HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Teori Lengkap tentang SWOT Analysis menurut Para Ahli dan Contoh Tesis SWOT Analysis

Gambaran dari SWOT Analysis

Pengertian SWOT Analysis

Menurut Robinson dan Pearce (1997) analisis SWOT merupakan salah satu komponen penting dalam manajemen strategik. Analisis SWOT ini mencakup faktor intern perusahaan. Dimana nantinya akan menghasilkan profil perusahaan sekaligus memahami dan mengidentifikasikan kelemahan dan kekuatan organisasi. Kelemahan dan kekuatan ini kemudian akan dibandingkan dengan ancaman ekstern dan peluang sebagai dasar untuk menghasilkan opsi atau alternatif strategi lain.

Teori Lengkap tentang SWOT Analysis menurut Para Ahli dan Contoh Tesis SWOT Analysis

 

 

 

Pendapat lain dikemukakan Rangkuti (1997) yang menyatakan bahwa pengertian swot adalah proses identifikasi berbagai faktor yang dilakukan secara sistematis agar bisa merumuskan strategi organisasi dengan tepat. Analisis dilakukan berdasarkan logika yang bisa mengoptimalkan kekuatan atau Strengths serta peluang atau Opportunities. Tapi secara beriringan, analisis ini juga harus bisa meminimalkan ancaman atau Threats dan kelemahan atau Weaknesses. Proses dalam pengambilan keputusan strategis diketahui memang selalu berhubungan langsung dengan kebijakan perusahaan, strategi, tujuan dan pengembangan misi. Artinya, perencana strategis harus menganalisa berbagai faktor strategis organisasi atau perusahaan mulai dari kekuatan, peluang, ancaman dan kelemahan. Tidak mengherankan jika analisa swot juga disebut dengan nama Analisis Situasi.

Tujuan dan Manfaat SWOT Analysis

Tujuan dan manfaat analisis SWOT adalah untuk memadukan 4 faktor atau komposisi secara tepat tentang bagaimana mempersiapkan kekuatan (strengths), mengatasi kelemahan (weaknesess), menemukan peluang (opportunities) dan strategi menghadapi beragam ancaman.

Ketika teknik ini dapat dijalankan secara tepat dengan menggabungan ke empat elemen tersebut maka kesempurnaan dalam meraih visi dan misi program yang direncanakan tentunya akan berjalan lebih baik dengan hasil yang optimal.

Teori-teori dari Gambar Model Teori SWOT Analysis

Komponen Analisis SWOT

  • Strenght (S)

Yaitu analisis kekuatan, situasi ataupun kondisi yang merupakan kekuatan dari suatu organisasi atau perusahaan pada saat ini.  Yang perlu di lakukan di dalam analisis ini adalah setiap perusahaan atau organisasi perlu menilai kekuatan-kekuatan dan kelemahan di bandingkan dengan para pesaingnya. Misalnya jika kekuatan perusahaan tersebut unggul di dalam teknologinya, maka keunggulan itu dapat di manfaatkan untuk mengisi segmen pasar yang membutuhkan tingkat teknologi dan juga kualitas yang lebih maju.

  • Weaknesses (W)

Yaitu analisi kelemahan, situasi ataupun kondisi yang merupakan kelemahan dari suatu organisasi atau perusahaan pada saat ini. Merupakan cara menganalisis kelemahan di dalam sebuah perusahaan ataupun organisasi yang menjadi kendala yang serius dalam kemajuan suatu perusahaan atau organisasi.

  • Opportunity (O)

Yaitu analisis peluang, situasi atau kondisi yang merupakan peluang diluar suatu organisasi atau perusahaan dan memberikan peluang berkembang bagi organisasi dimasa depan. Cara ini adalah untuk mencari peluang ataupun terobosan yang memungkinkan suatu perusahaan ataupun organisasi bisa berkembang di masa yang akan depan atau masa yang akan datang.

  • Threats (T)

Yaitu analisis ancaman, cara menganalisis tantangan atau ancaman yang harus dihadapi oleh suatu perusahaan ataupun organisasi untuk menghadapi berbagai macam faktor lingkungan yang tidak menguntungkan pada suatu perusahaan atau organisasi yang menyebabkan kemunduran. Jika tidak segera di atasi, ancaman tersebut akan menjadi penghalang bagi suatu usaha yang bersangkutan baik di masa sekarang maupun masa yang akan datang.

Manfaat Analysis SWOT

 

Teori Lengkap tentang SWOT Analysis menurut Para Ahli dan Contoh Tesis SWOT Analysis

 

 

Metode analisis SWOT bisa dianggap sebagai metode analisis yangg paling dasar, yang bermanfaat untuk melihat suatu topik ataupun suatu permasalahan dari 4 empat sisi yang berbeda. Hasil dari analisa biasanya berupa arahan ataupun rekomendasi untuk mempertahankan kekuatan dan untuk menambah keuntungan dari segi peluang yang ada, sambil mengurangi kekurangan dan juga menghindari ancaman. Jika digunakan dengan benar, analisis ini akan membantu untuk melihat sisi-sisi yang terlupakan atau tidak terlihat selama ini. Dari pembahasan diatas tadi, analisis SWOT merupakan instrumen yang bermanfaat dalam melakukan analisis strategi. Analisis ini berperan sebagai alat untuk meminimalisasi kelemahan yang terdapat dalam suatu perusahaan atau organisasi serta menekan dampak ancaman yang timbul dan harus dihadapi.

Contoh Tesis yang membahas tentang SWOT Analysis

Contoh Tesis 1 : Penerapan Analisis SWOT Sebagai Landasan Merumuskan Strategi Pemasaran Usaha Jasa Sewa Mobil “AMAN-AMIN” Transport Tours and Travel Ambarketawang Sleman Yogyakarta

Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah ex-post facto. Penelitianini digunakan untuk menggambarkan fenomena nyata yang terjadi di lapangan. Penelitian ini dilaksanakan di usaha jasa sewa mobil “AMAN-AMIN” Transport Tours and Travel Ambarketawang Sleman Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah pemilik perusahaan dan karyawan yang bekerja di usaha jasa sewa mobil “AMANAMIN” Transport Tours and Travel Ambarketawang. Instrumen penelitian dilakukan dengan desain One Shoot Case Study yang dilakukan pada 21 pelaku kegiatan pada usaha jasa sewa mobil “AMAN-AMIN” Transport Tours and Travel Ambarketawang. Uji validitas dilakukan dengan teknik korelasi Product Moment dari Pearson, sedangkan uji reliabilitas digunakan rumus Alpha Cronbach. Untuk mengetahui strategi pemasaran dilakukan dengan menggunakan analisis SWOT.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi internal usaha jasa sewa mobil “AMAN-AMIN” Transport Tours and Travel Ambarketawang Sleman Yogyakarta memiliki nilai 3,01 yang dapat diartikan kekuatan perusahaan baik dengan penilaian skala likert. Sedangkan pada kondisi eksternal usaha jasa sewa mobil “AMANAMIN” Transport Tours and Travel Ambarketawang Sleman Yogyakarta memiliki nilai 3,44 yang dapat diartikan nilai peluang tinggi dengan penilaian skala likert. Sistem kerja freelance yang diterapkan usaha jasa sewa mobil “AMAN-AMIN” Transport Tours and Travel Ambarketawang Sleman Yogyakarta efektif dengan ditunjukkan nilai bobot item 0,049 yang dapat diartikan poin tersebut memiliki tingakat ancaman paling rendah dibandingkan ancaman lainnya. Posisi usaha jasa sewa mobil “AMAN-AMIN” Transport Tours and Travel Ambarketawang Sleman Yogyakarta saat ini berada pada fase pertumbuhan usaha. Hasil ini dibuktikan pada matriks internal dan eksternal SWOT yang menunjukkan keadaan perusahaan berada pada sel 1. Strategi yang tepat diterapkan usaha jasa sewa mobil “AMAN-AMIN” Transport Tours and Travel Ambarketawang Sleman Yogyakarta saat ini adalah dengan strategi SO (Strength Opportunities).

 

Contoh Tesis 2 : Analisis Swot Untuk Menentukan Strategi Kompetitif Pada Pd. Bpr. Bank Daerah Lamongan

Berkaitan  dengan  meningkatnya  persaingan  Global,maka  perusahaan  dituntut  untuk memperhatikan  keadaan  pasar  dan  bersaing  lebih  kompetitif  dalam  menentukan strategi.Strategi  kompetitif merupakan  salah  satu cara  untuk mengetahui  daya  saing disetiap  kekuatan.Pengunaan  analisis  SWOT yang  efektif dapat  memegang  peranan dalam  menentukan  strategi  kompetitif,agar  dapat  mengetahui  kekuatan,  kelemahan, peluang dan ancaman yang dihadapi oleh perusaahaan dalam menjaga kelangsungan hidup  perusahaan.Masalah  yang  hendak  di  cari  jawabannya  dalam  penelitian  ini adalah?apakah  analisis  SWOT  merupakan  strategi  yang  tepat  guna  meningkatkan produksi perushaan  dan bagaimana  strategi kompetitif yang  di terapkan perusahaan dalam mengatasi  persaingan global??.  penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis  IFAS  untuk menganalisis  faktor  internal,analisis  EFAS  untuk  faktor eksternal. Setelah dimasukan kedalam model kuantittif yaitu matrik SWOT.Hasil analisis menunjukan bahwa, menggunakan analisis IFAS dan EFAS serta menggunakan analisis SWOT  ,maka  strategi  yang  dipilih  guna  tercapainya  tujuan  dari  perusahaan adalah?strategi  ST?.Berdasarkan  bukti  tersebut  dapat  disimpulkan  bahwa  dengan  analisis SWOT dapat mengatasi persaingan yang ditentukan dengan memakai strategi kompetitif yaitu, dengan strategi diversifikasi produk.

 

Contoh Tesis 3 : Perancangan Strategi Pengembangan Usaha dengan Metode SWOT Analysis di Perusahaan Abon Diamond Ampel Boyolali

Berdasarkan hasil penelitian mengenai perancangan strategi pengembangan usaha dengan metode SWOT Analysis di Perusahaan “Diamond” Ampel Boyolali, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :

  1. Hal-hal yang mempengaruhi dan menyebabkan kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunity), dan ancaman (threat) pada produk dan sistem yang ada di perusahaan “Diamond” adalah sebagai berikut :
    1. Kekuatan : reputasi pasar, keputusan pelanggan, kualitas produk, keahlian yang cakap dan berpandangan kedepan, pegawai yang berdedikasi.
    2. Kelemahan : pangsa pasar, petahanan pelanggan.
    3. Peluang : perbaikan produktivitas, teknologi baru, posisi produk dalam pandangan pembeli.
    4. Ancaman : kenaikan nilai tukar mata uang asing, kenaikan tarif telepon, listrik dan BBM, perubahan gaya hidup masyarakat, pangsa pasar pesaing, struktur biaya produksi dan administrasi.
  2. Strategi yang dihasilkan dengan melihat kemampuan perusahaan untuk mengimplementasikannaya adalah sebagai berikut :
    1. Meningkatkan kapasitas produksi secara ekonomis dengan mutu yang baik.
    2. Meningkatkan pangsa pasar (market share) di pasar utama dan maksimalisasi volume dengan volume yang optimal di luar pasar utama, misalnya dengan meningkatkan pasar ke berbagai propinsi.
    3. Maksimalisasi harga dengan volume yang optimal di luar pasar utama dan menetapkan harga optimal dengan tetap mempertahankan misi serta memberikan kondisi yang wajar bagi penyalur.
    4. Memantapkan keterkaitan suplier dan lembaga penunjang, baik kualitas maupun kuantitas.
    5. Menggunakan kelebihan produksi untuk pangsa pasar luar.
    6. Menetapkan pola karir (jenjang karir) bagi tenaga kerja.

 

Contoh Tesis 4 : Kepuasan Kerja Karyawan, Analisis Swot dan Rencana Strategik Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Upaya Meningkatkan Pelayanan  di RSUD H. ABDUL AZIZ MARABAHAN KALIMANTAN – SELATAN

Hasil penelitian secara kuantitatif 1,4 % menyatakan sangat tidak puas, 51, 3% responden menyatakan tidak puas dan 47,3 % menyatakan puas. Dengan rincian 29,7% sangat tidak setuju dengan pernyataan pemberian insentif memuaskan karyawan, 78,3 % tidak setuju sistem pengawasan protap kerja yang dilakukan oleh manajemen sudah baik dan 66, 2% tidak setuju pernyataan pengawasan terhadap karyawan telah dilaksanakan dengan baik serta 56,7 % tidak setuju pernyataan kepuasan penilaian kinerja karyawan yang dilakukan oleh manajemen. Hasil penelitian secara kualitatif pada faktor hubungan kerja karyawan tampak terjadi ketidak puasan dalam hubungan karyawan dengan pihak manajemen, pada faktor individu karyawan sebagian besar menyatakan belum puas terhadap pekerjaan sekarang. Pada faktor luar tampak ketidak puasan pada kesempatan rekreasi, jenjang karier dan promosi serta kesempatan mendapat pendidikan dan pelatihan bagi karyawan. Pada faktor suasana kerja tampak kurang puas terhadap kebijakan pihak manajemen dan kinerja karyawan saat ini.

Pada faktor lingkungan kerja sebagian besar menyatakan situasi RSUD kurang mendukung karena kurang aman dan nyaman, ketersediaan alat dan sarana penunjang masih kurang. Pada faktor kompensasi karyawan merasa tidak puas karena belum sesuai dengan hasil kinerja karyawan, imbalan kurang proporsional dan belum mencukupi, kurang paham dan sering dibayar terlambat. Faktor ketidak puasan karyawan idiskusikan kembali dalam FGD, kemudian ditindak lanjuti dengan analisis SWOT SDM dan Renstra pengembangan SDM.

 

Contoh Tesis 5 : Analisis Strategi Pengembangan Bisnis (Studi Pada Industri Kerajinan Gerabah Desa Negara Ratu Kecamatan Natar)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan bisnis yang tepat untuk diterapkan pada industri kerajinan gerabah Desa Negara Ratu Kecamatan Natar. Jenis penelitian menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yaitu informan dan data sekunder yaitu dokumen, journal dan sebagainya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, literatur dan koesioner. Teknis analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari hasil analisis dengan menggunakan diagram SWOT didapatkan posisi industri kerajinan gerabah Desa Negara Ratu Kecamatan Natar berada pada sel I yang berarti pada posisi agresif, dan strategi yang tepat pada posisi ini adalah strategi pertumbuhan (Growth Oriented Strategy). Maka, alternatif strategi yang sesuai untuk pengembangan bisnis/usaha industri kerajinan gerabah Desa Negara Ratu Kecamatan Natar dengan menggunakan matrik SWOT adalah strategi S-O (Strength–Oppourtunities) yaitu dengan memanfaatkan kekuatan yang dimiliki industri untuk meraih peluang yang ada, dengan cara melakukan pengembangan produk, pengembangan pasar (Memperluas Wilayah Pemasaran) dan Peningkatan Kualitas SDM (Pelatihan SDM agar tetap terampil dibidang gerabah).

 

Contoh Tesis 6 : Aplikasi Analisis SWOT dalam Implementasi Strategi Infrastruktur Permukiman Berkelanjutan di Area Perkotaan Reo Kabupaten Manggarai Nusa Tenggara Timur

Kecamatan perkotaan Reo Kabupaten Manggarai Provinsi Nusa Tenggara Timur merupakan salah satu wilayah pesisir yang menjadikan salah satu pintu utama dalam perdagangan di Kabupaten Manggarai serta beberapa Kabupaten lain di sekitarnya termasuk Manggarai Barat dan Manggarai Timur. Di sisi yang lain perkembangan pesat Kota Reo yang banyak didiami oleh beberapa pendatang, tidak diikuti oleh pertumbuhan pesat penyediaan infrastruktur permukiman yang ada. Diindikasikan dalam buku putih Kabupaten Manggarai (2012) bahwa area perkotaan Reok merupakan wilayah kritis sanitasi klaster 4 atau yang paling beresiko dibandingkan dengan klaster lainnya. Hal ini membutuhkan strategi penanganan yang tepat dalam menciptakan lingkungan yang berkelanjutan di area perkotaan Reo.

SWOT merupakan alat analisis yang dikembangkan oleh Humprey (2005) yang digunakan untuk mencari strategi terbaik dalam pengambilan keputusan berdasarkan kekuatan dan kelemahan internal serta peluang dan tantangan yang berasal dari faktor eksternal. SWOT selama ini seringkali hanya digunakan pada organisasi ataupun lingkungan bisnis. Makalah ini bertujuan untuk memberikan sebuah perspektif bagaimana aplikasi SWOT dapat digunakan dan sangat aplikatif dalam area perencanaan perkotaan berkelanjutan.

 

Contoh Tesis 7 : Pemanfaatan Sosial Media Sebagai Strategi Promosi pada Usaha Kecil Menengah (Studi Kasus Yum Yu Café di Makassar)

Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan sosial media berdasarkan analisis SWOT sebagai strategi promosi dan strategi apakah yang cocok dipilih dalam menghadapi persaingan bisnis café. Data primer yang digunakan dalam penelitian ini didapat dari owner Yum Yum café secara langsung dan para pegawai Yum Yum café. Metode analisis yang digunakan adalah Analisis SWOT, Matrix SWOT, dan Diagram SWOT. Hasil analisis dari penelitian ini adalah penggunaan sosial media sangat bermanfaat sebagai strategi promosi dalam mengembangkan UKM bisnis Café di Makassar dan strategi yang digunakan adalah strategi agresif.

 

Contoh Tesis 8 : Pengaruh Analisis SWOT Terhadap Keunggulan Sistem Manajemen Rantai Pasokan (Studi Pada PT.Misaja Mitra, Pati – Jawa Tengah)

Dalam analisis SWOT perusahaan harus mengandalkan kekuataan yang dimiliki untuk mengatasi ancaman-ancaman yang terjadi serta mengatasi kelemahan yang ada agar ancaman tidak terjadi atau tidak muncul ancaman-ancaman baru yang dapat mengganggu jalannya kegiatan di perusahaan.Objek dari perusahaan ini adalah PT. Misaja Mitra.Masih adanya ancaman dan kelemahan merupakan bukti adanya masalah di perusahaan.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menganalisis strategi dasar dari supply chain management , kemudian menentukan analisis rantai nilai, Setelah itu barulah dikelompokkan kedalam analisis SWOT dan Matriks EFAS IFAS dari PT. Misaja Mitra.

Hasil Penelitian menemukan penyebab utama dari kelemahan dan ancaman di PT. Misaja Mitra, yaitu adanya produk pengganti, ancaman, pesaing. Oleh karena itu diperlukan tindakan untuk mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan analisis SWOT maka akan dapat terkontrol dengan baik.

 

Contoh Tesis 9 : Analisis SWOT tentang Strategi Pemasaran dalam Upaya Meningkatkan Kunjungan Pasien di Klinik Bunda

Klinik Bunda merupakan salah satu klinik utama ibu dan anak yang menjadi tujuan utama bagi masyarakat Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali dan sekitarnya. Meskipun masih relatif baru, tetapi Klinik Bunda terus mengalami perkembangan sampai saat ini. Oleh karena itu untuk dapat terus meningkatkan jumlah kunjungan pasien, pihak manajemen perlu menerapkan strategi pemasaran yang sesuai dengan kondisi saat ini dan di masa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel-variabel yang merupakan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman serta untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan oleh klinik Bunda berdasarkan posisi matriks IE. Penelitian ini merupakan penelitian gabungan secara kualitatif dan kuantitatif berdasarkan analisis SWOT dan matriks IE dengan metode analisis deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer berasal dari wawancara terstruktur dan wawancara mendalam dengan kepala seksi dan kepala bagian serta dokter yang bertugas di Klinik Bunda. Adapun data sekunder berasal dari data profil klinik Bunda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis posisi matriks IE, dapat diketahui nilai terbobot lingkungan internal sebesar 4,287 dan nilai terbobot lingkungan eksternal sebesar 4,000. Dengan nilai terbobot tersebut, maka berada pada posisi sel 1 yang berarti klinik Bunda berada pada posisi grow and develop (tumbuh dan berkembang) dan strategi yang dapat diterapkan adalah strategi penetrasi pasar, pengembangan pasar dan pengembangan produk. Dengan demikian, strategi pemasaran yang dapat diterapkan adalah strategi agresif, yaitu mengembangkan kekuatan yang ada dan meningkatkan serta mempertahankan peluang yang ada.

 

Contoh Tesis 10 : Analisis Swot Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Dengan Pendekatan Bauran Pemasaran Pada Pt. Seloko Batam Shipyard

 XYZ didirikan pada tahun 1986 atas prakarsa PT. B sebagai pabrik pengecoran logam (foundry) pertama di Indonesia dan bekerja sama dengan PT. K yang memiliki akses terhadap teknologi industri komponen. Untuk melihat dan meningkatkan kinerjanya maka diadakan penelitian pada PT. XYZ dengan metode balanced scorecard.

Dengan pendekatan dan hasil dari metode balanced scorecard maka dapat dilakukan perencanaan strategi untuk perusahaan kedepannya, sehingga perusahaan dapat menganalisa kemampuan perusahaan dengan kondisi bisnis di luar perusahaan dan mampu bersaing dalam persaingan dalam dunia otomotif.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Data kualitatif diperoleh dengan menterjemahkan visi dan misi perusahaan ke dalam ukuranukuran yang jelas dalam empat perspektif balanced scorecard, sedangkan data kuantitatif diperoleh dengan cara mengevaluasi rasio-rasio keuangan. Sampel penelitian diperoleh melalui 98 orang pekerja dan 5 pelanggan dari PT. XYZ. Hasil dari balanced scorecard diimplementasikan kedalam metode analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) untuk menentukan langkah strategis. SWOT perusahaan berada di zona ST (Strength, Threat) yang mendukung strategi diversifikasi. Strategi yang digunakan adalah concentric diversification, market penetration, dan penghematan. Untuk matriks IE (internal-eksternal ) berada dalam kuadran 1, berarti dalam posisi tumbuh dan bina. Dengan langkah strategis yang diterapkan, diharapkan perusahaan dapat lebih maju dan mempertahankan keberadaannya di industri otomotif.

 

 

 

Leave a Reply

×
Hallo ????

Ada yang bisa di bantu?