HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Peran Humas RSUD. Dr . Moewardi dalam Pelaksanaan Evaluasi Kepuasan Pelanggan

BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG MASALAH

Pada dasarnya kesehatan adalah kebutuhan yang sangat vital bagi masyarakat, karena dengan masyarakat sehat maka akan tercipta sumber daya manusia yang baik pula. Tetapi permasalahan saat ini dalam bidang kesehatan adalah naiknya tarif penunjang kesehatan, hal tersebut dapat mempengaruhi permintaan pelayanan kesehatan masyarakat.

Dalam hukum ekonomi, “kenaikan harga dapat mengakibatkan turunnya permintaan barang atau jasa”, dan dengan kenaikan tarif dapat mengakibatkan turunnya jumlah pelanggan jika tidak dibarengi dengan pelayanan yang bermutu.dan seorang public relations officer harus dapat menjaga kepuasan pelanggan. Prinsip yang harus dipegang oleh seorang public relations adalah bagaimana cara memperoleh pelanggan dan mempertahankan pelanggan sehingga tidak ada anggapan bahwa pelanggan tidak dilayani dengan baik, oleh karena itu harus disesuaikan dengan peningkatan pelayanan jasa terhadap pelanggan, sehingga pelanggan dapat merasakan kepuasan dan tidak merasa rugi dengan kenaikan tarif. Tantangan era globalisasi pada masa sekarang ini mengharuskan rumah sakit membenahi diri agar tidak tertinggal dan ditinggalkan oleh masyarakatnya.

Untuk itu perlu diadakan perubahan-perubahan yang terarah sehingga rumah sakit mampu menjawab tantangan jaman Bagi sebuah Rumah Sakit kepuasan pelanggan merupakan kebutuhan yang sangat penting karena sebagai suatu organisasi yang mengarah pada kepentingan sosial. Pada hakekatnya seorang pelanggan ingin diperlakukan dengan ramah, baik, cepat tanggap dan tepat dalam setiap melayani pelanggannya. Namun kepuasan pelanggan tegantung pada pandangan dan harapan pelanggan yaitu kebutuhan dan keinginan, pengalaman masa lalu, pengalaman sahabat, dan komunikasi melalui media. Memberikan pelayanan yang bermutu merupakan komitmen dari RSUD. Dr. Moewardi Surakarta. Bagi seorang public relation, pelayanan terhadap pelanggan harus benar – benar diutamakan, karena petugas inilah yang berhadapan langsung dengan para pelanggan. Seorang petugas customer service juga harus mengetahui hal – hal apa yang sedang dikerjakan, letak ruangan yang ada dirumah sakit, prosedur pendaftaran pasien rawat inap maupun rawat jalan, dll. Semua hal tersebut sangat diperlukan oleh seorang customer service agar seorang pelanggan yang membutuhkan informasi mendapatkan jawaban yang akurat dan merasa puas dengan pelayanan terhadap palanggan. Tetapi tidak itu saja yang dilakukan oleh pihak rumah sakit untuk mengetahui seberapa besar kepuasan pelanggan terhadap pelayanan pelanggan, dan rumah sakit juga mengadakan risetterhadap sikap, opini pelanggan dengan cara menyebarkan formulir pertanyaan setiap tiga bulan sekali dan kemudian melakukan evaluasi dari fakta – fakta informasi yang telah terangkum untuk perbaikan dan untuk pengembangan diri rumah sakit agar lebih baik.

Tantangan era globalisasi pada masa sekarang ini mengharuskan rumah sakit membenahi diri agar tidak tertinggal dan ditinggalkan oleh masyarakatnya.Untuk itu perlu diadakan perubahan-perubahan yang terarah sehingga rumah sakit mampu menjawab tantangan jaman. Meningkatnya tuntutan pelayanan kesehatan dan tanggung jwab untuk membawa misi keberhasilan sebuah rumah sakit untuk menjadi lebih maju dalam memberikan pelayanan kesehatan sehingga dapat tercipta masyarakat sehat jawa tengah tahun 2010.

Kepuasan pelanggan adalah hal yang paling utama ayng harus dijaga dan juga ditingkatkan agar pelanggan tetap percaya dan tetap bertahan karena sudah merasa puas dengan pelayanan yang telah diberikan. Kepuasan pelanggan adalah sebuah tolak ukur bagi rumah sakit dalam memberikan pelayanan terhadap pelanggan. Public relation memiliki kewajiban serta tanggung jawab dalam memberikan pelayanan berkualitas untuk meciptakan rasa puas pada pelanggan. Hal inilah yang melatar belakangi penulis untuk mengetahui “Peran Humas Rsud. Dr . Moewardi Dalam Pelaksanaan Evaluasi Kepuasan Pelanggan”

Berikut adalah link Contoh Skripsi Hubungan Masyarakat (Humas)

Leave a Reply