HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pengertian Desentralisasi Menurut Para Ahli

Desentralisasi Pengertian Desentralisasi Menurut Para Ahli

Desentralisasi

Desentralisasi  ~ Desentralisai merupakan segudang dan sederet hak dan wewenang yang telah diberikan oleh pemerintahan pusat kepada daerah otonomi sebagai wewenang untuk mengatur pemerintahannya sendiri. Dalam memberikan kewenangan pada daerah otonom, juga didasarkan pada sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI.

Desentralisasi merupakan suatu penyerah terima suatu kewenangan oleh pemerintahan pusat ke daerah otonom yang ingin secara mandiri mengatur suatu pemerintahannya. Dalam penyerahan kewenangan tersebut didasarkan suatu prakarsa dan aspirasi rakyat yang ada.

Sehingga dapat dikatakan desentralisasi merupakan suatu program yang telah dicanangkan pemerintah daerah untuk mewujudkan suatu daerah yang mandiri serta mampu menjunjung tinggi susunan undang-undang yang ada.

Dalam pelaksanaan desentralisasi juga terdapat asas-asas yang dijadikan suatu pedoman tertentu. Salah satu asas tersebut adalah pelimpahan antara wewenang pada tingkatan tertentu atau yang lebih sering disebut dengan hirarki.

Dari pelimpahan wewenang tersebut akan adanya suatu kesempatan untuk mengatur serta memrintah daerah otonom sesuai dengan sistem yang telah ditetapkan. Sehingga pelaksanaan desentralisasi tidak semata-mata sebagai perintah untuk mengatur dengan kesesuaian hati.

Dalam diri desentralisasi para aparat pemerintahan daerah diharapkan mampu dalam meningkatkan segala moral serta nilai yang ada dalam lingkungan tersebut. Sehingga kepercayaan yang ada mampu terpelihara dengan baik. Dengan komitmen yang kuat akan adanya sikap untuk menunjukkan prestasi mereka dalam memerintah daerah.

Segi positif yang ada dalam suatu konsep desentralisasi tentu akan didukung dengan berbagai perencanaan yang dapat dibilang strategis dan matang. Selain itu pelaksanaan yng ada harus mengacu pada suatu konsistensi yag diselingi dengan keseriusan agar segi-segi positif yang ada mampu terlaksana dengan baik.

Demikian artikel yang berjudul Pengertian Desentralisasi Menurut Para Ahli. Semoga artikel yang Kami sajikan mampu memberikan wawasan yang luas untuk Anda.

Incoming search terms:

Leave a Reply