HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pencegahan dan Pengobatan Malaria

Malaria  Pencegahan dan Pengobatan Malaria

Malaria

Malaria  ~Malaria merupakan suatu jenis penyakit yang ditimbulkan karena adanya penularan genus plasmodium. Pada penyakit malaria gejal yang lebih ditujukkna lebih mengarah pada suhu tubuh yang mengalami demam secara berulang-ulang.

Malaria juga dapat dikatakan suatu penyakit yang ditimbulkan akibat tertularnya parasit genus plasmadium sehingga penderita ini mengalami infeksi. Pada penyakit ini ditularkan oleh nyamuk anopheles melalui gigitannya.

Nyamuk anopheles dapat hidup pada daerah yang beriklim sedang, pada kasus ini benua Afrika dan India menduduki peringkat yang terbesar terserang penyakit ini, tak terkecuali Indonesia.

Banyak yang mengira penyakit malaria sama dengan demam berdarahkarena punya gejala yang mirip dan sama-sama ditularkan oleh nyamuk. Namun perlu diketahui bahwa keduanya berbeda. Malaria disebabkan oleh nyamuk anopheles yang membawa parasit plasmodium, sementara demam berdarah disebabkan oleh nyamuk  Aedes Aegypti yang membawa visrus Dengue.

Gejala malaria mirip dengan gejala flu biasa. Penderita mengalami demam, menggigil, nyeri otot persendian dan sakit kepala. Penderita mengalami mual, muntah, batuk dan diare. Gejala khas malaria adalah adanya siklus menggigil, demam dan berkeringat yang terjadi berulang ulang. Pengulangan bisa berlangsung tiap hari, dua hari sekali atau tiga hari sekali terggantung jenis malaria yang menginfeksi. Gejala lain warna kuning pada kulit akibat rusaknya sel darah merah dan sel hati.

Pada pencegahan penyakit ini pemerintah melaksakan Foging atau pengasapan pada tempat-tempat yang tergolong endemik malaria. Akan tetapi untuk antisipasi kita juga harus melakukan pencegahan, meliputi:

  1. Memakai baju tertutup
  2. Menggunakan lotion anti nyamuk
  3. Menggunakan kelambu nyamuk pada tempat tidur
  4. Hindari keluar rumah ketika senja
  5. Menyemprot obat nyamuk ketika hendak tidur

Penyakit malaria pada umumnya memiliki resiko yang tinggi pada kehidupan manusia, oleh sebab itu jika kita terserang penyakit malaria hendaknya kita sesegera mungkin mengobati agar tidak jadi keadaan yang merugikan secara berkepanjangan. Adapun pengobatan yang dapat dijalani ketika terserng penyakit malaria meliputi :

  1. Mengobati penyakit malaria berdasarkan plasmodium yang telah ditularkan
  2. Memberikan obat oral pada penderita malaria ringan
  3. Melakukan observasi sesegera mungkin di rumah sakit

Demikian artikel yang berjudul Pencegahan dan Pengobatan Malaria. Emoga artikel yang Kami sajikan dapat bermanfaat bagi Anda.

Incoming search terms:

Leave a Reply