HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Komunikasi: Peran Humas dlm Meningkatkan Mutu Pelayanan RS. PKU Muhammadiyah

Judul Skripsi : Peran Humas dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan RS. PKU Muhammadiyah Surakarta (Deskripsi Mengenai Peranan, Fungsi, dan Tugas Humas dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan RS. PKU Muhmmadiyah Surakarta)

 

A. Latar Belakang

Inilah yang secara tidak langsung menimbulkan persaingan antar berbagai instansi / perusahaan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, agar instansi / perusahaan yang bersangkutan tidak kehilangan pelanggan karena pelayanan yang kurang memuaskan. Salah satu perusahaan / instansi yang selalu berusaha menjaga kualitas pelayanannya adalah perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan. Kualitas pelayanan di instansi kesehatan haruslah terus dipertahankan kualitasnya karena perhatian masyarakat yang besar terhadap masalah pelayanan kesehatan. Hal ini dapat diamati dari banyaknya kasus pengaduan yang ditujukan kepada Instansi Kesehatan baik itu Rumah Sakit, Puskesmas, Klinik Bersalin, Apotek, maupun kepada petugas kesehatan yaitu Dokter, Perawat, Fishioteraphis, Ahli Gizi, Humas, Personalia, serta petugas lainnya.

Rumah sakit sebagai lembaga kesehatan, dimana masalah pelayanan kesehatannya yang paling sering mendapat pengaduan maupun keluhan dari masyarakat. Keluhan-keluhan dari masyarakat tersebut biasanya diakibatkan oleh kelalaian atau kesalahan dari petugas kesehatan di rumah sakit tersebut dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam hal ini adalah pasien. Dimana pasien merasa kurang puas terhadap kualitas pelayanan yang dilakukan oleh petugas kesehatan.

 

B. Tujuan

  1. Untuk mengetahui bagaimana peran, tugas, fungsi Humas dalam meningkatkan mutu pelayanan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah
  2. Untuk menganalisa kinerja Humas Rumah Sakit PKU Muhammadiyah

 

C. Landasan Teori

Pengertian Humas ( Public Relations )

Menurut para pakar, hingga saat ini belum terdapat konsensus mutlak tentang definisi Public Relations atau Humas. Ketidaksepakatan tersebut disebabkan oleh: pertama, beragamnya definisi Public Relations yang telah dirumuskan baik oleh para pakar professional Public Relations / Humas yang didasari perbedaan sudut pandang mereka terhadap pengertian Humas / Public Relations. Kedua, perbedaan latar belakang, misalnya definisi yang dilontarkan oleh kalangan akademisi perguruan tinggi tersebut akan lain bunyinya dengan apa yang diungkapkan oleh kalangan praktisi. Dan ketiga, adanya indikasi baik teoretis maupun praktis bahwa kegiatan public relations atau kehumasan itu bersifat dinamis dan fleksibel terhadap perkembangan dinamika kehidupan masyarakat yang mengikuti kemajuan zaman, khususnya memasuki era globalisasi dan millennium ketiga saat ini.

Fungsi Humas ( Public Relations )

Fungsi Humas dapat ditinjau dari beberapa segi. Diantaranya adalah kegunaan Humas dalam mencapai tujuan organisasi/lembaga. Misalnya: berfungsi punitive, prefentif, kuratif, dan sebagainya. Namun, dalam buku Public Relations: Teori dan Praktek yang ditulis oleh Djanalis Djanaid disebutkan dua fungsi Public Relations, yakni fungsi Konstruktif dan fungsib Koretif.

 

Pelayanan

Untuk mencapai tingkat pelayanan yang prima, maka pihak humas harus memiliki tingkat ketrampilan tertentu, keandalan, berpenampilan baik dan rapi (good performance), bersikap ramah, serta mampu menciptakan hubungan dengan pelanggan yang baik (good relationship).

 

D. Kesimpulan

Melihat pelaksanaan program kerja Humas di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta, dapat diketahui bahwa Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta telah menerapkan dan menjalankan beberapa hal yang menjadi Peranan Humas, khususnya Peranan Humas yang berkaitan dengan Customer Relations. Dari beberapa Peranan ini, Humas juga mempunyai fungsi dan tugas dalam meningkatkan mutu pelayanan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta. Sehingga Instansi Rumah Sakit ini dapat terus meningkatkan jumlah konsumennya.

 

E. Saran

  1. Humas seharusnya ada di bawah Direktur langsung agar perannya bisa lebih maksimal dan dapat turut berperan dalam membuat kebijakan dan
  2. Kurangnya jumlah staff yang ada pada bagain Humas dan Customer Service di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta, sehingga menyebabkan pekerjaan tidak tertangani dengan maksimal, dan tugas menjadi menumpuk. Petugas Humas hanya satu orang, dan Petugas Customer Service hanya 3 orang itupun bergantian sesuai shift.

 

Contoh Skripsi Komunikasi

  1. Kampanye Pencegahan Flu Burung terhadap Anak Melalui Media Komunikasi Visual
  2. Peran Humas dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan RS. PKU Muhammadiyah Surakarta
  3. Wacana Ruu Pemilu 2009 Dalam Pemberitaan di Media Massa (Studi Analisis Wacana Tentang Pemberitaan Ruu Pemilu 2009
  4. Proses Produksi Program On Air “Sudut Kota” di Radio Metta Fm Surakarta
  5. Propaganda Barat terhadap Islam dalam Film (Studi Tentang Makna Simbol dan Pesan Film “Fitna” Menggunakan Analisis Semiologi Komunikasi)

 

Incoming search terms:

Leave a Reply