HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Ekonomi: Penggunaan Letter Of Credit pd PT. Kusumahadi Santosa

Judul Skripsi : Penggunaan Letter Of Credit (L/C) pada PT. Kusumahadi Santosa di Jaten Karanganyar

 

A. Latar Belakang

Pemahaman tentang Letter of Credit (L/C) secara mendalam dibutuhkan oleh para pihak eksekutif perbankan terutama yang berhubungan dengan lalu lintas pembayaran internasional. Semakin ahli para eksportir dalam menyiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan dalam Letter of Credit (L/C) tersebut maka pejabat perbankan lebih mudah melakukan penelitian dan pemeriksaan dokumen. Hal ini dengan sendirinya akan mempertinggi efisiensi pengelolaan dokumen di bank devisa.

Kusumahadi Santosa adalah salah satu perusahaan eksportir yang bergerak di bidang industri tekstil khususnya kain jenis katun dan rayon yang bercorak batik yang berlokasi di Jalan Raya Jaten Km 9,4 Jaten Karanganyar. Perusahaan ini mengekspor produknya baik dalam negeri maupun luar negeri. Untuk dalam negeri yaitu Surakarta, Surabaya, Jakarta, dan Bali, sedangkan untuk luar negeri yaitu UEA (Dubai), Turki, Italia, Belanda, Swiss, Arab Saudi, Jepang, Korea, Taiwan, Jerman, Singapura, Malaysia, serta negara Eropa lainnya. Sistem pembayaran yang digunakan PT. Kusumahadi Santosa adalah Letter of Credit dan Telegraphic Transfer dengan tingkat persentasenya 50% yang memakai Letter of Credit dan 50% yang pakai Telegraphic Transfer.

 

B. Perumusan Masalah

  1. Apakah cara pembayaran L/C sudah melindungi kepentingan para pihak di dalam transaksi ekspor pada PT. Kusumahadi Santosa?
  2. Apakah kelebihan dan kelemahan penggunaan L/C dalam transaksi perdagangan ekspor pada PT. Kusumahadi Santosa?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Ekspor

Ekspor merupakan salah satu kegiatan perdagangan, yaitu kegiatan usaha jual beli barang atau jasa yang dilaksanakan secara terus menerus dengan memperoleh keuntungan dengan melintasi daerah pabean (Indonesia) berdasarkan ketentuan yang berlaku (BPEN Departemen Perindustrian dan Perdagangan, 2003 : 1).

Metode Pembayaran Ekspor

Perbankan mempunyai peran yang sangat penting dalam mempelancar dan membantu kelangsungan pembayaran transaksi perdagangan internasional, karena sebagian besar/bahkan semua proses pembayaran transaksi perdagangan internasional dilakukan melalui sistem perbankan yaitu dengan pemindah bukuan rekening yang dipersyaratkan dalam transaksi.

Pengertian Letter of Credit

Letter of Credit adalah suatu surat yang dikeluarkan oleh bank devisa atas permintaan importir nasabah bank devisa bersangkutan dan ditujukan pada eksportir di luar negeri yang menjadi relasi dari importir tersebut. Isi surat itu menyatakan bahwa eksportir penerima L/C diberi hak oleh importer untuk menarik wesel atas bank pembuka untuk sejumlah uang yang disebut dalam surat itu.

 

D. Metode Penelitian

Suatu penelitian pada dasarnya adalah mencari dan mendapatkan data yang selanjutnya dilakukan penyusunan dalam bentuk laporan hasil penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian Tugas akhir ini adalah studi kasus, karena mengambil/memfokuskan suatu obyek tertentu untuk dianalisa lebih mendalam.

Jenis data pada penelitian tersebut yaitu data primer dan data sekunder.

Metode Penelitian data pada metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, studi kepustakaan dan observasi.

 

E. Kesimpulan

  1. Bagi Eksportir
  2. Adanya kepastian pembayaran dan menghindari resiko Eksportir tidak mengenal importir, tetapi dengan adanya L/C sudah merupakan jaminan bagi eksportir bahwa tagihannya pasti dilunasi bank sesuai dengan ketentuan.
  3. Penguangan dokumen dapat langsung dilakukan Bila barang sudah dikapalkan, maka dengan adanya L/C shipping document dapat langsung diuangkan dengan Advising Bank dan tidak perlu menunggu pembayaran dari importir karena pembayaran sudah dijamin oleh Opening Bank.
  4. Bagi Importir
    1. Impotir dapat menggunakan hak pemilikan atas dokumen-dokumen berdasarkan L/C untuk memperoleh pembiayaan selanjutnya.
    2. Importir dapat mencantumkan syarat-syarat untuk pengamanan yang pasti akan dipatuhi eksportir agar dapat menarik uang dari L/C yang
  5. Kelemahan penggunaan L/C di dalam transaksi perdagangan antara lain :
    1. Importir tidak mendapat jaminan bahwa barang-barang yang dipesan dengan harga tertentu adalah sebenarnya yang dikapalkan.
    2. Bank-bank hanya berkepentingan dalam dokumen saja dan tidak dalam barang-barang.

 

Contoh Skripsi Ekonomi

  1. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Sisa Hasil Usaha Koperasi Pegawai Negeri di Kota Surakarta Tahun 2007
  2. Penggunaan Letter Of Credit (LC) pada Pt. Kusumahadi Santosa di Jaten Karanganyar
  3. Pengaruh Leverage terhadap Manajemen Laba dengan Variabel Pemoderasi Arus Kas Bebas pada Perusahaan
  4. Proses Produksi Paper Bag pada Pt.Wangsa Jatra Lestari di Kartasura
  5. Optimalisasi Ekspor Tekstil dan Produk Tekstil Indonesia ke Amerika Serikat Melalui Penerbitan

 

Incoming search terms:

Leave a Reply