HP CS Kami 0852.25.88.77.47(AS), 0857.0.1111.632(IM3), email:IDTesis@gmail.com

Contoh Pendahuluan dan Bagian-Bagiannya

Contoh Pendahuluan selalu dapat kita temukan di setiap makalah. Kata pendahuluan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mempunyai makna (1) sesuatu yang mula-mula dilakukan; permulaan; (2) pembukaan atau kata pengantar dari sebuah pidato (buku, karangan dan sebagainya). Contoh pendahuluan tersebut bisa dikatakan sebagai undangan yang ditujukan kepada para pembaca agar tertarik untuk membaca lebih jauh tentang isi keseluruhan karya tersebut. Contoh pendahuluan terdapat pada bab pertama dari suatu karya tulis, pada bab ini berisi alasan-alasan atau latar belakang diadakannya penelitian tersebut. Jadi ada beberapa bagian yang termuat dalam bab contoh pendahuluan antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Latar belakang masalah, merupakan serangkaian informasi yang berhubungan denga timbulnya masalah yang diteliti. Pokok permasalahan yang menarik atau yang sedang ramai dibicarakan dapat memiliki daya tarik tersendiri daripada dengan pengangkatan permasalahan yang sudah tidak hangat dibicarakan. Dalam latar belakang dapat ditambahkan kalimat-kalimat retoris untuk mengantar pembaca ke pokok permasalahan yang diangkat, dapat pula dicantumkan slogan, ungkapan atau kutipan yang selanjutnya akan dihubungkan dengan tema yang diangkat.
  2. Rumusan masalah, merupakan pernyataan tersurat tentang hal-hal yang akan dicari jawabannya dengan adanya penelitian tersebut.
  3. Tujuan diadakannya penelitian, pada sub bab ini diungkapkan tujuan yang akan dicapai dengan dilakukannya penelitian tersebut.

Berikut adalah salah satu contoh pendahuluan. Contoh pendahuluan ini adalah karya dari M. Suteja tentang Bahaya Narkoba.

BAB I PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang Masalah

Bahaya narkoba atau narkotika telah diketahui secara luas. Namun, masih saja banyak yang doyan menikmati barang laknat itu. Kali ini eL-Ka, menguraikan apa saja yang termasuk dalam golongan narkoba dan bahayanya. Agar kita semua menghindarinya.

Mitra muda, tak dapat dipungkiri bahwa narkoba merupakan wabah paling berbahaya yang menjangkiti manusia di seluruh pelosok bumi. Tidak diragukan lagi, bahwa kelemahan iman dan ketidakbersimpuhan kepada Allah dalam segala kesulitan merupakan faktor terpenting yang mengkondusifkan kecanduan narkoba.

Manusia yang taat beragama pasti akan jauh dari neraka narkoba. Tidak mungkin dia akan mengulurkan tangannya pada narkoba, baik membeli, mengedarkan, maupun menyelundupkannya. Sebab, jalan narkoba adalah jalan setan dan jalan Allah tidak mungkin bertemu dengan jalan setan.

Bahaya bagi pelajar

Dampak negatif penyalahgunaan narkoba terhadap anak atau remaja (pelajar-red) adalah sebagai berikut:

-          Perubahan dalam sikap, perangai dan kepribadian,

-          Sering membolos, menurunnya kedisiplinan dan nilai-nilai pelajaran,

-          Menjadi mudah tersinggung dan cepat marah,

-          Sering menguap, mengantuk dan malas,

-          Tidak memedulikan kesehatan diri,

-          Suka mencuri untuk membeli narkoba.

  1. Identifikasi Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah, masalah-masalah yang muncul dapat diidentifikasi sebagai berikut:

  1. Banyaknya masyarakat belum mengetahui bahayanya narkoba.
  2. Banyaknya masyarakat belum memiliki pemahaman tentang bahaya narkoba.
  3. Banyaknya masyarakat belum memiliki konsep hidup sehat.
  4. Tujuan

Penulisan karya tulis ini bertujuan:

  1. Agar banyak masyarakat dapat mengetahui bahayanya narkoba.
  2. Agar banyak masyarakat dapat mengetahui pemahaman tentang bahaya narkoba.
  3. Agar banyak masyarakat memiliki konsep hidup sehat.

 Seperti yang telah diungkapkan sebelumnya, pada Contoh Pendahuluan ini memiliki bagian utama yakni latar belakang, identifikasi masalah, dan tujuannya. Dalam Contoh Pendahuluan tersebut telah memenuhi kriteria ketiga bagian utama.


Agar artikel ini bisa bermanfaat bagi orang banyak dalam komunitas anda… bantu saya untuk menginfomasikannya pada teman-teman anda di Facebook , Twitter, atau Email.

Jika Bermanfaat Berbagilah...

Leave a Reply

Current day month ye@r *

Email
Print