HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Manajemen: Faktor yg Mempengaruhi Struktur Modal pd Perusahaan Otomotif

Judul Skripsi : Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal pada Perusahaan Otomotif yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta

 

A. Latar Belakang

Semakin berkembangnya pembangunan industri otomotif saat ini, maka perusahaan otomotif dituntut untuk lebih profesional dalam kinerjanya serta mempunyai wawasan yang luas agar dapat menghasilkan atau menciptakan produk otomotif yang berkualitas baik sehingga konsumen akan tertarik dan sanggup mengeluarkan berapapun dananya untuk sebuah produk otomotif tersebut.

Berdasarkan latar belakang tersebut, terlihat bahwa keputusan struktur modal merupakan keputusan yang sangat penting dalam kelangsungan hidup perusahaan, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi struktur modal pada Perusahaan Otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta”

 

B. Rumusan Masalah

Bagaimana pengaruh profitabilitas, struktur aktiva, pertumbuhan penjualan, ukuran perusahaan, dan pajak terhadap struktur modal pada perusahaan otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta?

 

C. Kajian Pustaka

Struktur Modal

Struktur modal merupakan perbandingan atau imbangan pendanaan jangka panjang perusahaan yang ditunjukkan oleh perbandingan hutang jangka panjang terhadap modal sendiri (Martono dan Agus, 2007). Sutrisno (2001) mendefinisikan struktur modal merupakan pembelanjaan permanen dimana mencerminkan perimbangan antara modal asing dengan unsur-unsur modal sendiri.

Agency Theory

Menurut Jensen dan Meckling (Horne dan Makowitz, 2007; 244), salah satu pendapat dari teori agensi adalah siapapun yang mengeluarkan biaya pengawasan, biaya tersebut pada akhirnya ditanggung oleh pemegang saham. Contohnya, para pemilik utang, karena mengantisipasi biaya pengawasan, akan membebankan bunga yang lebih tinggi. Semakin besar kemungkinan biaya pengawasan, semakin tinggi biaya bunga dan semakin rendah nilai perusahaan bagi para pemegang saham. Jumlah pengawasan yang diisyaratkan oleh pemilik utang akan naik sejalan dengan jumlah utang yang belum dilunasi. Jika hanya ada sedikit atau tidak ada utang, para pemberi pinjaman hanya dapat melakukan pengawasan terbatas, sementara jika terdapat banyak utang, mereka mungkin dapat mendesak pengawasan yang ekstensif.

Faktor-Faktor yang mempengaruhi Struktur Modal

Oleh karena itu, manajer keuangan di dalam operasinya perlu berusaha untuk memenuhi suatu sasaran tertentu mengenai perimbangan antara besarnya hutang dan jumlah modal sendiri. Untuk menentukan perimbangan antara total hutang dengan modal sendiri yang tercermin dalam struktur modal perusahaan perlu diperhitungkan berbagai faktor yang mempengaruhi struktur modal. Menurut Brigham dan Houston (2006 ; 42), perusahaan umumnya mempertimbangkan faktor-faktor berikut ketika membuat keputusan-keputusan struktur modal :

  1. Stabilitas penjualan
  2. Struktur aktiva
  3. Leverage operasi
  4. Tingkat pertumbuhan
  5. Profitabilitas
  6. Pajak
  7. Pengendalian
  8. Sikap manajemen
  9. Ukuran perusahaan
  10. Fleksibilitas Keuangan

 

D. Metode Penelitian Skripsi

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh profitabilitas, struktur aktiva, pertumbuhan penjualan, ukuran perusahaan, dan pajak terhadap struktur modal dengan menggunakan regresi linier berganda melalui program SPSS.

Data yang digunakan yaitu berupa laporan keuangan dari Perusahaan Otomotif yang listing di Bursa Efek Jakarta periode tahun 2001 sampai dengan tahun 2005.

 

E. Kesimpulan

  1. Secara bersama – sama Struktur Profitabilitas (X1), Struktur Aktiva (X2), Pertumbuhan Penjualan (X3), Ukuran perusahaan (X4), dan Pajak (X5) berpengaruh secara signifikan terhadap Struktur modal pada perusahaan Otomotif di Bursa Efek Jakarta. Sedangkan besarnya pengaruh kelima variabel bebas tersebut adalah sebesar 13,7%, sedangkan sisanya 86,3% dipengaruhi oleh variabel bebas lainnya.
  2. Secara parsial variabel ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap stuktur modal perusahaan. Artinya semakin besar ukuran perusahaan maka semakin besar perusahaan dalam menggunakan leveragenya.
  3. Secara parsial variabel profitabilitas, struktur aktiva , pertumbuhan penjualan dan pajak tidak terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap struktur modal.

Contoh Skripsi Manajemen

  1. Analisis Dampak Jangka Panjang Merger dan Akuisisi Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan
  2. Analisis Hubungan Display dengan Minat Beli Konsumen di Mini Market ‘X’ Tahun 1997
  3. Analisis Hubungan Sistem Penilaian Prestasi Kerja dengan Motivasi Kerja Karyawan Non Manajer
  4. Peranan Saluran Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan pada PT. Asuransi Bintang, Kantor Cabang Bandung
  5. Analisis Perpindahan Konsumen Pada Penyedia Jasa Telepon Selular dari Provider Lain Menuju Exelcomindo

 

Incoming search terms:

Leave a Reply