HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Kesetaraan Gender

Kesetaraan Gender  Kesetaraan Gender

Kesetaraan Gender

Pengertian Kesetaraan Gender

Kesetaraan gender merupakan suatu keadaan dimana laki-laki dan perempuan disejajarkan sama. Sejajajr disini memiliki arti sama-sama memperoleh hak sebagai manusia dan sama-sama menjalankan perannya dalam keiukutsertaan kegiatan politik, hukum, ekonomi, sosial budaya, pendidikan dan pertahanan dan keamanan nasional (hankamnas), serta kesamaan dalam menikmati hasil pembangunan tersebut.

Pada kajian kesetaraan gender juga telah adanyanya penetapan serta penghapusan diskriminasi  serta keidakadilan dalam berntuk struktural baik laki-laki maupun perempuan. Dalam hal ini bukan berarti laki-lak dan wanita sama-sama memiliki kekuatan fisik yang sama, akan tetapi hal untuk melakukan pekerjaan baik laki-laki ataupun perempuan disesuaikan dengan kriteria tertentu.

Kriteria yang dimaksud berupa pnentu apa pekerjaan itu bisa dilakukan oleh kedua belah pihak tersebut aatu tidak. Misalnya saja laki-laki mampu bekerja sebagai kuli bangunan, hal tersebut tidak dapat dilakukan oleh wanita karena pengukuran kekuatan fisiknya, akan tetapi ketika melakukan pekerjaan sebagai manager wanita dan laki-laki mampu melakukannya.

Pada dasarny kesetaraan gender berhubungan langsung dengan keadilan gender.

Keadilan gerder sendiri merupakan suatu perlakuan yang sama, rata dan adil antara laki-laki dan perempuan. Indikator keberhasilan keadilan gender dan kesamaan gender dapat dilihat dari tidak adanya diskriminasi terhadap laki-laki maupun perempuan.

Adanya kesamaan gender dan keadilan gender tentu saja menjadi tolak ukur untuk menjalni kehidupan sehari-hari. Terutama dalam partisipasi di bidang apapun yang ingin ia geluti. Dari kesamaan serta keadilan gender juga akan lahir sebuah kontrol sosial yang mampu mendukung kehidupan sehari-hari.

Adanya kesamaan gender juga bermanfaat lebih untuk setiap laki-laki mauun perempuan. Karena dari hal tersebut seseorang akan sama-sama memiliki peluang yang besar dalam mengakses sumber daya yang ada.

Demikian artikel yang berjudul Kesetaraan Gender. Semoga artikel yang kami sajikan mampu memberikan wawasan yang luas untuk Anda.

Incoming search terms:

Leave a Reply