HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pengertian Endemi dan Endemisme beserta Indikator-nya

Endemi Pengertian Endemi dan Endemisme beserta Indikator-nya

Endemi

Endemi ~ Endemi merupkan keberadaan suatu penyakita yang ditmbulkan akibat merebaknya wabah atau infeksi pada suatu wilayah atau daerah tertentu. Endemi pada umumnya menyerang berbagai populasi yang ada pada wilayah yang rawan dari penyakit.

Selain itu endemi juga dapat digunakan sebagai suatu alat yang mengukur serta menyatakan suatu inseden kasus baru penyakit yang ada dalam keadaan positif tererang infeksi atau wabah tersebut. Sehingga dapat dikatakan bahwa endemi merupakan suatu posisi yang digunakan untuk menentukan kasus suatu wilayah.

Daerah yang terserang atau yang lebih sering terkena endemi biasanya memiliki kasus yang sangat khas. Pada dasarnya kekhasan tersebut dapat dilihat dari penduduknya yang sering mengalami pembesaran kelenjar gondok, yang dapat dikleompokkan menjadi:

  1. Daerah GAKY berat, bila TGR lebih dari 30 %
  2. Daerah GAKY sedang, bila TGR antara 20 sd 29,9%
  3. Daerah GAKY ringan, bila TGR antara 5 sd 19,9%
  4. Daeah non-endemic, bila TGR kurang 5%

Endemi juga berasal dari suatu laju penyakit yang dapat dinyatakan kedalam bilangan konstan, namun yang memberdakan dengan yang lainnya tingakatannya yang relatif sangat tinggi pada suatu wilayah dan populasi tertentu.

Jika dilihat dari kacamata lingkungan endemi merupakan suatu gejala yang ada dalam suatu organisme yang sifatnya relatif unik bersamaan dengan kondisi geografisnya. Untuk dikatakan sebaga suatu endemik juga harus ditemukan suatu organisme pada tempat lainnya.

Wilayah-wilayah yang dapat terancam endemik biasanya ditandai dengan aktivitas yang sangat sering dengan penebangan hutan yang liar, dengan metode-metode pembukaan lahan yang dilakukan dengan cara pembakaran hutan.

Dua hal yang ada tersebut biasanya ditandai dengan banyaknya peenduduk yang sehingga pada wilayah tersebut seringkali terserang suatu penyakit yang dapat tergolong berbahaya yang membawa infeksi.

Demikian artikel yang berjudul Pengertian Endemi dan Endemisme beserta Indikator-nya. Semoga artikel yang Kami sajikan mampu memberikan tambahan wawasan untuk Anda.

Artikel yang Terkait:

Incoming search terms:

Leave a Reply