HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Upaya-Upaya Untuk Menghadapi Kerentanan

Kerentanan  Upaya-Upaya Untuk Menghadapi Kerentanan

Kerentanan

Pengertian Kerentanan – Kerentanan merupakan suatu keadaan dimana seluruh aktivitas yang ada dipengaruhi oleh berbagai karakteristik yang ada dalam lingkungan tersebut. Karakteristik dari suatu keadaan tersebut biasanya meliputi:

  1. Karakteristik biologis
  2. Karakteristik geografis
  3. Karakteristik sosial
  4. Karakteristik ekonomi
  5. Karakteristik politik
  6. Karakteristik budaya
  7. Karakteristik teknologi

Sehingga dapat dikatakan bahwa kerentanan merupakan suatu keadaan yang dipengaruhi oleh berbagai faktor atau larakteristik yang dimiliki dalam lingkungn tersebut dengan jangka watu yang telah ditetapkan.

Tujuan dari jangka waktu yang telah ditetapkan tadi adalah untuk mengurangi segala resiko serta mencegah, mencapai suatu kesiapsiagaan dan menanggapi segala bahaya yang akan datang. Sebab bahaya yang akan datang dan mengancam tanpa adanya suatu rencana.

Pada dasarnya kerentanan juga mencakup lebih seringnya terkena dampak dari bahaya yang dihasilkan. Misalnya saja penduduk yang tergolong miskin dan tinggal di daerah gempa bumi akan lebih sering mengalami kerentanan. Dari hal tersebut juga disebabkan oleh berbagai faktor yaitu slah satunya tentu saja kondisi perekonomian mereka.

Mereka yang tergolong memiliki perekonomian renndah, tidak akan mampu membangun bangunan sebagai tempat tinggal yang kokoh dan dapat dikatakan aman dari gempa bumi. Kontruksi yang rendah terhadap bangunan rumah tersebut akan menimbulkan berbagai masalah kedua ketika terjadinya gempa bumi.

Pada dasarnya kerentanan memiliki berbagai jenis yang dapat diketahui sebagai sikap antisipasi terhadap gempa atau bencana lainnya.

Adapun jenis-jenis kerentanan meliputi:

  1. Kerentanan fisik
  2. Kerentanan sosial
  3. Kerentanan mental

Dalam menghadapi suatu kerentanan bencana, tentu saja akan melahirkan suatu resiko yang harus dihadapi dan melakukan tindak lanjut yang tepat untuk menanggapi resiko tersebut. Tindak lanjut tersebut tentu saja bertujuan untuk mengurangi kerentanan yang ada, yang diakibatkan dari resiko yang ada.

Dalam melakukan tindak lanjut, tentu saja dibutuhkan suatu upaya atau kegiatan yang mampu mengurangi resiko bencana. Adapun upaya yang dilakukan untuk mengurangi resiko bencana meliputi:

  1. Relokasi penduduk
  2. Pelatihan kesiapsiagaan
  3. Pengkondisian bangunan rumah
  4. Penyebaran kearifan lokal

Demikian artikel yang berjudul Upaya-Upaya Untuk Menghadapi Kerentanan. Semoga artikel yang Kami sampaikan mampu menambah wawasan Anda.

Incoming search terms:

Leave a Reply