HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pengertian Strategi Directly Observed Treatment Short Course

Directly Observed Treatment Short Course Pengertian Strategi Directly Observed Treatment Short Course

Directly Observed Treatment Short Course

Directly Observed Treatment Short Course  ~Dalam mencapai suatu tujuan yang diharapkan tentu saja dibutuhkan suatu strategi yang akan diterapkan dalam upaya pencapaian tujuan tersebut. Tak terkecuali pada pencegahan yang ada pada setiap penyakit, setiap penyakit akan membutuhakan suatu strategi dalam menanggulangi penyakit tersebut.

Salah satunya adalah TBC dalam menanggulangi TBC ada strategi yang digunakan dan telah direkomendasikan oleh WHO khususnya. Startegi penanggulangan TBC disebut dengan Directly Observed Treatment Short Course atau DOTS. Dalam DOTS dijelaskan adanya lima kompinen yang akan berdaya upaya didalamnya.

Lima komponen tersebut yang nantinya akan dijadikan dasar dalam pelaksanaan penanggulangan  TBC. Adapun lima komponen tersebut mencakup:

  1. Penemuan kasus
  2. Komitmen politik
  3. Jaminan tersedianya obat
  4. Tepat waktu
  5. Pencatatan pelaporan

Pada awal tahun 2000 Directly Observed Treatment Strategi merupakan klinik paru yang didirikan di Filipina yang telah disertifikati oleh Departemen Kesehatan dan diakreditasi oleh Philhealth Insurance Corp Ini menjadi satelit DOTS Ditambah Clinic pada tahun 2004 melalui koordinasi tripartit antara Departemen Kesehatan , Tropical Disease Foundation Inc . , dan Lung Center of the Philippines .

Pengobatan yang dilakukan diklinik tersebut bersifat jangka pendek dan langsung pada pengamatan. Hal tersebut dianggap sebagai metode yang ampuh dan yang paling efektif dari DOTS. Dalam strategi tersebut juga terdapat suatu atauran kepatuhan pasien.

Dengan DOTS kita mampu mencapai kualitas hidup yang lebih baik dan terhindar dari penyakit TBC. Dalam hal ini DOTS juga dapat mencapai tingkat kesembuhan yang tinggi dan mampu memperluas pelayanan. Program tersebut terbuka untuk semua pasien yang telah dicurigai memiliki potensi terkena penyakit TBC.

Pasien-pasien yang terkena penyakit TBC telah menghadiri berbagai pelatihan yang dilakukan oleh individu yang terlatih. Penyakit tersebut dapat dikontak langsung denga cara :

  1. Prinsip pengobatan dasar
  2. Adanya pemantuan efek samping
  3. Respon pengobatan yang memberikan tanda-tanda baik
  4. Konsekuensi kegagalan pengobatan

Demikian artikel yang membahas mengenai Strategi Directly Observed Treatment Short Course. Semoga artikel yang Kami sajikan mampu menambah luas wawasan Anda.

Artikel yang Terkait:

Leave a Reply