HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Teori Lengkap tentang Marketing Channels menurut Para Ahli dan Contoh Tesis Marketing Channels

Gambaran dari Marketing Channels

Pengertian Marketing Channels

Saluran pemasaran (marketing channels) merupakan sekelompok organisasi yang saling bergantung, mempunyai beragam fungsi serta terlibat dalam pembuatan produk atau jasa yang disediakan untuk digunakan atau dikonsumsi. Sebagian besar produsen membutuhkan saluran pemasaran guna menjual produk atau jasanya sampai ke pengguna akhir.

Seperti yang dikutip dari wikipedia.org marketing channel adalah serangkaian aktifitas yang dilakukan untuk menyampaikan barang dari produsen ke konsumen, dan proses ini biasa dikenal sebagai distribusi channel. Sangat penting untuk mengetahui bagaimana barang anda sampai ke pelanggan agar anda memiliki gambaran umum tentang barang anda dari awal dibuat hingga di jual.

 

Teori Lengkap tentang Marketing Channels menurut Para Ahli dan Contoh Tesis Marketing Channels

 

Sebagai contoh misalnya sereal sarapan. Alurnya diawali dari ladang gandum dimana bahan ini adalah bahan utama untuk memproduksi sereal. Kemudian gandum tersebut menuju tempat pengolahan gandum dilanjutkan ke pabrik sereal setelah itu dikirim ke distributor hingga akhirnya berada di rak-rak pusat perbelanjaan. Titik akhir dari alur ini adalah ketika sereal tersaji di mangkuk sarapan seseorang. Alur ini mencakup setiap titik yang dilalui oleh sereal tersebut.

Peran Saluran Pemasaran

Produsen seringkali bisa mendapatkan efektivitas dan efisiensi dalam melakukan penjualan dengan menggunakan perantara. Melalui kontak, pengalaman, spesialisasi, dan skala operasi mereka, perantara membuat barang tersedia secara luas dan dapat diakses oleh pasar sasaran, dan biasanya menawarkan pencapaian yang lebih besar dari pada pencapaian yang dilakukan oleh perusahaan sendiri.

Fungsi dan Aliran Saluran

Saluran pemasaran berfungsi untuk menggerakkan barang dari produsen ke konsumen. Saluran pemasaran mengatasi kesenjangan waktu, tempat, dan kepemilikan yang memisahkan barang dan jasa dari mereka yang memerlukan atau menginginkannya. Anggota saluran pemasaran melaksanakan sejumlah fungsi kunci.

Beberapa fungsi (fissik, hak, milik, promosi) membentuk aliran aktivitas ke depan dari perusahaan kepada pelanggan, fungsi lain (pemesanan dan pembayaran) membentuk aliran ke belakang dari pelanggan ke perusahaan. Akan tetapi, fungsi lain (informasi, negosiasi, keuangan, dan resiko) terjadi dalam dua arah. Produsen yang menjual produk fisik dan jasa mungkin memerlukan tiga saluran :

  1. Saluran pejualan.
  2. Saluran pengiriman.
  3. Saluran jasa.

Teori-teori dari gambar Marketing Channels

Tingkatan Saluran

Produsen dan pelanggan akhir merupakan bagian dari semua saluran. Kita akan menggunakan jumlah tingkat perantara untuk menentukan panjang saluran. Berikut ini akan menunjukkan beberapa saluran pemasaran barang konsumen dengan panjang yang beragam :

Teori Lengkap tentang Marketing Channels menurut Para Ahli dan Contoh Tesis Marketing Channels

 

  • Aliran fisik.

Pemasok –> Pengangkut Gudang –> Produsen –> Pengangkut Gudang –> Penyalur –> Pengangkut –> Pelanggan.

  • Aliran Hak Milik.

Pemasok –> Produsen –> Penyalur –> Pelanggan.

  • Aliran Pembayaran.

Pemasok <– Bank <– Produsen <– Bank <– Penyalur <– Bank <– Pelanggan.

  • Aliran Informasi.

Pemasok <–> Pengangkut, Gudang, Bank <–> Produsen <–> Pengangkut, Gudang, Bank <–> Penyalur <–> Pengangkut, Bank <–> Pelanggan.

  • Aliran Promosi.

Pemaso –> Agensi Iklan –> Produsen –> Agensi Iklan –> Penyalur –> Pelanggan.

Mengelola Saluran Pemasaran

Fungsi utama saluran pemasaran :

  1. Mengumpulkan informasi mengenai pelanggan, pesaing, serta pelaku, dan kekuatan lain yang ada saat ini maupun yang potensial dalam lingkungan pemasaran
  2. Mengembangkan dan menyebarkan komunikasi persuasif untuk merangsang pembelian
  3. Mencapai persetujuan akhir mengenai harga dan syarat lain sehingga transfer kepemilikan dapat dilakukan
  4. Melakukan pemesanan ke perusahaan manufaktur
  5. Memperoleh dana untuk membiayai persediaan pada berbagai level saluran pemasaran
  6. Menanggung resiko yang berhubungan dengan pelaksanaan fungsi saluran pemasaran tersebut
  7. Mengatur kesinambungan penyimpanan dan pergerakan produk fisik dari bahan mentah sampai ke pelanggan akhir.
  8. Mengatur pelunasan tagihan pembeli melalui bank dan institusi keuangan lainnya
  9. Mengawasi transfer kepemilikan aktual dari suatu organisasi atau orang kepada organisasi atau orang yang lain.

 

Contoh Tesis yang membahas tentang Marketing Channels

Contoh Tesis 1 : Efisiensi Pemasaran Saluran Berbeda untuk Potato di Wilayah Terpilih Dari Bangladesh

Penelitian ini mencoba untuk menguji efisiensi pemasaran untuk saluran pemasaran kentang yang berbeda dengan menggunakan enam indikator kinerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran pemasaran lokal-II (Petani – Bepari – Konsumen) adalah efisien sementara saluran yang memasok kentang ke daerah konsumsi utama yaitu saluran-VI (Petani – Aratdhar – Paiker – Pengecer – Konsumen) lebih efisien. Saluran-VI di mana petani menjual kentang melalui Aratdhar lokal perlu didorong. Dengan indikasi pangsa produsen untuk harga konsumen (62-85 persen) dan indikator kinerja lainnya, pasar kentang dapat dianggap efisien.

 

Contoh Tesis 2 : Penggunaan Saluran Pemasaran Elektronik untuk Disintermediasi: Pemeriksaan Historis Perilaku Produser

Dengan adanya internet, produsen barang dan jasa bisa memotong perantara saluran dan menjual langsung ke konsumen akhir. Sejak pertengahan 1990-an, web terus memainkan peran yang lebih besar dalam strategi manajemen saluran. Tujuan dari penelitian longitudinal ini adalah mendokumentasikan penggunaan situs web dalam hal dukungan anggota saluran dan persaingan vertikal dari waktu ke waktu. Kami memeriksa situs web dari 251 perusahaan Fortune 500 yang memproduksi barang dan jasa di bisnis-ke-konsumen industri. Data dikumpulkan pada tahun 1996, 2000, dan 2004. Hasil penelitian menunjukkan industri barang tertinggal di belakang industri jasa dalam memulai disintermediasi. Lembur, bagaimanapun, disintermediasi sama-sama lazim di kedua segmen industri. Dalam hal dukungan anggota saluran, baik dalam memulai dan dari waktu ke waktu, perusahaan menggunakan mereka situs web untuk merujuk dan / atau menghubungkan pengguna akhir dengan perantara untuk pembelian produk sama-sama lazim untuk kedua industri. Akhirnya, selama periode 1996 hingga 2000, jumlahnya perusahaan yang terlibat dalam disintermediasi tumbuh lebih cepat daripada jumlah perusahaan yang menyediakan dukungan anggota saluran.

 

Contoh Tesis 3 : Evolusi Saluran Pemasaran: Kecenderungan dan Arah Penelitian

Meskipun peningkatan besar dalam saluran pemasaran penelitian yang diterbitkan dalam dekade terakhir, beberapa analisis kontemporer meninjau atau mensintesis domain. Artikel ini memberikan tinjauan komprehensif tentang saluran pemasaran penelitian dari tahun 1980 hingga 2014. Untuk menyajikan pandangan multidimensi saluran pemasaran, penulis mengevaluasi literatur yang masih ada dari empat perspektif: (1) teori dan konstruksi utama, (2) strategi saluran pemasaran, (3) ) unit analisis, dan (4) topik substantif dalam penelitian saluran. Analisis konten dari topik yang relevan dalam setiap perspektif yang memiliki dampak terbesar pada penelitian saluran memberikan wawasan ke dalam tren penelitian. Analisis multidimensi ini menawarkan panduan terintegrasi untuk literatur yang masih ada, serta garis besar arah yang menjanjikan untuk penelitian, mengingat tren yang paling signifikan.

 

Contoh Tesis 4 : Pentingnya Saluran Distribusi – Saluran Pemasaran – Untuk Ekonomi Nasional

Makalah ini dimulai dari pentingnya distribusi barang dagangan dan saluran distribusi dan hubungan timbal balik dari para peserta di dalamnya. Pengembangan saluran distribusi berdasarkan pada proses konsentrasi dan integrasi fungsi ditekankan. Dalam konteks ini, posisi ritel dalam sistem distribusi didefinisikan dalam unit bisnisnya dan baru elemen dalam desain mereka terkait dengan penerapan model bisnis tertentu. Para penulis mencoba memberikan petunjuk untuk menemukan cara untuk menciptakan bentuk-bentuk baru saluran distribusi dan unit usaha ritel di masing-masing nasional ekonomi. Dasar untuk pertimbangan semacam itu adalah teoritis asumsi tentang pengembangan bentuk-bentuk baru unit bisnis ritel, seperti serta masalah kontemporer dalam fungsi sistem ritel di Indonesia masing-masing negara. Dasar pengembangan ini terletak pada teknologi baru kemungkinan, yaitu peluang yang ditawarkan oleh teknologi informasi modern dan pemahaman baru tentang hubungan antara proses komoditas fisik. Dalam pengertian ini, sistem pemasaran vertikal modern, bisnis baru model dan ritel multi-channel dapat diamati.

 

Contoh Tesis 5 : Pemasaran Channels Manajemen Hubungan Pendekatan

Teks kursus ini adalah bagian dari konten pembelajaran untuk kursus Sekolah Bisnis Edinburgh ini. Selain teks kursus tercetak ini, Anda juga harus memiliki akses ke situs web kursus dalam mata pelajaran ini yang akan memberi Anda lebih banyak konten pembelajaran, perangkat lunak Profiler, dan pertanyaan ujian sebelumnya dan jawaban. Isi teks kursus ini diperbarui dari waktu ke waktu, dan semua perubahan tercermin dalam versi dari teks yang muncul di situs web yang menyertainya di http://coursewebsites.ebsglobal.net/. Sebagian besar pembaruan kecil, dan pertanyaan pemeriksaan akan menghindari materi baru atau diubah secara signifikan dua tahun setelah publikasi materi yang relevan di situs web. Anda dapat memeriksa versi teks kursus melalui nomor rilis versi yang dapat ditemukan di bagian depan halaman teks, dan bandingkan ini dengan nomor versi dari versi PDF teks terbaru di situs web.

Jika Anda mempelajari kursus ini sebagai bagian dari program yang diajar, Anda harus menghubungi Pusat Anda informasi lebih lanjut tentang perubahan apa pun. Syarat dan ketentuan lengkap yang berlaku untuk siswa di salah satu program Edinburgh Business School adalah tersedia di situs web www.ebsglobal.net, dan seharusnya telah diberitahukan kepada Anda baik oleh Edinburgh Business School atau oleh pusat atau mitra regional yang Anda gunakan untuk kursus Anda.


Contoh Tesis 6 : Perkembangan Saluran Distribusi – Studi Kasus Saluran Distribusi Produk Kayu

Penelitian ini telah mengambil pendekatan penelitian kualitatif dan eksploratif dengan penculikan proses penalaran. Strategi studi kasus diadopsi, yang mempelajari saluran distribusi terdiri dari produsen kayu yang berbasis di Swedia yang terintegrasi secara vertikal distributor di Inggris. Wawancara semi terstruktur merupakan teknik pengumpulan data primer di Indonesia pelajaran ini. Proses pengumpulan data dua langkah dilakukan antara Mei 2009 dan April 2010, termasuk 29 wawancara dengan 24 orang yang diwawancarai dari delapan organisasi, mewakili produsen, distributor, dan reseller di saluran distribusi. Tidak berpartisipasi pengamatan dilakukan dengan menghadiri rapat penjualan dan bergabung dengan manajer akun di kunjungan toko. Semua wawancara didokumentasikan dan ditranskripsikan dan informasinya disusun menjadi unit-unit kasus, bersama dengan data sekunder pendukung lainnya, seperti perusahaan majalah, sumber daya web, laporan tahunan, laporan penjualan, presentasi rapat, dll.

Tesis ini telah menghasilkan beberapa temuan. Perkembangan pengecer telah mempromosikan pembentukan permintaan pengecer, seperti solusi terintegrasi dengan hormat ke logistik, pemasaran, merchandising, inovasi, dll. Perkembangan retailer telah mendorong perubahan struktur rantai pasokan pengecer, dan telah membuka sejumlah pertanyaan baru berpose pada produsen dan posisinya dalam rantai pasokan. Faktor yang paling penting mendorong integrasi distribusi vertikal pabrikan adalah tuntutan pelanggan, strategi pemosisian pabrikan terkait fokus bisnis dan penempatannya di rantai pasokan. Integrasi distribusi vertikal mengubah pabrikan menjadi pemasok langsung ke penjual produk kayu besar. Ini juga menawarkan pemasok yang luar biasa kesempatan untuk meningkatkan penawaran dan membangun hubungan strategis dengan pelanggan. Itu output pemasok telah berkembang dari hanya barang-barang manufaktur menjadi termasuk juga layanan dan pengetahuan yang terkait dengan barang. Dalam prakteknya, itu bisa rumit untuk pemasok buat dan komunikasikan nilai. Pemahaman penuh tentang apa pelanggan produk kayu mencari segi elemen nilai belum tercapai. Penelitian ini telah membantu dalam hal untuk memahami nilai berbeda yang diberikan aktor pada berbagai produk, distribusi fisik, layanan dan elemen nilai pemasok dengan mengembangkan analisis nilai kerangka. Pemasok dapat menggunakan kerangka ini saat merancang, menyesuaikan, dan memasarkan penawaran untuk pelanggan.

 

Contoh Tesis 7 : Dampak Internet pada Konvensional Saluran Pemasaran di Iran


Karena pesatnya perkembangan teknologi selama dekade terakhir, bisnis yang bergejolak adalah penting; model bisnis yang kompetitif berdasarkan praktik bisnis elektronik adalah devolving dan Pusat model e-bisnis berfokus pada mengubah praktik pemasaran. Juga, Informasi teknologi telah mengubah secara mendasar entitas pemasaran. Meskipun demikian, E-commerce memberikan peluang kepada para pemasar bisnis termasuk menurun biaya dan akses ke bagian pasar baru. Ini menyediakan data dan pembuatan global yang konstan tantangan yang berpotensi berbeda. Karena perusahaan menggunakan e-commerce, mungkin konflik saluran sangat penting. Meskipun beberapa saluran memungkinkan perusahaan untuk menarik pelanggan dalam berbagai segmen pasar, mereka juga memperburuk banyak tantangan seperti konflik saluran, kebijakan penetapan harga untuk saluran dan strategi distribusi yang berbeda. Jadi dengan peningkatan saluran penjualan, ekonomi penilaian strategi distribusi yang berbeda sangat penting untuk perusahaan. Berdasarkan studi penelitian yang dinyatakan dalam bab satu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyajikan cara dimana manajer perusahaan distributer dapat mengenali konflik saluran dan langkah-langkahnya mengurangi efek buruk dari konflik saluran. Untuk memperoleh metode utama pengumpulan data dalam penelitian ini, deskriptif dan kualitatif pendekatan dipilih berdasarkan wawancara (wawancara yang dilakukan adalah tatap muka dan mendalam). Sebuah studi kasus juga dilakukan sebagai tambahan. Kedua perusahaan yang sedang diamati dalam penelitian ini adalah: a) (*) ‘Chika Company’ dan b) ‘Etka Toko cabang’. Di kedua perusahaan, berbagai saluran distribusi akses dan strategi online digunakan. Studi ini dengan jelas menunjukkan bahwa para manajer perusahaan-perusahaan ini sangat sadar akan saluran tersebut masalah konflik. Banyak konflik oleh Internet juga ditemukan. Di setiap perusahaan berfungsi dengan baik strategi digunakan untuk pencegahan dan penurunan efek buruk saluran konflik. Strategi ini bervariasi karena variasi kondisi perusahaan.

 

Contoh Tesis 8 : Desain strategi saluran distribusi: Aplikasi dan implementasi di kesehatan

Perawatan kesehatan adalah layanan yang sangat penting dan intim hampir semua orang menggunakan setidaknya beberapa orang kesempatan dalam seumur hidup. Ia juga sangat kompleks dan bervariasi dengan pasien heterogen membutuhkan perhatian individual agar dapat diobati secara efektif. Ini membutuhkan sumber daya yang besar dalam hal tenaga kerja, pengetahuan, keterampilan, dan waktu yang mengapa di masa lalu, meningkatkan produktivitas sudah sulit. Teknologi informasi dan komunikasi, ICT, telah terlihat potensi untuk meningkatkan produktivitas dalam mis. mendiagnosis, menyusun rencana perawatan, berkomunikasi dengan pasien dan staf klinis, dan pencatatan jika diterapkan dengan benar. Selama tahun 1990-an, sektor perbankan mengubah strategi saluran distribusinya untuk lebih fokus pada Internet perbankan daripada cabang lokal. Jika paralel ditarik antara keduanya, seperti membandingkan cabang-cabang lokal ke klinik, apa yang bisa dipelajari departemen rematik? Sebuah studi kasus dilakukan di Departemen Rheumatologi Rumah Sakit Universitas Karolinska. Jalur komunikasi yang ada terkait dengan komunikasi klinik-pasien diidentifikasi, teori dan pengetahuan tentang perubahan sektor perbankan dikompilasi dan beberapa saat upaya integrasi TIK dalam perawatan kesehatan ditinjau secara singkat. Akhirnya, proyek itu berusaha memberikan visi masa depan untuk komunikasi di bidang rematologi. Contoh risiko dan kesulitan dianggap masalah hukum, keselamatan pasien dan kompensasi saat ini untuk klinik, yang hari ini merupakan batasan utama untuk perumusan strategi. Studi ini mengidentifikasi beberapa bidang isu utama yang perlu dipertimbangkan ketika menerapkan TIK dalam perawatan kesehatan dan pentingnya menyelaraskan TIK dengan alur kerja. Bagian dari pilihan strategis bank juga berlaku dalam perawatan kesehatan, mis. menggunakan strategi multi-channel di mana segmen pelanggan yang berbeda ditargetkan dengan saluran yang berbeda. Lebih lanjut, sistem manajemen pelanggan terpadu yang mengandung masukan dari pasien maupun penyedia sangat dianjurkan, bersama dengan portal online meningkatkan aksesibilitas untuk pasien. Yang terpenting, semua saluran distribusi dan sistem TIK dipertimbangkan untuk digunakan harus benar-benar terintegrasi dengan alur kerja sehari-hari.

 

Contoh Tesis 9 :  Integrasi Distribusi Multi-Channel dan Dampaknya pada PT Laba Perusahaan Fashion Cepat

 

Studi yang berkaitan dengan multi-channel marketing kebanyakan membahas dua aspek yang berbeda. Satu masalah menggunakan beberapa saluran komunikasi untuk menjangkau pelanggan, untuk contoh, email, telepon, dan tenaga penjualan. Yang lainnya berfokus pada penjualan melalui banyak saluran distribusi seperti toko ritel tradisional, dan online situs web. Penelitian saya berkonsentrasi pada bidang pemasaran multi-saluran yang terakhir. Sejumlah besar peneliti telah melakukan penelitian tentang dampaknya integrasi saluran distribusi. Mayoritas mendukung multi-saluran itu distribusi memiliki efek positif yang signifikan terhadap pendapatan dan laba perusahaan (Friedman dan Furey, 1999; Berman dan Thelen, 2004; Sharma dan Mehrotra, 2007). Namun, ada beberapa penulis yang meragukan kemampuan untuk meningkatkan laba distribusi multi-channel. Coelho, Easingwood, and Coelho (2003)mengklaim bahwa distribusi multi-channel meningkatkan kinerja penjualan tetapi mengurangi profitabilitas. Mereka juga menyarankan ketergantungan pentingnya statistik kesimpulan mereka tentang sejauh mana distribusi multi-channel diterapkan. Secara keseluruhan, sebagian besar studi di bidang ini telah diterbitkan lebih dari satu dekade lalu. Seperti cara orang berdagang produk menjadi lebih banyak dan lebih beragam baru-baru ini, ada kebutuhan untuk penelitian distribusi multi-saluran yang diperbarui. Ini disepakati oleh banyak penulis bahwa jenis produk patut diperhatikan pengaruh pada pemilihan saluran distribusi (Liang dan Huang, 1998; Coelho, Easingwood and Coelho, 2003). Atas dasar itu industri mode cepat telah sangat terlibat dalam pertumbuhan e-commerce dan distribusi multi-channel, ini akan menjadi industri utama yang dibahas di koran. Penelitian ini berpendapat bahwa multichannel distribusi meningkatkan pertumbuhan laba perusahaan mode cepat. Alasannya mengapa laba bersih naik adalah pengaruh positif dari distribusi multi saluran pada pendapatan, sebagai hasil dari peningkatan daya tarik pelanggan, pengalaman pelanggan, dan kesadaran merek.

 

Contoh Tesis 10 : Saluran distribusi baru untuk beriklan melalui permainan komputer dan perangkat seluler

Perkembangan dalam industri periklanan belakangan ini telah berubah dari periklanan terbuka hingga sedikit, saluran distribusi utama ke iklan tersembunyi dan penargetan terintegrasi ke dalam kehidupan sehari-hari. Pengiklan semakin tidak puas dengan nilai yang disampaikan oleh media tradisional. Mereka beralih ke saluran distribusi alternatif untuk meningkatkan tingkat keberhasilan iklan kampanye. Saluran yang terlihat tidak menarik dengan sedikit daya beli yang sebelumnya menarik perhatian pengiklan. Tujuan dari tesis ini adalah untuk mengidentifikasi saluran distribusi masa depan untuk iklan melalui game komputer dan perangkat seluler. Selain mengidentifikasi, laporan tersebut bertujuan untuk melihat ke dalam potensi pasar dari saluran periklanan yang teridentifikasi juga. Tesis ini dimulai dengan pengantar untuk iklan. Kemudian beriklan di game komputer diselidiki dalam bab selanjutnya. Para penonton dan aspek bisnis dari cabang periklanan ini adalah diperiksa dan saluran distribusi yang ada disajikan. Kemudian studi kasus periklanan di sebuah permainan komputer bernama Cricket 07 dan dunia virtual yang disebut Second Life dilakukan. Berbasis pada studi kasus menyeluruh, beberapa saluran iklan yang tidak dieksploit ditemukan dan disajikan. Konsep dijelaskan secara rinci dan model teknis tingkat tinggi disajikan. Bagian kedua dari tesis ini mengkaji periklanan mobile. Prosedur yang sama digunakan di sini sebagai untuk beriklan di game komputer. Kontribusi utama dari bagian ini adalah solusi yang diusulkan disajikan di akhir bab ini. Sebuah saluran iklan yang dibuat khusus untuk Wireless Trondheim dijelaskan dan model teknis tingkat tinggi dari saluran distribusi yang diusulkan diberikan. Kontribusi utama dari tesis ini adalah identifikasi saluran distribusi baru untuk beriklan melalui permainan komputer dan perangkat seluler.

 

 

Leave a Reply

×
Hallo ????

Ada yang bisa di bantu?