HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:2B7D0DB6

Kegunaan dan Peranan Penelitian

Menurut Nazir (1988) kegunaan penelitian adalah untuk menyelidiki keadaan dari, alasan untuk, dan konsekuensi terhadap suatu set keadaan khusus. Keadaan tersebut bisa saja dikontrol melalui percobaan (eksperimen) ataupun berdasarkan obeservasi tanpa kontrol.

Secara umum, setidaknya terdapat empat tujuan dilakukannya penelitian, yakni:

  1. Tujuan eksploratif; merupakan penelitian yang digunakan untuk menemukan sesuatu yang baru dalam bidang tertentu.
  2. Tujuan verifikatif; merupakan penelitian yang digunakan untuk menguji kebenaran sesuatu dalam bidang ilmu yang telah ada.
  3. Tujuan developmental; merupakan penelitian yang digunakan untuk mengembangkan sesuatu dalam bidang yang telah ada.
  4. Dapat juga untuk digunakan penulisan tugas ilmiah seperti skripsi, tesis, dan disertasi.

Lebih lanjut Nazir (1988) mengemukakan bahwa penelitian memegang peranan yang sangat penting dalam memberikan fondasi terhadap tindak serta keputusan dalam segala aspek pembangunan. Adalah sangat sulit, bahkan tidak mungkin sama sekali, utnuk memperoleh data yagn terpercaya yang dapat digunakan dalam perencanaan pembangunan, jika penelitian tidak pernah diadakan, serta kenyataan-kenyataan tidak pernah diuji lebih dahulu melalui penelitian. Tidak ada satu negara yang sudah maju dan berhasil dalam pembangunan, tanpa melibatkan banyak daya dan dana dalam bidang penelitian.

Peranan penelitian

  1. Sebagai pemecah masalah, meningkatkan kemampuan untuk menginterpretasikan fenomena-fenomena dari suatu masalah yang kompleks dan saling berkaitan.
  2. Memberikan jawaban atas pertanyaan dalam bidang yang diajukan, meningkatkan kemampuan utnuk menjelaskan atau menggambarkan fenomena-fenomena dari masalah tersebut.
  3. Mendapatkan pengetahuan/ ilmu baru.

Hasil penelitian tidak dapat dengan segera dinikmati, tetapi biasanya mempunyai lag waktu (time lag) dan mempunyai bentuk grafik sebagai berikut:

 1. gambar 1.12 300x143 Kegunaan dan Peranan Penelitian

Penanaman modal dalam penelitian pada waktu T diharapkan akan memberikan sumbangan sesudah 2 atau 3 tahun kemudian. Sumbangan penelitian kemudian terus meningkat sampai ke-level M sesudah kira-kira 10 tahun. Tergantung dari jenis penelitian, maka sesudah 10 tahun, akan terjadi penyusutan dari output penelitian.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap tentang produk kami silahkan klik link berikut :

Jasa Pembuatan Tesis Jasa Pembuatan Skripsi Jasa Pembuatan Makalah Jasa Olah Data

 

 

Atau menghubungi nomor kontak berikut 0852.2588.7747 (AS) atau 0857.0.1111.632 (IM3) email IDTesis@gmail.com

Tags:
Leave a Reply

Current ye@r *

Alamat :

Jl Veteran Gang Satria UH II / 1060 Muja-Muju Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta (Belakang Pegadaian Syariah Jln Veteran)

HP AS : 0852.2588.7747 

Stat