HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Ekonomi: Strategi Pemasaran Ekspor pada PT. Kusumahadi Santoso

Judul Skripsi : Strategi Pemasaran Ekspor pada PT. Kusumahadi Santoso Jaten Karanganyar

 

A. Latar Belakang

Pemasaran merupakan faktor terpenting dalam sebuah perusahaan yang berperan terhadap perkembangan dan kelangsungan hidupnya. Sebuah perusahaan akan tetap berjalan jika produk-produk yang dihasilkan dapat sampai pada konsumen dan mencapai targetnya dari semua itu sebenarnya tujuan sebuah perusahaan adalah bagaimana caranya untuk mendapatkan laba semaksimal mungkin dari adanya transaksi yang dilakukan. untuk mencapai laba yang maksimal tentunya diperlukan pemasaran yang efektif, guna menghantarkan produk-produknya kepada konsumen dan menjadi sesuatu yang dibutuhkan serta dicari oleh banyak konsumen.

Kusumahadi Santoso adalah salah satu perusahaan eksportir yang bergerak dibidang industri tekstil khususnya kain jenis katun dan rayon yang bercorak batik, yang berlokasi di Jalan Raya Km. 9,4 Jaten Karanganyar. Perusahaan ini mengekpor hasil produknya baik didalam negeri maupun diluar negeri. Di dalam negeri sendiri yaitu Surabaya, Bandung, Jakarta dan Bali. Sedangkan keluar negeri yaitu UEA, Turki, Italia, Belanda, Swiss, Arab saudi, Jepang, Jerman, Korea serta negara Eropa lainnya.

 

B. Perumusan Masalah

  1. Bagaimana Strategi pemasaran Ekspor yang diterapkan oleh PT. Kusumahadi Santoso di karanganyar?
  2. Hambatan- hambatan apa yang dihadapi PT. Kusumahadi Santoso dalam memasarkan produk ekspornya?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Ekspor

Ekspor adalah menjual barang dan jasa kenegara asing untuk dipertukarkan dengan produk lain atau uang dalam bentuk valuta asing (curry,2001:195), sama halnya dengan perdagangan luar negeri yang disebut ekspor adalah kegiatan mengeluaran barang dari daerah pabean Indonesia (PPEI,2004:1).

Pengertian Pemasaran

Pemasaran merupakan faktor terpenting dalam sebuah perusahaan yang berperan terhadap perkembangan dan kelangsungan hidupnya. Sebuah perusahaan akan tetap berjalan jika produk-produk yang dihasilkan dapat sampai pada konsumen dan mencapai targetnya dari semua itu sebenarnya tujuan sebuah perusahaan adalah bagaimana caranya untuk mendapatkan laba semaksimal mungkindari adanya transaksi yang dilakukan. Untuk mencapai laba yang maksimal tentunya diperlukan pemasaran yang efektif, guna menghantarkan produk-produknya kepada konsumen dan menjadi sesuatu yang dibutuhkan serta dicari oleh banyak konsumen.

Transaksi Ekspor Impor

Transaksi perdagangan internasional atau ekspor impor adalah suatu transaksi sederhana dan tidak lebih dari menjual dan membeli barang antar perusahaan yang bertempat tinggal dinegara yang berbeda (Rooselyn hutabarat,1989:1), sedangkan dalam (makalah PPEI,2004:1) Transaksi ekspor adalah aktifitas penjualan barang yang dilakukan oleh pengusaha yang bertempat tinggal disuatu negara lain yang berbeda wilayah.

 

D. Metode Penelitian Skripsi

Pada penelitian Ruang Lingkup ini mengambil satu abyek tertentu untuk dianalisis secara mendalam dengan memfokuskan pada suatu masalah.

Jenis Data pada penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder.

Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah orang, kegiatan, lokasi, dan dokumen.

Metode atau cara yang digunakan untuk pengumpulan dalam penelitian ini adalah wawancara, studi pustaka, observasi.

 

E. Kesimpulan

  1. Dalam memasarkan produknya, PT Kusumahadi Santoso menggunakan berbagai strategi diantaranya Strategi Produk yaitu menjaga mutu, kualitas, brand barang yang akan diekspor, Strategi Harga yaitu dengan adanya persaingan harga maka produk yang akan diekspor terjamin kualitasnya, Strategi Distribusi yaitu mengunakan dua Saluran distribusi untuk pemasarannya, saluran distribusi langsung dan Saluran distribusi tidak langsung (perantara). Strategi Promosi ini dilakukan agar importir bias mengetahui dengan mudah produk yang diekspor.
  2. Hambatan yang dialami PT Kusumahadi Santoso dalam memasarkan produknya meliputi: Pertama, masalah Produk yang bersaing dengan perusahaan sejenis mengenai mutu, kualitas, merek dll. Kedua adalah masalah Harga, persaingan Harga sangat menentukan untuk mengukur apakah produk itu laku atau tidak dipasarkan dan harus disesuaikan dengan produknya. Ketiga, masalah Delivery yang disebabkan karena adanya ganguan teknis maupun non teknis mulai dari pemesanan bahan baku, proses produksi, dan proses pengiriman barang kepada Buyer. Keempat, masalah Promosi, kurang aktifnya perusahaan dalam mempromosikan barang disebabkan karena tidak adanya Staff yang ahli dibidang pemasaran dan hanya mengandalkan pesanan dari Buyer saja.

 

Contoh Skripsi Ekonomi

  1. Analisis Metode Perhitungan Bagi Hasil Pada Pembiayaan Mudharabah Berdasarkan Fatwa Dewan Syariah Nasional (DSN) di BMT Khonsa Cilacap
  2. Analisis Elastisitas Permintaan Jagung di Jawa Tengah
  3. Strategi Pemasaran Ekspor Shopping Bag pada PT Wangsa Jatra Lestari di Kartasura
  4. Strategi Pemasaran Ekspor pada PT. Kusumahadi Santoso Jaten Karanganyar
  5. Abnormal Return Saham di Bursa Efek Jakarta Sebelum dan Sesudah Peristiwa Peledakan Bom di Bali 12 Oktober 2002

 

Incoming search terms:

Leave a Reply