HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Definisi Penggunaan Obat Rasional Menurut WHO dan Indikator POR

Penggunaan Obat Rasional  Definisi Penggunaan Obat Rasional Menurut WHO dan Indikator POR

Penggunaan Obat Rasional

Penggunaan Obat Rasional ~ Tahukah anda, ketika sedang sakit hal apa yang kita butuhkan selain istirahat? Yah, tentu saja sebagaian dari kita akan menjawab obat.

Dalam penggunaan obat sendiri kita juga dibatasi dengan tata cara penggunaanya. Tata cara pengunaan obat yang baik seringkali disebut dengan obat rasional.

WHO menejaskan definisi dari penggunaan obat rasonal yaitu:

Penggunaan Obat Rasional adalah apabila pasien menerima pengobatan sesuai dengan kebutuhan klinisnya, dalam dosis yang sesuai dengan kebutuhan, dalam periode waktu yang sesuai dan dengan biaya yang terjangkau oleh dirinya dan kebanyakan masyarakat.

Pengobatan yang pada umumnya ialah untuk mencapai suatu pengobatan yang efektif, tentu saja mendorong penggunaan obat rasional digalakkan dimana-mana.

Penggunaan obar sendiri juga dilandasi oleh beberapa indikator lainnya. Indikator tersebut berupa :

  1. Tepat diagnosis,
  2. Tepat Pemilihan Obat,
  3. Tepat Indikasi,
  4. Tepat Pasien,
  5. Tepat Dosis,
  6. Tepat cara dan lama pemberian,
  7. Tepat harga,
  8. Tepat Informasi dan
  9. Waspada terhadap Efek Samping Obat.

Yang dimaksud dengan tepat diagnosis ialah penggunaan obat yang didasarkan pada tata cara penggunaan obat yang benar. Ini akan menjadi sebuah langkah awal penyembuhan. misalnya saja pasien yang terserang penyakit diare tentu saja ia akan menggunakan obat semacam metronidazol sebagai pengobatan yang efisien.

Selain itu tepat pemeilihan indikasi ialah ketepatan yang sesuai dengan diagnosa oleh dokter. Misalnya saja seseorang yang terseranag bakteri akan diberikan antibiotik saja. Oleh sebab itu bagi anda yang sedang dalam tahap pengobatan sebagiknya memahami dengan benar apa yang dimaksud dengan penggunaan obet rasional itu sendiri.

Incoming search terms:

Leave a Reply