwa variabel dependen dalam hal ini Laba Akuntansi (LA) dapat dijelaskan sebesar 59,2% oleh variabel-variabel independennya. Hal itu terlihat dari nilai adjusted R Square sebesar 0,592. Sedangkan sebesar 40,8% variabel LA dijelaskan oleh variabel lain yang tidak tercantum dalam model.
  2. Berdasarkan hasil uji t yang telah dilakukan, disimpulkan bahwa variabel Long Term Debt to Total Assets (LTD-TA) berpengaruh signifikan pada laba yang akan datang, dengan nilai signifikansi sebesar 0,006 yang berada di bawah 0,05. Variabel arus kas operasi berpengaruh signifikan pada laba yang akan datang dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berada di bawah 0,05. Variabel arus kas investasi tidak berpengaruh signifikan pada laba yang akan datang laba yang akan datang dengan nilai signifikansi sebesar 0,933 yang berada di atas 0,05 dan nilai t sebesar -0,084. Variabel arus kas pendanaan tidak berpengaruh signifikan pada laba yang akan datang dengan nilai signifikansi sebesar 0,393 yang berada di di atas 0,05 dan nilai t sebesar -0,857.

Leave a Reply