HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Komunikasi: Tugas & Peran Bidang Humas di Badan Informasi dan Komunikasi

Judul Tesis : Tugas dan Peran Bidang Humas di Badan Informasi dan Komunikasi Pemerintah Kota Surakarta

 

A. Latar Belakang

Dalam organisasi, Public relation (PR) ini merupakan satu bagian atau satu departemen yang bertanggung jawab mendengarkan dan menampung segala kritik, keluhan ataupun saran dari masyarakat. PR tidak selalu merupakan alat promosi, tetapi harus dapat menyesuaikan organisasi dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat. Kebutuhan akan tenaga seorang Public Relation sangat dibutuhkan oleh beberapa perusahaan terkemuka dan instansi pemerintahan yang ada di Indonesia. Kemampuan secara praktis sangat diperlukan dalam era globalisasi yang semuanya serba modern dan menggunakan teknologi canggih.

Tenaga-tenaga terampil yang tidak hanya berbekal kemampuan teoritis akan semakin diperhitungkan dalam dunia kerja. Untuk itulah, setiap mahasiswa dilatih untuk bisa mempraktekkan kemampuannya kedalam praktek dan salah satunya adalah dengan Kuliah Kerja Praktek, sebagai mata kuliah yang harus dipenuhi dan ditempuh oleh mahasiswa. Kuliah Kerja ini juga dipersiapkan agar setelah lulus nantinya mahasiswa dapat langsung terjun ke dunia kerja yang sebenarnya.

 

B. Tujuan

  1. Dapat mengamati dan melakukan berbagai macam kegiatan, yang berhubungan dengan kehumasan Badan Informasi dan Komunikasi Kota Surakarta.
  2. Melatih kemampuan dalam menjalankan kinerja seorang humas profesional.
  3. Mempraktekkan teori yang diperoleh di bangku perkuliahan secara langsung yang berkaitan dengan humas.

 

C. Landasan Teori

Pengertian Public Relations

Definisi Hubungan Masyarakat menurut E. Marston dalam bukunya Modern Public Relations (New york McGraw-Hill, 1997) mengatakan sebagai berikut : “Public Relations is planned, persuasive communication designed to influence significant public.” Oleh karena itu Public Relations merupakan suatu bidang yang memerlukan perencanaan yang matang. Selain definisi PR diatas, John E. Marston mempunyai definisi yang lebih baik lagi tentang PR, yaitu “Public Relations adalah seni untuk membuat perusahaan disukai dan dihormati oleh karyawan, konsumen, dan penyalurnya.” (Kasali, Rhenald, 1995)

 

Syarat-Syarat Kepribadian Public Relation

  1. Mampu bekerja keras, ulet, aktif dan dinamis.
  2. Mampu berfikir dan bersikap positif serta dewasa.
  3. Harus longgar waktu, pikiran, cepat mengambil insiatif, beretika dan bermoral yang baik dan bersikap loyal, selalu siap berkompetisi dengan sehat.
  4. Mampu mengemas diri sendiri agar bisa percaya diri, sebab PR berarti selalu mengangkat permasalahan komunikasi. Orang akan mengerti kita dengan apa yang kita komunikasikan kepada mereka, baik tulisan maupun lisan.
  5. Tugas-Tugas Public Relations
  6. Menginterprestasikan, menganalisis dan mengevaluasi kecenderungan public.
  7. Mempertemukan kepentingan organisasi dengan kepentingan public.
  8. Mengevaluasi, memonitor dan merekam program-program organisasi atau lembaga, khususnya yang berkaitan dengan public.
  9. Menyelenggarakan dan bertanggung jawab atas penyampaian secara lisan, tertulis, melalui gambar (visual) kepada pulic.

 

D. Kesimpulan

  1. Humas di Kantor Badan Informasi dan Komunikasi Kota Surakarta mempunyai peran aktif dan tugas yang sangat vital bagi kelangsungan dan citra instansi di Kota eks Karisidenan Surakarta. Humas di kantor Badan Informasi dan Komunikasi Kota Surakarta bertugas menciptakan good will diantara stakeholdernya. Dalam menjalankan tugasnya, humas berperan untuk menciptakan iklim komunikasi yang sehat dan terbuka.
  2. Hubungan dengan masyarakat sekitar (Community Relations) merupakan hubungan instansi pemerintahan dengan masyarakat kota Surakarta. Tujuan yang ingin dicapai dengan kegiatan tersebut adalah untuk membentuk citra positif Kantor Badan Informasi dan Komunikasi Kota Surakarta sebagai instansi yang peduli terhadap situasi dan kepentingan Kota Surakarta.
  3. Hubungan dengan media massa (Media Relations) akan sangat dibutuhkan oleh instansi pemerintahan agar selalu eksis dan diketahui keberadaannya oleh masyarakat Kota Surakarta. Public Relations sebagai garda terdepan bagi Badan Informasi dan Komunikasi Kota Surakarta dan harus menjaga agar hubungan baik dengan media massa tetap berjalan baik. Media massa sebagai mitra yang dapat mendukung kinerja seorang PR dalam menciptakan publisikasi yang positif bagi kantor pemerintahan kota surakarta.

 

E. Saran

Saran bagi Badan Informasi dan Komunikasi Pemerintah Kota Surakarta.

  • Penataan kliping harus lebih dirapikan menurut klasifikasinya. Agar mudah untuk mengenalinya.
  • Penataan foto dokumenter agar lebih diperhatikan dan dimaamati saat membuat caption pada gambar.
  • Dalam pembuatan press release diharapkan lebih diteliti dari suku kata dan penggunaan bahasa yang baik dan benar.

Saran bagi D III Komunikasi Terapan.

  • Memperbanyak kegiatan praktek agar teori yang didapat bisa lebih diaplikasi secara langsung.
  • Mengadakan kunjungan dan study banding ke instansi-instansi yang mendukung untuk perkembangan dan menambah wawasan mahasiswa.

 

Contoh Tesis Komunikasi

  1. Media Promo Dalam Event Bulogvaganza yang Diorganisir oleh PT Debindomulti Adhiswasti Jakarta
  2. Kinerja Account Executive dalam Mempertahankan Klien di Perusahaan Pt. Adversia
  3. Kegiatan Desainer Grafis dalam Proses Pembuatan Luar Ruang di CV. MEDIA Artha (Harno Ar)
  4. Tugas dan Peran Bidang Humas di Badan Informasi dan Komunikasi Pemerintah Kota Surakarta
  5. Proses Produksi Berita di PT. Radio Karavan Fm Surakarta

 

Leave a Reply

×
Hallo ????

Ada yang bisa di bantu?