HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Komunikasi: Peran Humas RSUD. Dr . Moewardi dlm Evaluasi Kepuasan Pelanggan

Judul Skripsi : Peran Humas RSUD. Dr . Moewardi dalam Pelaksanaan Evaluasi Kepuasan Pelanggan

 

A. Latar Belakang

Tantangan era globalisasi pada masa sekarang ini mengharuskan rumah sakit membenahi diri agar tidak tertinggal dan ditinggalkan oleh masyarakatnya.Untuk itu perlu diadakan perubahan-perubahan yang terarah sehingga rumah sakit mampu menjawab tantangan jaman. Meningkatnya tuntutan pelayanan kesehatan dan tanggung jwab untuk membawa misi keberhasilan sebuah rumah sakit untuk menjadi lebih maju dalam memberikan pelayanan kesehatan sehingga dapat tercipta masyarakat sehat jawa tengah tahun 2010.

Kepuasan pelanggan adalah hal yang paling utama ayng harus dijaga dan juga ditingkatkan agar pelanggan tetap percaya dan tetap bertahan karena sudah merasa puas dengan pelayanan yang telah diberikan. Kepuasan pelanggan adalah sebuah tolak ukur bagi rumah sakit dalam memberikan pelayanan terhadap pelanggan. Public relation memiliki kewajiban serta tanggung jawab dalam memberikan pelayanan berkualitas untuk meciptakan rasa puas pada pelanggan. Hal inilah yang melatar belakangi penulis untuk mengetahui “Peran Humas Rsud. Dr . Moewardi Dalam Pelaksanaan Evaluasi Kepuasan Pelanggan”

 

B. Tujuan Penelitian

Tujuan umum yang ingin dicapai penulis adalah untuk memperoleh pengalaman dan menambah wawasan terhadap bidang public relation.

 

C. Landasan Teori Skripsi

Pengertian Humas

Menurut para pakar, hingga saat ini belum terdapat konsensus mutlak tentang difinisi dari PR. Ketidaksepakatan tersebut disebabkan oleh: pertama beragamnya definisi PR yang telah dirumuskan baik oleh para pakar maupun profesional PR didasari perbedaan sudut pandang mereka terhadap pengertian Humas/PR. Definisi yang sangat umum diberikan oleh John. E. Marston : “ PR is planned, persuasive communication designed to influence significant public

Peran Humas

Kegiatan humas itu khusus diarahkan pada pihak – pihak tertentu yang berbeda – beda dan masing – masing dengan cara yang berbada pula. Penyebaran suatu pesan humas tidak hanya pukul rata kesemua orang seperti halnya iklan. Setiap organisasi memiliki khalayak khusus. Pada khalayak yang terbatas akan senantiasa menjalin komunikasi baik secara internal maupun eksternal.

Kepuasan Pelanggan

kualitas pelayanan memiliki hubungan yang sangat erat dengan kepuasan pelanggan. untuk menjadi ikatan yang kuat, perusahaan harus mengetahui dan memahami kebutuhan pelanggan. Organisasi atau perusahaan nantinya akan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dengan cara memaksimalkan pengalaman pelanggan yang menyenangkan dan meminimalkan pengalaman yang tidak menyenangkan. Hal ini dapat dilaksanakan dengan menyampaikan informasi pada publik. Dengan demikian penyedia jasa mengetahui apa yang akan diperolehnya. Selain itu organisasi juga harus mampu memberikan pelayanan dengan segera ketika diperlukan. Tindakan tersebut menunjukan bahwa organisasi tanggap akan kebutuhan dari pelanggan.

 

E. Kesimpulan

Seiring dengan perkembangan dan kemajuan berbagai bidang Iptek, Sosial, dan ekonomi masyarakat, maka timbul kecenderungan tuntutan pelayanan yang lebih bermutu, termasuk pelayanan kesehatan di Rumah Sakit.Karena itu tantangan bagi Rumah Sakit di masa yang akan datang adalah sejauh mana rumah sakit mampu menyesuaikan diri dan memenuhi tuntutan-tuntutan tersebut melalui upaya perbaikan mutu secara terus menerus.Mengetahui kecenderungan harapan/keinginan masyarakat mengenai pelayanan merupakan salah satu titik tolak bagi upaya perbaikan mutu.Rumah sakit sebagai sarana kesehatan harus memperhatikan pengelolaan rumah sakit agar pasien yang datang berobat memperoleh pelayanan yang baik Berbagai program dan kebijakan yang berkualitas dapat mengukung peningkatan citra rumah sakit bagi rumah sakit, juga untuk meningkatkan kepuasan pe;anggan rumah sakit. Untuk itu perlu diadakan perubahan-perubahan yang terarah sehingga rumah sakit mampu menjawab tantangan jaman. Menyikapi hal tersebut,perlu melakukan langkah yang lebih kongkrit sehingga dapat menghasilkan kinerja yang lebih terarah, terpadu dalam RSUD Dr. Moewardi Surakarta.

 

E. Kesimpulan

  1. perlu adanya jalinan komunkasi antar karyawan antar karyawan sehingga dapat meningkatkan peran dan kinerja para karyawan tersebut.
  2. untuk meningkatkan citra positif dimata pelanggan dan mendapatkan kepuasan pelanggan maka perlu ditingkatkan lagi kedisiplinan kerja bagi semua pegawai.
  3. pasien adalah hal paling utama dan harus diutamakan .maka dari itu rumah sakit harus memberikan pelayana yang terbaik untuk menjaga rasa puas dari para pasien.

 

Contoh Skripsi Komunikasi

  1. Proses Kerja Desain Layout PT. Dian Mentari Pratama Communications
  2. Strategi Marketing Communication dalam Merespon Dinamika Kebutuhan Pelanggan, Pengiklan dan Mitra Kerja
  3. Strategi Promosi Termite Band Melalui Audio Visual
  4. Strategi Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Semarang (Tahun 2006 – 2007)
  5. Peran Humas RSUD. dr . Moewardi dalam Pelaksanaan Evaluasi Kepuasan Pelanggan

 

Incoming search terms:

Leave a Reply