HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pengertian Busung Lapar dan Cara Mengetahui

Busung Lapar  Pengertian Busung Lapar dan Cara Mengetahui

Busung Lapar

Busung Lapar ~  Pernahkah anda melihat ada beberapa anak yang memiliki  perut yang buncit, dan berbadan kurus ?, kedua penggambaran fisik tersebut dapat disebutkan sebagai ciri-ciri busng lapar. Yah mungkin saja disekitar kita ada anak yang memiliki ciri tersebut.

Akan tetapi perlu diketahui tidak yang memiliki perut buncit dan berbadan kurus dikategorikan sebagai busung lapar. Oleh sebab itu perlu diketahui bagaimana cara mengetahui dengan jelas apa yang disebut dengan busung lapar.

Busung lapar merupakan keadaan dimana tubuh mengalami pembengkakan biasanya terjadi pada perut. Hal tersebut terjadi akibat dari karena kurangnya gizi yang ada pada asupan makanan dalam kurun waktu tertentu.

Yang lebih unik lagi penderita busung lapar tidak hanya satu atau dua individu akan tetapi hampir semua mengalami busung lapar pada wilayah tertetu.  Sehingga keadaan ini dapat terjadi pada siapa saja, tak meilihat umur dan kondisi.

Busung lapar suatu kondisi yang mengancam karena, seseorag yang menderita busung lapar akan mengalami tingkat kecerdasan yang rendah dibandingakan dengan yang lainnya. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya asupan protein dalam asupan makanan yang selama ini dikonsumsinya, sehingga tidak terpenuhinya kebutuhan gizi.

Agar tidak salah menentukan persepsi tentang busung lapar atau kekurangan gizi, ada bebrapa tahap yang harus ditempuh. Tahapan tersebut berupa langkah-langkah seperti:

  1. Melakukan penimbangan berat badan setiap bulannya
  2. Mengukur tinggi badan

Ketika melakukan penimbangan badan dapat dibandingkan berat badan dengan umurnya sendiri. Pada dasarnya WHO telah menentukan standart perbandingan berat badan dengan usinya sebesar 60 %.

Busung lapar apat dicegah dengan berbagai upaya. Upaya tersebut nantinya akan menjadi sebuah pedoman untuk mengurangi angka kejadian busung lapar. Upaya terebut meliputi:

  1. Memberikan koonsumsi makanan berupa sayur-mayur
  2. Memberikan buah-buahan
  3. Memberikan makanan yang pada dasarnya mengandung karbohidrat tinggi
  4. Berikan bayi ASI pada masa yang telah ditentukan

Demikian artikel yang berjudul Pengertian Busung Lapar dan Cara Mengetahui. Semoga artikel ini mampu memberikan wawasan tambahan untuk Anda.

Incoming search terms:

Leave a Reply

×
Hallo ????

Ada yang bisa di bantu?