HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Manajemen: Sistem Penataan Arsip Dinamis Aktif pd Sub Bagian Umum Dinas Pertanian

Judul Tesis : Sistem Penataan Arsip Dinamis Aktif pada Sub Bagian Umum Dinas Pertanian Tanaman Pangan Propinsi Jawa Tengah

 

A. Latar Belakang

Arsip sangat berperan penting dalam perjalanan kehidupan suatu kantor oleh karena itu untuk menjaga daur hidup arsip dari mulai tahap penciptaan, penggunaan, pemeliharaan dan pemindahan serta pemusnahannya, diperlukan sistem yang baik dan proses benar benar.

Disini arsip merupakan suatu rekaman dari suatu kegiatan dan catatan suatu informasi tentang suatu hal. Arsip yang ada pada suatu kantor ataupun badan swasta merupakan bahan resmi dari suatu perencanaan, pelaksanaan, penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara, juga berfungsi menyediakan bahan bukti untuk pertanggung jawaban kegiatan organiasi yang bersangkutan. Dengan demikian arsip diperlukan untuk keperluan pengambilan keputusan atau kebijaksanaan baru oleh pimpinan instansi atau perusahaan yang memerlukan data kearsipan (Boedi Martono, 1992 : 21).

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimana penataan arsip dinamis aktif pada Sub Bagian Umum Dinas Pertanian Tanaman Pangan Propinsi Jawa Tengah.
  2. Langkah-langkah yang dilakukan untuk menata arsip dinamis aktif pada Sub Bagian Umum Dinas Pertanian Tanaman Pangan Propinsi Jawa Tengah.
  3. Kendala-kendala yang dihadapi didalam penataan arsip dinamis aktif pada Sub Bagian Umum Dinas Pertanan Tanaman Pangan Propinsi Jawa Tengah.

 

C. Landasan Teori

Pengertian Arsip

Menurut Zulkifli Amsyah (2003 : 3) arsip adalah setiap catatan (record atau warkat) yang tertulis, tercetak, atau ketikan, dalam bentuk huruf, angka atau gambar, yang mempunyai arti dan tujuan tertentu sebagai bahan komunikasi dan informasi, yang terekam pada kertas (kartu, formulir), kertas film (slide, film-strip, mikro-film), media komputer (pita tape, piringan, rekaman, disket), kertas photo copy, dan lain-lain.

Penataan Arsip Dinamis Aktif

Penataan arsip sama dengan penataan berkas adalah mengatur , menyusun sehingga membentuk berkas sesuai dengan tipe dan kegunaan arsip bagi kepentingan pekerjaan. Dalam pemberkasan ini termasuk didalamnya mempersiapkan kelengkapan atau sarana serta penempatan berkas pada tempat penyimpanan (Boedi Martono, 1992 : 21).

Penyusutan

Penyusutan arsip yang telah mencapai maa inaktif adalah merupakan bagian dari pengelolaan arsip aktif. Adapun kegiatan penyusustan yang dimaksudkan disini adalah untuk mengurangi atrsip arsip yang tercipta dengan jalan arsip yang tidak bernilai guna, serta memindahkan arsip yang telah masa inaktif ke pusat arsip atau ke file inaktif. Dengan demikian dalam penyusutan arsip ini terkandung pula kegiatan penilaian untuk menetapkan arsip mana yang dapat dimusnahkan dan yang layak dipindahkan.

 

D. Metode Penelitian

Lokasi penelitian pada Sub Bagian Umum Dinas Pertanian Tanaman Pangan Propinsi Jawa Tengah. Objek kajian dari penelitian ini adalah sistem penataan arsip dinamis aktif.

Metode pengumpulan data, Observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka, data yang dikumpulkan dianalisis dengan analisis deskriptif.

 

E. Kesimpulan

  1. Penataan arsip dinamis aktif pada Sub Bagian Umum Dinas Pertanian Tanaman Pangan sudah ditata dengan baik namun belum sempurna.
  2. Didalam penataan arsip dinamis aktif dilakukan dengan cara mengelompokkan arsip, memasukkan kedalam folder atau odner dan kemudian dimasukkan kedalam filling cabinet atau ditata pada rak terbuka
  3. Kendala yang dihadapi dalam penataan arsip dinamis adalah kurangnya jumlah tenaga yang menangani bidang kearsipan serta masih kurangnya dana yang dianggarkan dari atasan sehingga proses penataan tidak dapat berjalan lancar.

 

Contoh Tesis Manajemen

  1. Proses Mekanisme Pemberian Ijin Lokasi di Kantor Pertanahan Kabupaten Semarang
  2. Fungsi Internal Hubungan Masyarakat pada Perusahaan Umum Bulog Divisi Regional
  3. Pelaksanaan Pendaftaran Hak Atas Tanah Karena Warisan di Kantor Pertanahan
  4. Pelaksanaan Pendaftaran Peralihan Hak Milik Atas Tanah Karena Hibah Di Kantor Pertanahan
  5. Pelaksanaan Pendaftaran Peralihan Hak Milik Atas Tanah Karena Warisan

 

Incoming search terms:

Leave a Reply