HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Manajemen: Administrasi Kompensasi Karyawan di PT. Kusumahadi

Judul Skripsi : Administrasi Kompensasi Karyawan di PT. Kusumaha di Santosa Karanganyar

 

A. Latar Belakang

Apabila suatu perusahaan tidak mampu mengembangkan dan menerapkan suatu administrasi kompensasi yang baik, perusahaan bukan hanya akan kehilangan tenaga-tenaga kerja yang terampil dan berkemampuan tinggi, tetapi juga akan kalah bersaing dalam pasaran tenaga kerja. Jika situasi demikian terus berlanjut, maka perusahaan yang bersangkutan tidak akan mampu menghasilkan produk yang memungkinkannya mencapai tujuan dan sasarannya. Karena pada dasarnya setiap perusahaan menghasilkan suatu produk tertentu. Sehingga jelaslah bahwa pengembangan dan penerapan suatu administrasi kompensasi yang handal sangat penting bagi semua perusahaan.

Administrasi kompensasi yang diterapkan di PT. KUSUMAHADI SANTOSA melibatkan beberapa fungsi, antara lain fungsi kepegawaian, fungsi keuangan, dan fungsi akuntansi. Semua fungsi saling berhubungan antar satu dengan yang lainnya dalam mendukung pelaksanaan administrasi kompensasi karyawan. Apabila terjadi gangguan pada salah satu fungsi maka akan dapat menghambat pelaksanaan pemberian kompensasi, yang dampaknya juga akan menghambat bahkan dapat memutus alur kerja di PT. KUSUMAHADI SANTOSA.

 

B. Rumusan Masalah

“Bagaimanakah administrasi kompensasi karyawan di PT. KUSUMAHADI SANTOSA?”

 

C. Landasan Teori

Pengertian Administrasi

Pengertian administrasi menurut Sondang P. Siagian (2003: 2) “adalah keseluruhan proses kerja sama antara dua orang manusia atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya”. Sedangkan pendapat lain mengenai pengertian administrasi “adalah suatu usaha bersama untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien, dengan menggunakan segala dana dan daya yang ada” (Suharsini Arikunto, 1990: 31).

Arsip

Pengertian arsip menurut Undang-undang No. 7 Tahun 1971 adalah sebagai berikut:

  1. Naskah-naskah yang dibuat dan diterima oleh lembaga-lembaga dan badan-badan pemerintah dalam bentuk corak apapun, baik dalam keadaan tunggal maupun berkelompok dalam rangka pelaksanaan kegiatan pemerintahan.
  2. Naskah-naskah yang dibuat dan diterima oleh badan-badan swasta atau perorangan, dalam bentuk corak apapun, baik dalam keadaan tunggal maupun berkelompok dalam rangka pelaksanaan kehidupan kebangsaan.

Pengertian Kompensasi

Pengertian kompensasi menurut Gary Dessler (1984:349) “adalah semua bentuk penggajian atau ganjaran yang diterima pegawai yang timbul akibat kepegawaian mereka”.

 

D. Metode Penelitian

Dalam penelitan ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan pengamatan terhadap pelaksanaan administrasi kompensasi karyawan, selain itu penulis melakukan wawancara dengan berbagai pihak yang terkait, kemudian penulis juga melakukan analisis terhadap dokumen-dokumen yang terkait dengan administrasi kompensasi karyawan di PT. KUSUMAHADI SANTOSA. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik interaktif.

 

E. Kesimpulan Skripsi

Berdasarkan pembahasan terhadap temuan-temuan yang peneliti dapatkan pada saat melakukan penelitian terhadap administrasi kompensasi karyawan yang di terapkan di PT. KUSUMAHADI SANTOSA, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa administrasi kompensasi karyawan yang diterapkan di PT. KUSUMAHADI SANTOSA telah dilaksanakan secara terencana dan sistematis.

Setiap bagian mampu melaksanakan setiap tugasnya dengan baik, mereka telah sangat paham tentang segala sesuatu yang harus mereka laksanakan, hal ini karena kegiatan administrasi kompensasi merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara periodik dalam kurun waktu satu bulan. Hingga pada akhirnya pelaksanaan pemberian kompensasi pada karyawan dapat dilaksanakan dengan tertib dan teratur tanpa adanya suatu kesalahan sehingga setiap karyawan yang bekerja pada perusahaan dapat menerima hak mereka yaitu berupa kompensasi sesuai dengan apa yang telah mereka dedikasikan untuk perusahaan. Namun terdapat satu hal dalam administrasi kompensasi karyawan di PT. KUSUMAHADI SANTOSA yang menurut peneliti memerlukan perhatian dari perusahaan, yaitu dalam pelaksanaan pencatatan waktu kerja karyawan yang masih menggunakan sistem konvensional yang rawan terjadinya manipulasi pencatatan waktu kerja oleh karyawan.

 

Contoh Skripsi Manajemen

  1. Administrasi Kompensasi Karyawan di PT. Kusumahadi Santosa Karanganyar
  2. Tanggapan Konsumen Terhadap Produk, Harga, Pelayanan dan Lokasi Pada Rocketz
  3. Evaluasi Penerapan Strategi Segmentasi, Targeting dan Positioning pada PT KUSUMA
  4. Penerapan Promotional Mix yang Efisien Guna Meningkatkan Volume Penjualan pada PT. Kusuma Mulia Textile Surakarta
  5. Potensi dan Strategi Pengembangan Obyek Wisata Air Terjun Jumog Kabupaten Karanganyar
Incoming search terms:

Leave a Reply

Alamat IDTesis Surabaya

Jl Gayungan VIII No 3, Surabaya (Carefour A Yani maju 100 m, ambil kiri ke arah Polsek Gayungan/Telkom Injoko)