HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pengertian Kewaspadaan Penularan Lewat Kontak dan Strategi Pencegahan

kewaspadaan penularan lewat kontak Pengertian Kewaspadaan Penularan Lewat Kontak dan Strategi Pencegahan

kewaspadaan penularan lewat kontak

Kewaspadaan penularan lewat kontak ~Pada dasrnya kewaspadaan merupakan salah satu bentuk dan daya upaya pencegahan penularan penyakit yang ada pada pasien. Sedangkan kewaspadaan penularan lewat kontak yang dilakuakn untuk gokus utama pada pasien adalah sebagai tindak pencegahan yang ada pada penyakit yang dianggap menular.

Kewaspadaan penularan lewat kontak juga ditujukkan kepada pasien yang menderita penyakit menular yang daat ditularkan melalui kontak. Misalnya saja pada kontak tangan atau penempelan kulit lainnya. Hal tersebut dilakukan selama perawtan berlangsung dengan cara yang rutin.

kewaspadaan penularan lewat kontak juga dilakukan untuk mencegah segala infeksi antara suseptibilitas penjamu, agen yang terinfeksi dapat ditularkan secara cepat. Identifaksi yang dilakukan juga mecegah segala faktor yang berbau resiko pada pengendali infeksi lainnya. Baik pada pasien maupun petugas kesehatan yang melayani penderita tersebut.

Sehingga untuk mencegah suatu infeksi tersebut diperlukan strategi yang dapat diterapkan secara efisien. Adapun strategi yang diterapkan meliputi:

  1. Peningkatan daya tahan tubuh
  2. Inaktivitas agen yang dapat menyebabkan infeksi
  3. Mata rantai penularan sebaikanya diputuskan sejak awal

Dalam meningkatkan daya tubuh yang ada pada penjamu dapat dilakukan imunisasi berupa imnunisasi aktif ataupun imunisasi pasif. Yang dimaksud dengan pemberian imunisasi aktif adalah pemberian vaksinasi seperti vaksin Hepatitis B, sedangkan pemberian imunisasi pasif dapat dilakukan dengan pemberian imunoglobulin. Selain itu pelayanan serta promosi kesehatan berperan penting dalam pencegahan infeksi tersebut.

Selain itu dapat dilakukan pemutusan mata rantai penularan hal tersebut dianggap paling mudah dalam pencegahan infeksi. Akan tetapi segala hasil yang ada juga bergantung pada tata cara petugas kesehatan melaksanakan prosedur kesehatan yang ada.

Demikian artikel yang berjudul Pengertian Kewaspadaan Penularan Lewat Kontak dan Strategi Pencegahan. Semoga artikel yang Kami sajikan dapat bermanfaat untuk Anda.

Artikel yang Terkait:

Leave a Reply

Alamat IDTesis Surabaya

Jl Gayungan VIII No 3, Surabaya (Carefour A Yani maju 100 m, ambil kiri ke arah Polsek Gayungan/Telkom Injoko)