HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Manajemen: Mempengaruhi Struktur Modal pd Perusahaan Otomotif

Judul Skripsi : Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal pada Perusahaan Otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta

 

A. Latar Belakang

Struktur modal merupakan masalah penting dalam pengambilan keputusan mengenai pembelanjaan perusahaan. Keputusan struktur modal secara langsung berpengaruh terhadap besarnya risiko yang ditanggung pemegang saham serta besarnya tingkat pengembalian atau keuntungan yang diharapkan (Brigham dan Houston, 2006). Merupakan tugas dari manajer keuangan untuk menentukan komposisi struktur modal perusahaan. Manajer keuangan harus mengusahakan agar perusahaan memperoleh dana yang diperlukan dengan biaya minimal dan syarat-syarat yang paling menguntungkan.

Adanya faktor-faktor yang mempengaruhi struktur modal perusahaan menjadi hal yang penting sebagai dasar pertimbangan dalam menentukan komposisi struktur modal perusahaan. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi komposisi struktur modal perusahaan diantaranya stabilitas penjualan, struktur aktiva, leverage operasi, tingkat pertumbuhan, profitabilitas, pajak, pengendalian, sikap manajemen, ukuran perusahaan, dan fleksibilitas keuangan (Brigham dan Houston, 2006). Dalam penelitian ini, peneliti hanya membatasi beberapa faktor yang akan diteliti yang diduga berpengaruh terhadap struktur modal diantaranya profitabilitas, struktur aktiva, pertumbuhan penjualan, ukuran perusahaan, dan pajak.

 

B. Rumusan Masalah

Bagaimana pengaruh profitabilitas, struktur aktiva, pertumbuhan penjualan, ukuran perusahaan, dan pajak terhadap struktur modal pada perusahaan otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta?

 

C. Landasan Teori

Struktur Modal

Struktur modal merupakan perbandingan atau imbangan pendanaan jangka panjang perusahaan yang ditunjukkan oleh perbandingan hutang jangka panjang terhadap modal sendiri (Martono dan Agus, 2007). Sutrisno (2001) mendefinisikan struktur modal merupakan pembelanjaan permanen dimana mencerminkan perimbangan antara modal asing dengan unsur-unsur modal sendiri. Struktur modal ini merupakan masalah penting bagi perusahaan karena baik atau buruknya struktur modal akan mempunyai efek langsung terhadap posisi keuangan perusahaan.

Pengertian Modal

Modal pada dasarnya dapat dibagi menjadi dua bagian yaitu modal aktif dan modal pasif. Modal aktif menunjukkan penggunaan dana yang tertera di sisi aktiva (aktiva lancar dan aktiva tetap) yaitu yang menggambarkan bentuk-bentuk dalam sebelah mana dana yang diperoleh perusahaan ditanamkan. Sedangkan modal pasif menunjukkan sumber dana yang tertera di sisi pasiva yang menggambarkan sumber-sumber dana dari mana diperoleh atau asal dana diperoleh. Modal pasif terdiri atas hutang jangka pendek, hutang jangka panjang, dan modal sendiri.

Agency Theory

Menurut Jensen dan Meckling (Horne dan Makowitz, 2007; 244), salah satu pendapat dari teori agensi adalah siapapun yang mengeluarkan biaya pengawasan, biaya tersebut pada akhirnya ditanggung oleh pemegang saham.

 

D. Metode Penelitian

Teori-teori yang ada dalam struktur modal antara lain: Agency Theory, Signaling Theori, Asyimmetric Information Theory, dan Peching Order Theory. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh profitabilitas, struktur aktiva, pertumbuhan penjualan, ukuran perusahaan, dan pajak terhadap struktur modal dengan menggunakan regresi linier berganda melalui program SPSS.

 

E. Kesimpulan

  1. Secara bersama – sama Struktur Profitabilitas (X1), Struktur Aktiva (X2), Pertumbuhan Penjualan (X3), Ukuran perusahaan (X4), dan Pajak (X5) berpengaruh secara signifikan terhadap Struktur modal pada perusahaan Otomotif di Bursa Efek Jakarta. Sedangkan besarnya pengaruh kelima variabel bebas tersebut adalah sebesar 13,7%, sedangkan sisanya 86,3% dipengaruhi oleh variabel bebas lainnya.
  2. Secara parsial variabel ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap stuktur modal perusahaan. Artinya semakin besar ukuran perusahaan maka semakin besar perusahaan dalam menggunakan leveragenya.
  3. Secara parsial variabel profitabilitas, struktur aktiva , pertumbuhan penjualan dan pajak tidak terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap struktur modal.

 

Contoh Skripsi Manajemen

  1. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal pada Perusahaan Otomotif yang Terdaftar di BEJ
  2. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Puskesmas Depok I di Sleman
  3. Tinjauan Pelaksanaan Program Pendidikan dan Pelatihan dan Hubungan dengan Motivasi Kerja Karyawan
  4. Usulan Penerapan Sistem Material Requirements Planning (MPR) dalam Perencanaan dan Pengendalian
  5. Aplikasi Quality Function Deployment dalam Triz (Theory Of Inventive Problem Solving) Pada Peningkatan Kualitas Jasa
Incoming search terms:

Leave a Reply